FAKTOR-FAKTOR KUALITAS DARI TELUR AYAM LAYER YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR AYAM LAYER DI UD. DOPIN FARM

  • Justin Gani Wijaya Universitas Ciputra Surabaya
  • Helena Sidharta Universitas Ciputra Surabaya

Abstract

Pertumbuhan subsektor peternakan merupakan salah satu bagian dari pengembangan sektor pertanian yang memiliki nilai strategis dalam memenuhi permintaan pangan yang meningkat. Dalam subsektor peternakan, salah satu produk yang sering ditemukan di pasaran adalah telur ayam. UD. Dopin Farm yang merupakan salah satu peternak ayam petelur terbesar di provinsi NTB ingin mencoba strategi baru untuk mendapat keunggulan kompetitif. Strategi tersebut adalah penggunaan pakan self-mix, yang dapat diracik untuk menghasilkan telur sesuai dengan preferensi konsumen. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk melakukan eksplorasi mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian telur ayam ras ketika membeli telur di lokasi kandang UD. Dopin Farm sehingga faktor-faktor tersebut dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk melakukan formulasi pakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science). Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan exploratory factor analysis untuk mencari tahu faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian telur ayam ras di UD. Dopin Farm. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah melalui kuesioner berupa skala Likert. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan dari UD. Dopin Farm yang membeli telur di lokasi kandang yang berada di Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan jumlah populasi 264 orang. Jumlah sampel yang diambil dihitung dengan software Raosoft sejumlah 157 orang. Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa terdapat 2 kelompok faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian, yaitu Faktor 1 (Kualitas Telur) dan Faktor 2 (Kelas Telur).

References

Afandi, R., Hartono, B., & Djunaidi, I. H. (2018). Characterisation Two Types of Feed on Production Performances of Laying Hen in Blitar Regency, East Java. Buletin Peternakan, 42(1). https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v42i1.24288
Ajzen, I. (1985). From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior. In Action Control (pp. 11–39). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-69746-3_2
Al-Swidi, A., Huque, S. M. R., Hafeez, M. H., & Shariff, M. N. M. (2014). The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption. British Food Journal, 116(10). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2013-0105
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggraini, N., Yolandika, C., Utoyo, B., & Irawati, L. (2022). PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK LADA DI PROVINSI LAMPUNG (Vol. 23, Issue 1).
Armitage, C. J., & Conner, M. (2001). Efficacy of the Theory of Planned Behaviour: A meta‐analytic review. British Journal of Social Psychology, 40(4), 471–499. https://doi.org/10.1348/014466601164939
Belch, G. E., & Belch, M. (2009). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective. https://www.researchgate.net/publication/46966230
BPS. (2022). Produksi Telur Ayam Petelur Menurut Provinsi (Ton).
Čobanović, N., Todorović, N., Kovandžić, M., Vićić, I., Suvajdžić, B., Grković, N., & Karabasil, N. (2022). Assessment of Marketed Table Egg Quality Originating from Different Production Systems. Meat Technology, 63(1), 66–76. https://doi.org/10.18485/meattech.2022.63.1.7
DPR. (2023). Buletin APBN: Vol. VIII (9th ed.). Pusat Kajian Anggaran.
Effendi, S., Nismawarni, & Ahmad, I. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERMINTAAN TELUR AYAM RAS (STUDI KASUS: PERUSAHAAN ADAM FARM MAGETAN) (Vol. 11, Issue 2).
Fila, S. A., & Smith, C. (2006). Applying the Theory of Planned Behavior to healthy eating behaviors in urban Native American youth. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 3. https://doi.org/10.1186/1479-5868-3-11
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Chapter 1. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.
Fluck, A. C., Cardinal, K. M., Costa, O. A. D., Piffer de Borba, L., & da Silva Pires, P. G. (2023). Yolk and eggshell colour: are these the parameters that influence egg purchasing? A systematic review. World’s Poultry Science Journal, 79(3), 551–562. https://doi.org/10.1080/00439339.2023.2234341
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares. Konsep teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.2.9. Diponegoro.
Goertzen, M. J. (2017). Introduction to Quantitative Research and Data (4th ed., Vol. 53). American Library Association.
Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069
Hair, J. S., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate Data Analysis. Prentice-Hall.
Hanis, A., Nasir, M., & Karim, A. (2013). Consumer’s preferences for eggs attributes in Malaysia: Evidence from conjoint survey. In International Food Research Journal (Vol. 20, Issue 5).
Haro, A., Oktaviana, D., Trimulia Dewi, A., Anisa, W., & Suangkupon, A. (2020). The Influence of Brand Image and Service Quality towards Purchase Intention and Its Impact on the Purchase Decision of Samsung Smartphone. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6609.
Afandi, R., Hartono, B., & Djunaidi, I. (2020). The Analysis of Production Costs of Laying Hen Farms Using Semi Self-Mixing and Total Self-Mixing Feeds in Blitar Regency, East Java. Tropical Animal Science Journal, 43(1), 70–76. https://doi.org/10.5398/tasj.2020.43.1.70
Afandi, R., Hartono, B., & Djunaidi, I. H. (2018). Characterisation Two Types of Feed on Production Performances of Laying Hen in Blitar Regency, East Java. Buletin Peternakan, 42(1). https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v42i1.24288
Ajzen, I. (1985). From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior. In Action Control (pp. 11–39). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-69746-3_2
Al-Swidi, A., Huque, S. M. R., Hafeez, M. H., & Shariff, M. N. M. (2014). The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption. British Food Journal, 116(10). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2013-0105
Anggraini, N., Yolandika, C., Utoyo, B., & Irawati, L. (2022). PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK LADA DI PROVINSI LAMPUNG (Vol. 23, Issue 1).
Armitage, C. J., & Conner, M. (2001). Efficacy of the Theory of Planned Behaviour: A meta‐analytic review. British Journal of Social Psychology, 40(4), 471–499. https://doi.org/10.1348/014466601164939
Belch, G. E., & Belch, M. (2009). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective. https://www.researchgate.net/publication/46966230
BPS. (2022). Produksi Telur Ayam Petelur Menurut Provinsi (Ton).
Čobanović, N., Todorović, N., Kovandžić, M., Vićić, I., Suvajdžić, B., Grković, N., & Karabasil, N. (2022). Assessment of Marketed Table Egg Quality Originating from Different Production Systems. Meat Technology, 63(1), 66–76. https://doi.org/10.18485/meattech.2022.63.1.7
DPR. (2023). Buletin APBN: Vol. VIII (9th ed.). Pusat Kajian Anggaran.
Effendi, S., Nismawarni, & Ahmad, I. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERMINTAAN TELUR AYAM RAS (STUDI KASUS: PERUSAHAAN ADAM FARM MAGETAN) (Vol. 11, Issue 2).
Schiffman, L., & Kanuk, L. (2007). Consumer Behavior (2nd ed.). PT. Indeks Gramedia.
Published
2025-06-25
How to Cite
Wijaya, J., & Sidharta, H. (2025). FAKTOR-FAKTOR KUALITAS DARI TELUR AYAM LAYER YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR AYAM LAYER DI UD. DOPIN FARM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 806-822. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5698
Section
Articles