SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN : ANALISIS MEDIASI BRAND AWARENESS DAN MODERASI CUSTOMER ENGAGEMENT

  • Edwin Perdana Adiwijaya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang
  • Widya Nur Bhakti Pertiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh Social Media Marketing (SMM), Brand Awareness (BA), dan Customer Engagement (CE) terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam era digital yang semakin berkembang, pentingnya strategi pemasaran yang tepat melalui media sosial menjadi kian signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi untuk mengeksplorasi hubungan antara SMM dan keputusan pembelian, serta peran mediasi yang dimainkan oleh BA dan pengaruh moderasi yang dihasilkan oleh CE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMM memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian, di mana BA bertindak sebagai variabel intervening yang memperkuat pengaruh SMM, sementara CE juga berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas SMM. Dengan demikian, pemilik usaha disarankan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran menggunakan media sosial dan menciptakan konten yang menarik serta membangun hubungan yang baik dengan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Hasil ilmiah ini memberikan wawasan berharga bagi produsen dan pemasar dalam merumuskan strategi yang lebih efektif dalam mempengaruhi preferensi dan keputusan pembelian konsumen.

References

Abou-Shouk, M., & Soliman, M. (2021). The impact of gamification adoption intention on brand awareness and loyalty in tourism: The mediating effect of customer engagement. Journal of Destination Marketing & Management, 20, 100559.
Ayokunmi, L. A., Seman, N. A. A., Rashid, U. K., & Mohamad, A. (2025). The Role of Social Media Marketing as an ICT Tool in Improving Supply Chain Sustainability of SMEs: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 253, 1392-1401.
Basuki, S. A. R., Sampurno, D. H. A., Andrean, K., & Setyaningrum, R. P. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Properti Dan Brand Image Sebagai Mediasi Serta WOM Sebagai Moderasi Di Perumahan Grand Wisata. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(02), 204-212.
Byun, K. J., Park, J., Yoo, S., & Cho, M. (2023). Has the COVID-19 pandemic changed the influence of word-of-mouth on purchasing decisions?. Journal of Retailing and Consumer Services, 74, 103411.
Chen, S., Han, X., Bilgihan, A., & Okumus, F. (2021). Customer engagement research in hospitality and tourism: A systematic review. Journal of Hospitality Marketing & Management, 30(7), 871–904.
Fahmi, M., Lesmana, M. T., & Prayogi, M. A. (2024). Mediasi customer engagement behavior: digital marketing dan kualitas makanan guna mencapai kepuasan dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 25(1), 39-58.
Gabriella, T. P., Ellitan, L., & Kristanti, M. M. (2022). Pengaruh social media marketing, dan e-WOM terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness sebagai mediasi pada kedai kopi Janji Jiwa di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 11(1), 1–10.
Han, L., Mingying, H., & Peng, Z. (2025). The influence of social media marketing on the quality of hotel services and the behavioral intentions of tourists. Acta Psychologica, 255, 104881.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92–101.
Kim, S. S., Choe, J. Y. J., & Petrick, J. F. (2018). The effect of celebrity on brand awareness, perceived quality, brand image, brand loyalty, and destination attachment to a literary festival. Journal of Destination Marketing & Management, 9, 320–329.
Kurniawan, D. A., Sarwoko, E., & Harianto, E. (2024). Sosial Media Marketing dan Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Brand Awareness. YUME: Journal of Management, 7(2), 830-845.
Lim, W. M., & Rasul, T. (2022). Customer engagement and social media: Revisiting the past to inform the future. Journal of Business Research, 148, 325–342.
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370-1385.
Mukti, S. Z., & Sarasi, V. (2024). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening pada Modest Fashion Melalui Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islami, 14(1), 76–91.
Musa, M. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 73-79.
Muthohharoh, C. E. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Customer Loyalty melalui Perceived Value dan Customer Experience dalam E-Commerce: Peran Social Influence sebagai Moderasi. Economics and Digital Business Review, 5(2), 765-779.
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada destinasi wisata kuliner di kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741–773.
Nudin, S. H., & Nurlinda, R. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bintang Manajemen, 1(3), 160-184.
Pratama, C. A. Z., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian sunscreen wardah melalui brand awareness sebagai variabel intervening (studi pada mahasiswa universitas diponegoro semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 59-69.
Prayogo, E. F., & Yoestini, Y. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada PSIS Store. Diponegoro Journal of Management, 11(6).
Putra, D. F., & Aulia, P. (2023). Pengaruh Content Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Vidiodotcom). Economics and Digital Business Review, 4(2), 279-284.
Qu, Y., Khan, J., Su, Y., Tong, J., & Zhao, S. (2023). Impulse buying tendency in live-stream commerce: The role of viewing frequency and anticipated emotions influencing scarcity-induced purchase decision. Journal of Retailing and Consumer Services, 75, 103534.
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457-466.
Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi konsumen terhadap produk minuman kopi di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548-562.
Syaifullah, J., Syaifudin, M., Sukendar, M. U., & Junaedi, J. (2021). Social media marketing and business performance of MSMEs during the COVID-19 pandemic. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 523–531.
Syarif, M. I., & Aisyah, S. (2025). Pengaruh Social Media Marketing, Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Customer Engagement. Jurnal Ekonomi, 30(1), 48-70.
Toruan, J. W. L., Noer, Z., & Ilvira, R. F. (2023, September). Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Olahan Buah di Food Delivery E-Commerce Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian (Vol. 4, No. 1, pp. 42-51).
Zaid, S., & Patwayati, P. (2021). Impact of customer experience and customer engagement on satisfaction and loyalty: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 983-992.
Zeqiri, J., Koku, P. S., Dobre, C., Milovan, A. M., Hasani, V. V., & Paientko, T. (2024). The impact of social media marketing on brand awareness, brand engagement and purchase intention in emerging economies. Marketing Intelligence & Planning, 43(1), 28–49.
Published
2025-05-30
How to Cite
Adiwijaya, E., & Pertiwi, W. N. B. (2025). SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN : ANALISIS MEDIASI BRAND AWARENESS DAN MODERASI CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 109-124. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5671