PERAN TRUST DALAM PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP PURCHASE DECISIONS ERIGO STORE

  • Raden Muhammad Fadhil Alwafi Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Rina Suthia Hayu Universitas Bengkulu, Bengkulu

Abstract

Fenomena belanja online di e-commerce telah menciptakan lingkungan pemasaran digital yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh celebrity endorsement dan ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian, dengan kepercayaan (trust) sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik purposive sampling. Sebanyak 135 responden yang memenuhi kriteria dipilih sebagai partisipan dalam studi ini, yaitu pernah mengakses akun Instagram Erigo Apparel dan melakukan pembelian di official Store Erigo di e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 4 sebagai alat analisis statistik. Dalam analisis ini, penelitian diuji dengan penilaian reliabilitas, validitas konvergen dan validitas diskriminan.  Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan beberapa kesimpulan utama sebagai berikut: variabel Celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap Trust konsumen Erigo Apparel; Online customer reviews berpengaruh signifikan terhadap Trust konsumen Erigo Apparel; Trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase decision; Celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap Purchase decision;  Online customer reviews tidak memiliki pengaruh terhadap Purchase decision; Variabel Trust berperan dalam mediasi Celebrity endorsement terhadap Purchase decision pada Erigo Official Store di platform Shopee; Variabel Trust tidak berperan dalam mediasi Online customer reviews terhadap Purchase decision konsumen pada Erigo Official Store di platform Shopee.

