ANALISIS PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DAN KUALITAS BAHAN BAKU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK SIMPING KAUM MEKAR RASA DI KECAMATAN TEGALWARU, KABUPATEN PURWAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian proses produksi dan kualitas bahan baku sebagai upaya meningkatkan kualitas produk pada UMKM Simping Kaum Mekar Rasa di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pemilik UMKM, karyawan yang terlibat dalam proses produksi, serta konsumen, dengan total delapan orang. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), namun masih terdapat kendala pada pengelolaan sumber daya manusia dan strategi pemasaran. Dari sisi bahan baku, sistem penyimpanan masih belum optimal dan dapat memengaruhi kualitas produk. Meskipun demikian, kualitas produk Simping cukup baik dan tetap memiliki daya tarik di pasar lokal. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan dalam sistem penyimpanan bahan baku dan strategi pemasaran agar kualitas produk dan daya saing UMKM semakin meningkat.
References
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daft, R. L. (2017). Era Baru Manajemen, Edisi Sembilan, Cetakan Kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Fawwaz, S., & Surianto, M. (2025). Analisis Strategi Bersaing Adam Tour & Travel Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1-17. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4927
Terry, G. R. (2014). Priciples Of Management, Edisi Ke-6. Illinois: Richard D. Irwin Homewood.
Handoko. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta : P Gramedia Pustaka.
Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta Dharmawangsa, 57.
Miles, M. B., Hubernan, A. M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook. Third Edit. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: SAGE Publications, Inc.
Nugroho, A. S. (2016). E-Commerce; Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibria.
Primiana, I. (2018). Pengertian UMKM. Jakarta: Gramedia
Reksohadiprojo, S., & Handoko, T. H. (2017). Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku. In BPFE.
Rudiawan, H. (2021). Peranan Manajemen Produksi dalam Menyelaraskan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(2), 66 – 71.
Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Saputra, M., Sari, N., Wahyuningsih, Y., & Lislindawati, L. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GENDER PRIA DI E-COMMERCE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1527-1545. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3558
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Rahardjo, S. S. (2019). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran Prinsip Dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Untari, D. T., & Satria, B. (2021). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Banyumas: CV. Pena Persada.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.