PERAN WORK ENGAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KERJA : KAJIAN EMPIRIS KARYAWAN SUPERMARKET DI KECAMATAN CICENDO, KOTA BANDUNG

  • Mochamad Fali Septokasya Politeknik Negeri Bandung
  • Sri Raharso Politeknik Negeri Bandung
  • Sri Surjani Tjahjawati Politeknik Negeri Bandung

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak besar pada industri ritel modern, khususnya supermarket dan minimarket, yang mengalami hambatan signifikan dalam operasional akibat pembatasan sosial dan penurunan mobilitas masyarakat. Namun, seiring dengan pemulihan ekonomi, sektor ini menunjukkan tanda-tanda kebangkitan, ditandai dengan peningkatan jumlah gerai dan adopsi teknologi baru. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, kreativitas karyawan menjadi faktor penting dalam mempertahankan daya saing, di mana kerja sama dan teknologi menjadi elemen penting untuk meningkatkan layanan dan loyalitas pelanggan. Salah satu elemen kunci dalam menciptakan kreativitas adalah tingkat keterlibatan karyawan (work engagement), yang dapat memengaruhi produktivitas dan inovasi dalam industri ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran work engagement dalam meningkatkan kreativitas kerja karyawan pada supermarket di Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan karyawan supermarket, termasuk manajer, supervisor, dan staf pelaksana. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengacu pada Utrecht Work Engagement Scale dan model kreativitas kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work engagement yang tinggi berhubungan positif dengan peningkatan kreativitas kerja, yang berkontribusi pada pencapaian kinerja operasional dan daya saing supermarket. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pengelolaan sumber daya manusia di sektor ritel, khususnya dalam meningkatkan keterlibatan karyawan untuk mendorong kreativitas dan inovasi di masa pemulihan ekonomi.