References

Adhitya, F. (2022). Pengaruh Content Marketing, Online Consumer Review Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Hijab Rabbani Pada Generasi Z Di Kota Semarang. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 223–238. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.928
Adiwijaya, M. (2020). paper scopus Hatane Michael.
Alfiah, S. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Decision Pada Produk Wardah. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 138–146. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4586
Alysha Lathifah, Hadita Hadita, & Neng Siti Komariah. (2024). Pengaruh Online Customer Review Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 110–124. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jekombis/article/view/3481
Angelia, K. R., & Basiya, R. (2024). Trust Memediasi Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Produk Skincare Pada Tiktok Shop. 5(12), 4539–4557.
Aprilia, A., & Muzdalifah, L. (2023). Peran Trust Dalam Memediasi Antara Viral Marketing dan Celebrity Endorse Terhadap Purchase Decision Pada Produk Ms. Glow (Studi Kasus di Shopee JUSTMSGLOW). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 274. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i2.1778
Arief, M. (2021). Marketing Analysis: Security and Public Trust Online Shopping at Shopee.co.id. Enrichment: Journal of Management, Vol.11(No.2), Pages 345-352. www.enrichment.iocspublisher.org
Arief, M., Mustikowati, R. I., & Chrismardani, Y. (2023). Why customers buy an online product? The effects of advertising attractiveness, influencer marketing and online customer reviews. LBS Journal of Management & Research, 21(1), 81–99. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-09-2022-0052
Aritonang, A. V., Lim, I., Chandra, D., Hendri, & Marpaung, F. K. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA , 6(2), 1–15.
Chetioui, Y., Benlafqih, H., & Lebdaoui, H. (2020). How fashion influencers contribute to consumers’ purchase intention. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(3), 361–380. https://doi.org/10.1108/JFMM-08-2019-0157
Christianie, G., & Sihombing, T. (2021). The Effect Of Customer Review And Celebrity Endorsement Toward Indonesia Local Makeup Brand Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), , 5(3), 2021.
Damanik, R. P. A., Abdurahman, A., Permana, H., Pratiwi, L. S., & Setyaningrum, R. P. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling dan Online Customer Review Terhadap Kepercayaan Konsumen untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian. Global : Jurnal Lentera BITEP, 02(03), 89–96.
Eddie Rahmat Taufik. (2023). Purchase Decision Analysis Through Price and Product Quality. International Journal of Social Science, 1(3), 337–344. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i3.5612
Febrina Faza, F., & Rubiyanti, R. N. (n.d.). PENGARUH ADVERTISING ATTRACTIVENESS, INFLUENCER MARKETING DAN REVIEW KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE.
Giovani, C., & Berlianto, M. P. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Decision Konsumen Yang Menggunakan Platform Tokopedia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2148–2170. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2498
Gotama, G., & Rindrayani, S. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Online Shop Pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung. Jurnal Economina, 1(4), 690–701. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.69
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Hamisena, M., & Sudyasjayanti, C. (2024). The Effect Of Advertising Attractiveness , Influencer Marketing , And Online Customer Review On Smartphone Purchasing Decisions For Generation Z In Surabaya. 12(4), 3653–3664.
Hariyanto & Trisunarno, 2020. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 9, No. 2, (2020), 9(2), 71–78. https://doi.org/10.1145/1133890.1133898
Herjanto, H., Adiwijaya, M., Wijaya, E., & Semuel, H. (2020). The effect of celebrity endorsement on instagram fashion purchase intention: The evidence from Indonesia. Organizations and Markets in Emerging Economies, 11(1), 203–221. https://doi.org/10.15388/omee.2020.11.31
Idris, E. P. (2022). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Citra Merek terhadap Consumer Trust dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(6), 1. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590
Jefryansyah, J., & Muhajirin, M. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.703
Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics and Business, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.83
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Priciples of Marketing. 431.
Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Bisma, 11(1), 62. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6209
Kusuma, I. S. H. (2023). Pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.61242/ijabo.23.266
Lailatul Istiqomah, & Usman Usman. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW , KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi terhadap Mahasiswa pengguna Platform Pasar Online). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 76–88. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i1.163
Levitt, H. M., Bamberg, M., Creswell, J. W., Frost, D. M., Suárez-orozco, C., Appelbaum, M., Cooper, H., Kline, R., Mayo.Wilson, E., Nezu, A., & Rao, S. (2018). Reporting Standards for Qualitative Research in Psychology: The APA Publications and Communications Board Task Force Report. American Psychologist, 1(2), 26–46. http://search.proquest.com.ezp-prod1.hul.harvard.edu/docview/61476746?accountid=11311%5Cnhttp://sfx.hul.harvard.edu/hvd?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ:socabsshell&atitle=The+Victim+Ideology+of+Whit
Maulana, N., Juliana Saftari, I., & Lumban Batu, R. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Bukalapak. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2327–2341.
Murni, D., & Salim, M. (2024). The The Mediating Role Of Trust In The Influence Of Viral Marketing And Online Consumer Reviews On Purchasing Decisions Skintific Product In TikTok. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 487–498. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4971
Nguyen, N., Leclerc, A., & LeBlanc, G. (2013). The Mediating Role of Customer Trust on Customer Loyalty. Journal of Service Science and Management, 06(01), 96–109. https://doi.org/10.4236/jssm.2013.61010
Ohanian, R. (2013). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness, and attractiveness. Journal of Advertising, 19(3), 39–52. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191
Putri, Y. A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2023). Analisis Online Consumer Reviews Dan Green Product Terhadap Purchase Decision Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 334–346. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2464
Rahayu, D. R., Putri Dwi Cahyani, & Agus Dwi Cahya. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Produk Erigo Di Yogyakarta). Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(1), 22–33. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2452
Rahmawati, I., & Yanto, W. (2022). PENGARUH CELELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND TRUST (Studi pada Pengguna Honda Vario di Kawedanan Pedan Kabupaten Klaten). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1264–1274. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32111
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764
Rivaldo, Y., Victor Kamanda, S., & Yusman, E. (2022). The Influence Of Brand Image, Promotion And Trust On Customer LoyaltyAt Bank BSINagoya Batam Branch. Jurnal Mantik, 6(2), 2385–2392.
Saputra, M., Sari, N., Wahyuningsih, Y., & Lislindawati, L. (2023). Keputusan Pembelian Konsumen Gender Pria Di E-Commerce. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1527–1545. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3558
Takaya, R. (2019). the Effect of Celebrity Endorsment on Brand Image and Trust Brand and It’S Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Business and Entrepreneurial Review, 17(2), 183–196. https://doi.org/10.25105/ber.v17i2.5228
Usvita, M. (2018). PENGARUH KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI AKAN RESIKO MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survey Pada Konsumen Lazada.co.id). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 47–53. https://doi.org/10.31846/jae.v5i1.126
Vega Liana, & Aslami, N. (2021). PENGARUH MEDIA PEMASARAN, BRAND IMAGE DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP PURCHASE DECISION POLIS ASURANSI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(2), 228–245. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4025
Wong, D. (2017). the Influence of Ability, Benevolence and Integrity on Trust, and Its Implications on E-Commerce Customer Participation: Case Study of E-Commerce Customers At Ubm (Pengaruh Ability, Benevolence Dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Par. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155–168. www.internetworldstars.com/stat3.htm
Zhong, G. (2019). E-Commerce Consumer Privacy Protection Based on Differential Privacy. Journal of Physics: Conference Series, 1168(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1168/3/032084
Published
2025-04-30
How to Cite
Alwafi, R. M., & Hayu, R. S. (2025). PERAN TRUST DALAM PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP PURCHASE DECISIONS ERIGO STORE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3454-3476. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5679