PENGARUH CAFÉ ATMOSPHERE, PRODUCT QUALITY DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CONSUMER REPURCHASE INTENTION CAFÉ 4X4 COFFEE SAMARINDA KOTA, KABUPATEN KUTAI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis cafe atmosphere, product quality, dan customer experience berpengaruh terhadap consumer repurchase intention di Cafe 4x4 Coffee Samarinda Kota, Kabupaten Kutai. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 250 responden, dengan teknik pengumpulan data melalui distribusi kuesioner yang menggunakan instrumen skala Likert. Selanjutnya, data hasil penelitian diolah menggunakan SPSS dengan metode regresi linear berganda untuk memperoleh hasil penelitian tersebut. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah diolah dengan SPSS, menunjukkan bahwa café atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer repurchase intentio, product quality berpengaruh positif terhadap product quality, serta customer experience berpengaruh positif terhadap product quality di Café 4X4 Coffee Samarinda Kota, Kabupaten Kutai.
References
Alessandro, M. J., Syahbandi, Listiana, E., Barkah, & Rosnani, T. (2024). The influence of cafe atmosphere, food quality and product variety on revisit intention with customer satisfaction as a mediation variable in CW Coffee West Kalimantan. Journal of Management Science (JMAS), 7(1), 257–268. www.exsys.iocspublisher.org/index.php/JMAS
Dewi, Irra Chrisyanti. (2024). Trend F&B Series 2025 (3): Tren Inovasi di Industri F&B yang Siap Mengubah Lanskap Pasar. Harian Disway, dikutip tanggal 1 Maret 2025, pukul 09.00 WIB. https://harian.disway.id/read/834936/tren-fb-series-2025-3-habis-tren-inovasi-di-industri-fb-yang-siap-mengubah-lanskap-pasar
Febriani, A., & Ardani, S. (2021). The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(2), 378–383. www.ajhssr.com
Harinie, L. T., Triyono, A., Saputri, M. E., Arissputra, R., Wijaya, N. P., Suyatno, A., Syahputra\, Warnadi, Khasanah, N. S., Yuswono, I., Sakti, D. P. B., Ilham, B. U., & Mansur, D. M. (2022). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
Iqbal, S., & Safrin, F. A. (2023). Simangunsong : Journal Of Business Administration, Management, Economic And Accounting The Effect Of Customer Experience And Price On Repurchase Intention (A Study on Manor Studio’s Coffee Shop Customers). Journal Of Business Administration, Management, Economic And Accounting, 1(1), 7–16.
Kurniawan, H. B., & Dirgantara, B. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, AtmosphereToko Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Melalui Citra dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 9(4). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Kurniawan, H. B., Made, I., & Dirgantara, B. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Atmosphere Toko Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Melalui Citra dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Legend Coffee Yogyakarta). Diponegoro Journal of Management, 9(3). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Maryati, & Khoiri. (2022). Pengaruh product quality, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. E-Qien : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Marzuki, A., Armereo, C., & Rahayu, P. F. (2020). Praktik Statistik. Ahli Media Press.
Mitra, A. (2016). Fundamentals of Quality Control and Improvement (Vol. 4). John Wiley & Sons.
Mulyandi, M. R., & Tjandra, R. H. (2023). The Influence of Product Quality and Brand Image on repurchase Intention of Halal Cosmetic Products in e-Commerce. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 4(1). https://doi.org/10.7777/jiemar
Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Customer Malindo Corner). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(5), 1030–1047. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Nihayah, A. Z. (2019). Pengolahan Data Penelitian Menggunakan Software SPSS (Vol. 1).
Nugroho, A. P., Atmaja, F. F., Mutaalimah, S., Andriansyah, Y., & Achiria, S. (2021). The Effect of Price, Product Quality and Religiosity on Purchasing Behavior of Halal-Labeled Sariayu Beauty Products. Proceedings of the 2nd Southeast Asian Academic Forum on Sustainable Development (SEA-AFSID 2018), 168. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210305.062
Priadana, & Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 1). Pascal Books.
Priyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (T. Chandra, Ed.; Edisi Revisi 2016). ZIFATAMA PUBLISHING.
Punawarman, A. F., Hermani, A., & Pradhanawati, A. (2022). Pengaruh product quality dan Suasana Cafe Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Cafe Portobello Sumurboto Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 109–117. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Putra, A. S., & Purwanto, S. (2024). The Influence of Brand Awareness and Brand Association on the Repurchase Intention of Dr. Martens’s Shoes in Surabaya City. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 04(01), 1–4. https://doi.org/10.55677/ijssers/V04I1Y2024-01
Rahmawaty, A., & Rakhmawati, I. (2022). Repurchase Intention of Halal Cosmetic Product Among Muslim Consumers: The Roles of Islamic Branding, Halal Awareness, and Trust. IQTISHADIA, 15(1), 1–20. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v15i1.14668
Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (pertama). Graha Ilmu.
Sucahoyo, C. P. D., Wijaya, A. J., & Widjaja, D. C. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Emosi Tamu dan Minat Beli Ulang di Michael TJ Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 55–62. https://doi.org/10.9744/jmhot.7.2.55–62
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (Cetakan ke 22). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-19). ALFABETA, CV.
Taqwim, C., Aditi, B., & Pentana, S. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere and Food Quality on Revisit Intention with Customer Satisfaction as a Mediating Variable at Cafe in Medan City. Jurnal Ekonomi LLDIKTI Wilayah 1 (JUKET), 1(2), 82–88. https://doi.org/10.54076/juket.v1i2.135
Tresna, P. W., Herawati, T., & Meisa Dai, R. (2021). The Influence of Customer Experience on Repurchase Intention to Shopee Application Users. Review of Integrative Business and Economics Research, 10(2).
Utami, F. Z., Suryadi, A., & Widiarti, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Promosi Media Sosial dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Cafe Hazey. JBES, 2(2).
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis (Vol. 1). Araska Publisher.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.