References

Al-Hamdan, Z., & Issa, H. B. (2021). The role of organizational support and self‐efficacy on work engagement among registered nurses in Jordan: A Descriptive Study. Journal of Nursing Management, 30(7), 2154–2164. https://doi.org/10.1111/jonm.13456
Amabile, T., Collins, M., Conti, R., Phillips, E., Picariello, M., Ruscio, J., & Whitney, D. (2018). Creativity in context: Update to the social psychology of creativity. https://doi.org/10.4324/9780429501234
Armelinda, J., & Seso, P. (2022). The Effect of work ability on employee creativity in the digital era in mediating work motivation and job opportunities in company employees START UP Sleman , Yogyakarta. Jurnal Economic Resources, Sunarsi 2019, 28–35.
Avey, J. B., Wernsing, T. S., & Luthans, F. (2008). Can positive employees help positive organizational change? Impact of psychological capital and emotions on relevant attitudes and behaviors. The Journal of Applied Behavioral Science, 44(1), 48–70. https://doi.org/10.1177/0021886307311470
Bakker, A. B., & Albrecht, S. (2018). Work engagement: current trends. © Emerald Publishing Limited, 23(1), 4–11. https://doi.org/10.1108/CDI-11-2017-0207
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2008). Towards a model of work engagement. Career Development International, 13(3), 209–223. https://doi.org/10.1108/13620430810870476
Bakker, A. B., & Xanthopoulou, D. (2013). Creativity and charisma among female leaders: The role of resources and work engagement. The International Journal of Human Resource Management, 24(14), 2760–2779. https://doi.org/10.1080/09585192.2012.751438
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2017). Job demands–resources theory: Taking stock and looking forward. Journal of Occupational Health Psychology, 22(3), 273–285. https://doi.org/10.1037/ocp0000056
Bakker, A. B., & Sanz-Vergel, and A. (2023). Job demands-resources theory : Ten years later job demands – resources theory : Ten years later. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 3(2023), 25–53. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-120920-053933
BPS Kota Bandung. (2023). Informasi jumlah gerai supermarket. Https://Bandungkota.Bps.Go.Id/.
BPS Kota Bandung. (2023). Statistik Daerah Kota Bandung 2023. Badan Pusat Statistik.
Chaniago, H., Muharam, H., & Efawati, Y. (2023). Metode riset bisnis dan permodelan. Edukasi Riset Digital.
Febrina, S. F. (2023). Work engagement: The role of emotional intelligence to employee. Psikologia Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 18(2), 185–193. https://doi.org/10.32734/psikologia.v18i2.12542
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis Multivariete SPSS 23 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gursida, H., & Chaniago, H. (2017). Metode penelitian bisnis dan keuangan (pp. 1–243). PASPI.
Hidayati, N. and Setiawan, A. (2022). Peran motivasi intrinsik dalam meningkatkan kreativitas kerja karyawan. Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 10(1), 45–58.
Hoxha, S., & Çetin, F. (2020). The Effect of psychological needs on task performance with the mediating role of work engagement: A Sample from a public organization in Kosovo. İş Ve İnsan Dergisi, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.18394/iid.686542
Jhon, D., Butarbutar, A., & Lisdayanti, A. (2020). Pengaruh lingkungan bisnis terhadap strategi pemasaran industri ritel minimarket di kota bandung. JURNAL ILMIAH ILMU MANAJEMEN, 4(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p16-23.5441
Kapero, A. L., Sendow, G. M., Poluan, J. G., Kerja, P. K., Dan, K., Karyawan, K., Sam, U., Manado, R., Kapero, A. L., Sendow, G. M., & Poluan, J. G. (2023). Terhadap kinerja karyawan pada PT . PLN (Persero) ULP Kawangkoan the effect of work involvement, competence and employee engagement on employee performance at PT . PLN (Persero) ULP KAWANGKOAN Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis E-mail : Ju. Jurnal EMBA, 11(4), 849–859.
Kata Data. (2023). Peningkatan omset supermarket Bandung. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/.
Lestari, F., Faletehan, F., & Mulatsih, S. (2024). Strategi pemulihan ekonomi pada sektor ritel (studi kasus supermarket/hypermarket) Di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 5(1), 19–29.
Prikurnia, A. K., Adriani, W. Y., Lampung, K., & Selatan, K. L. (2024). Di desa Natar kabupaten Lampung Selatan (Strategy retail business in maintaining competitive competition to retail store owners in Natar South of Lampung ). Journal Of Economic and Bussiness Retail, 04, 1–6.
Priyono, H. A., Irawanto, D. W., & Suryadi, N. (2022). Job demands-resources, work engagement, and organizational commitment. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478), 11(1), 117–129. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i1.1546
Raharjo, S. (2019). Cara melakukan uji t parsial dalam analisis regresi dengan SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-tdengan-spss.html
Razkiandra, R. (2024). Pengaruh Perceived organizational support terhadap work engagement pada barista Starbucks di kota Bandung. Bandung Conference Series Psychology Science, 4(1), 628–634. https://doi.org/10.29313/bcsps.v4i1.10322
Ruswandi, W., Kusmawan, E., Lisnawati, E., Wiranta, D., & Juliansyah, E. (2024). Peran keterlibatan kerja dan kreativitas terhadap perilaku inovatif dalam membangun kinerja. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 8(2), 1279–1296.
Sari, D. P. and Rahman, A. (2021). Pengaruh keterlibatan kerja terhadap kreativitas karyawan di perusahaan ritel. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 123–135.
Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-Romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The measurement of engagement and burnout: A two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies, 3(1), 71–92.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi. Literasi Media Publishing.
Sofiyanti, N., & Najmudin, N. (2023). The effect of leadership style, organizational culture and compensation on employee engagement at garment companies in Bandung. West Science Business and Management, 1(03), 147–156. https://doi.org/10.58812/wsbm.v1i03.94
Somadi, M. B. W. (2023). Peran program pengembangan sumber daya manusia, kompetensi dan pelatihan kerja terhadap kinerja pegawai (Survei pada Supermarket di Bandung). Jurnal Tadbir Peradaban, 3(September), 290–300.
Wahyu, A. and Prasetyo, E. (2023). Dukungan manajerial dan kreativitas karyawan: Studi kasus pada supermarket di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(3), 201–215.
Wahyuni, R., Edriani, D., Sari, F., & Irfani, H. (2022). Work engagement, komitmen organisasi dan pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan generasi milenial. Jurnal Ekobistek, 118–123. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i2.323
Zuhaena, F., & Harsuti, H. (2021). Keterlibatan karyawan dan perilaku inovatif : Sebuah tinjauan literatur. Manajemen, Program Studi Ekonomika, Fakultas Wijayakusuma, Universitas, 8(2), 66–72.
Published
2025-07-15
How to Cite
Septokasya, M. F., Raharso, S., & Tjahjawati, S. S. (2025). PERAN WORK ENGAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KERJA : KAJIAN EMPIRIS KARYAWAN SUPERMARKET DI KECAMATAN CICENDO, KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1594-1608. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5813
Section
Articles