PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUNDLING DI TIKTOK SHOP PADA GEN Z DI JAWA TIMUR
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara persepsi harga dan electronic word of mouth (e-WOM) dalam memengaruhi keputusan pembelian Gen Z Wilayah Jawa Timur. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan populasi yang mencakup individu yang lahir pada tahun 1997-2012 (gen Z) di Jawa Timur, yang datanya dikumpulkan dengan metode non-probability sampling untuk mengambil responden yang berjumlah 100 orang melalui kuesioner/survey. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Temuan dalam penelitian membuktikan bahwa dari hasil uji parsial persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk bundling (sig. 0,262 > 0,05; t=1,127). Koefisien negatif juga mengindikasikan harga bukan faktor penentu utama dalam pembelian produk bundling di TikTok Shop bagi konsumen Jawa Timur, melainkan lebih dipengaruhi faktor lain seperti rekomendasi sosial. Sementara dari hasil uji secara simultan, persepsi harga dan e-WOM diketahui memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian produk bundling, yang mengindikasikan bahwa kedua variabel secara bersama-sama mampu menjabarkan perubahan dari perilaku konsumen. Namun, secara parsial, persepsi harga tidak berpengaruh secara signifikan (sig. 0,262 > 0,05) dengan koefisien negatif, menunjukkan jika harga bukanlah faktor utama penentu keputusan pembelian.
References
Aprila, W. (2023). PENGARUH CITA RASA , PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E-WOM ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MIE. 18(2), 1–14.
Aprilia, I. E., Putri, A. B., & Sanusi, A. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Mie Aceh Jamboe Raya Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(1), 249–267. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3880
Ferdyana Y, P. R. T. E. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD.Unggul Jaya Mebel Blitar.
Fitriani, N. D., Hariyani, D. S., & Setiawan, H. (2023). Seminar inovasi manajemen bisnis dan akuntansi 5 pengaruh. September, 383–395.
Florentina Krisan Putri, S. Rouli Manalu, J. N. S. G. (2024). POLA KONSUMSI INFORMASI MELALUI MEDIA DI KALANGAN GENERASI Z ( Studi terhadap SMAN 4 , SMAN 9 , SMA Mardisiswa , dan.
Gustiawan, W. D., Lestari, R., Kadiri, U., & Id, W.-K. A. (2025). Accelerating the Digital Tr ansformation of MSMEs through Tokopedia Training in Purwokerto Ngadiluwih Village, Kediri Regency Akselerasi Transformasi Digital UMKM melalui Pelatihan Tokopedia di Desa Purwokerto Ngadiluwih Kabupaten Kediri. In ARSY: Aplikasi Riset kepada Masyarakat (Vol. 6, Issue 1). http://journal.al-matani.com/index.php/arsy,Online
Hasibuan, I. A. G. (2024). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLEH : PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Diajukan sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Psikologi.
Lidiawan, A. R., & Laely, R. (2022). Pengaruh Perceived Quality, Aesthetics dan Conformance Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Chatime Kediri. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 5(2), 40–53. https://doi.org/10.22225/wedj.5.1.2022.40-53
Nafika Wahyu Yusita, R. U. A. F. H. S. (2024). PENGARUH E-WOM DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 6, 6(1), 1–14.
Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3498
Putra, W. W. (2021). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD; SHOPEE.CO.ID DI KOTA MALANG).
Rabbil, M. Z., Permana, R., & Zahra, F. A. (2025). Strategi Pemasaran Product Bundling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Hijab Sattka. 2(3), 315–325.
Ruhamak, M. D., Vaulia Puspita, N., & Putra, Y. P. (2021). E-WoM and Destination Image: How Does It Affect the Revisit Intention at English Village.
Satriyono, G., Meme Rukmini, Dinar Rika Septyaningtyas, & Sati Ratna Dewanti. (2022). Perancangan Branding Dan Penerapan Digital Marketing UMKM Roti Pia Tresno Joyo Desa Banjaranyar Kec Kras Kab. Kediri. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3535
Shafira, T., & Mutia, T. (2021). Fenomena Electronic Word-of-Mouth (eWOM) Bisnis Kuliner Menggunakan Instagram oleh Food Blogger Pekanbaru. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(1), 65. https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.11325
Sirait, E., Damanik, H. M., Purba, E. F., Erick, K., Naibaho, T., Matondang, V., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Bisnis, W. (2023). Volume 8 Nomor 2 Edisi Agustus Tahun 2023 PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE OPPO DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN). 8.
Susmonowati, T., & Khotimah, H. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS LAZADA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(2), 197. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.408
Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71
Widya Febriantika Kurniasari, Heny Sidanti, D. C. A. K. (2022). PENGARUH PRICE PERCEPTION DAN CELEBRITY RECOMMENDATION TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BREAD AND BUTTER BAKERY MADIUN. Simba, 4(1), 1–18. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3571/2871
Wisnu Waluyo, Dian Citaningtyas Ari Kadi, A. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E-WOM ), CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA AMANDA BROWNIES CABANG PONOROGO). September.
Zurni, K., Eliza, A., & Suptiyaningsih, O. (2024). Pengaruh Product Bundling Dan Fitur Shopee Live Streaming Terhadap Minat Beli Customer Pada Produk Somethinc Dalam Perspektif Bisnis Islam. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 2(2), 122–134.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.