PENGARUH KETERLIBATAN TRAINING DAN INFORMAL WORKPLACE LEARNING TERHADAP KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PADA BUMN X KLASTER KESEHATAN

  • Yudiana Taufiq Universitas Widyatama, Kota Bandung
  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama, Kota Bandung

Abstract

Pengembangan kompetensi kepemimpinan menjadi salah satu fokus di semua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kerangka pikir dan metodologi pembelajaran distandarkan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham, akan tetapi terdapat indikasi hasilnya masih diragukan efektif terhadap peningkatan kompetensi kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh keterlibatan training, informal workplace learning (IWL) terhadap kompetensi kepemimpinan. Variabel tersebut merepresentasikan model pembelajaran 70/20/10 yang diberlakukan di seluruh BUMN yang terdiri dari 70% experiential learning, 20% social learning dan 10% training, dimana social learning dan experiential learning disebut juga sebagai pembelajaran informal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode analisis kuantitatif menggunakan uji regresi linear berganda. Populasi penelitian ini adalah pimpinan dari generasi milenial di BUMN X yang merupakan anggota BUMN Klaster Kesehatan dan berlokasi di Bandung, dengan populasi sebanyak 233 orang dan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlibatan training dan informal workplace learning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi kepemimpinan dengan pengaruh sebesar 59,8%; 2) keterlibatan training secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kompetensi kepemimpinan. 3) informal workplace learning secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kompetensi kepemimpinan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang efektif dari penerapan model pembelajaran 70/20/10 dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinan, maka keterlibatan training dan informal workplace learning harus dijalankan secara simultan. Dalam arti, keduanya harus terintegrasi sebagai kesatuan learning journey dari program pengembangan kompetensi kepemimpinan.

References

Alkaabi, A. S. S. S., & Romal, Abd. R. Bin. (2023). Mediating Role of Training Engagement Between Service Quality, Interface Quality, and Employee Creativity in Workforce of Ministry of Interior Abu Dhabi, UAE. International Journal of Professional Business Review, 8(11), e03471. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i11.3471
Arets, J., Jennings, C., & Heijnen, V. (2016). 70 : 20 : 10 into action. 702010 Institute.
Aisyah, Alfiana. (2022). Pengaruh Pengalaman dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja. Research Journal of Accounting and Business Management, 5(2), 86. https://doi.org/10.31293/rjabm.v5i2.5642
Bergstrom, E. J. (2012). A Comparison of The Leadership Competencies of Leaders in Manufacturing, Hospital, And Community Bangking Industries in The State of Pennsylvania  A Dissertation in Workforce Education and Development.
Casey, T., Turner, N., Hu, X., & Bancroft, K. (2021). Making safety training stickier: A richer model of safety training engagement and transfer. Journal of Safety Research, 78, 303–313. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2021.06.004
Clardy, A. (2018). 70-20-10 and the Dominance of Informal Learning: A Fact in Search of Evidence. Human Resource Development Review, 17(2), 153–178. https://doi.org/10.1177/1534484318759399
Decius, J., Schaper, N., & Seifert, A. (2019). Informal workplace learning: Development and validation of a measure. Human Resource Development Quarterly, 30(4), 495–535. https://doi.org/10.1002/hrdq.21368
Decius, J., Seifert, A., Knappstein, M., & Schaper, N. (2023). Investigating the multidimensionality of informal learning : Validation of a short measure for white-collar workers. 45–74. https://doi.org/10.1002/hrdq.21461
Djastuti, I., Suharnomo, L., Lestari, L., & Sugiharti, R. R. (2022). Determinant employee engagement generasi millenial karyawan BUMN. Jurnal Bisnis Strategi, 31(1), 14–28. https://doi.org/10.14710/jbs.31.1.14-28
Donahue, W. E. (2022). Building Leadership Competence (2nd ed.). PSU Press.
Dessler, G. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi ke-16). NY: Pearson.
Fredricks, J. A., & Mccolskey, W. (2018). The Measurement of Student Engagement : A Comparative Analysis of Various Methods and Student Self-report Instruments. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2018-7
Johnson, S. J., Blackman, D. A., & Buick, F. (2018). The 70:20:10 framework and the transfer of learning. Human Resource Development Quarterly, 29(4), 383–402. https://doi.org/10.1002/hrdq.21330
Primaharani, Annisa., Wibowo, Padmono. (2023). Pengaruh Training And Development Terhadap Employee Comptence Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Yogyakarta. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4), 258–268. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i4.1478
Reeve, J., & Tseng, C. M. (2011). Agency as a fourth aspect of students’ engagement during learning activities. Contemporary Educational Psychology, 36(4), 257–267. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2011.05.002
Sitzmann, T., & Weinhardt, J. M. (2015). Training Engagement Theory : A Multilevel Perspective on the Effectiveness of Work-Related Training. XX(X), 1–25. https://doi.org/10.1177/0149206315574596
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sari, A. P., Sari dkk. (2021). Kepemimpinan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
Salsabila, Ananda Putri dkk. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Tingkat Kompetensi Karyawan. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1), 397–403. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.7103
Setiawan, V., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh metode pelatihan terhadap kompetensi karyawan NDT (Non Destructive Test) pada PT XYZ. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(2), 142-149. https://doi.org/10.1234/jaemb.v3i2.1234
Susilo, S., & Wulansari, P. (2023). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Pelatihan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Taiho Nusantara. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 535-551. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3043
Idrus, Shanty Irma. (2019). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kompetensi manajerial Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal Mirai Managemnt, 5(1), 1–26. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/702/410
Yoon, H. J., Song, J. H., Donahue, W. E., & Woodley, K. K. (2010). Leadership competency inventory: A systematic process of developing and validating a leadership competency scale. Journal of Leadership Studies, 4(3), 39–50. https://doi.org/10.1002/jls.20176
Zuhriatusobah, J., & Nisa, S. R. (2022). Pengaruh kompetensi, komitmen organisasi, dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan Bank Y divisi marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 774–788. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2470
Published
2025-06-15
How to Cite
Taufiq, Y., & Dora, Y. (2025). PENGARUH KETERLIBATAN TRAINING DAN INFORMAL WORKPLACE LEARNING TERHADAP KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PADA BUMN X KLASTER KESEHATAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 370-398. https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5620
Section
Articles