PENGARUH INOVASI LAYANAN, KUALITAS INTERAKSI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT. LALAKON DIGITAL KREATIF

  • Teguh Gumilar Universitas Widyatama Bandung
  • Fansuri Munawar Universitas Widyatama Bandung

Abstract

Saat ini di era digital telah membawa dampak perubahan  yang besar terjadi di dunia  bisnis, terutama dalam sektor layanan digital. Pertimbangan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengembangan manfaat, kualitas interaksi, dan kemajuan terhadap pengabdian klien, dengan pemenuhan sebagai variabel perantara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, melalui strategi investigasi relaps dan uji intervensi melalui investigasi jalur dan Uji Sobel. Hasil studi menunjukkan bahwa, meskipun tidak signifikan secara statistik, inovasi layanan meningkatkan kebahagiaan pelanggan. Kepuasan pelanggan terbukti berdampak positif dan signifikan oleh mutu keterlibatan dan promosi. Lebih jauh, telah dibuktikan bahwa hubungan antara inovasi layanan dan kualitas interaksi terhadap loyalitas dimediasi secara signifikan oleh kepuasan pelanggan. Namun, promosi tampaknya tidak memiliki dampak substansial terhadap loyalitas melalui variabel mediasi. meskipun memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari yang dihasilkan penelitian ini menekankan pentingnya di perusahaan untuk meningkatkan  kualitas interaksi dan strategi _ promosi, guna memperkuat kepuasan suatu pelanggan yang pada gilirannya akan meningkatkan loyalitas untuk pelanggan.

References

Antanegoro, R. Y., Surya, D., & Sanusi, F. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. 1.
Arianto, N. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. Kreatif : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 44. Https://Doi.Org/10.32493/Jk.V7i1.Y2019.P44-54
Awuku, Ernest, Paul Mensah Agyei, And Eric Gonu. 2023. “Service Innovation Practices And Customer Loyalty In The Telecommunication Industry” Edited By M. Ikram. Plos One 18(3):E0282588. Doi: 10.1371/Journal.Pone.0282588.
Adelina Suryati. (2022). Keunggulan Kompetitif: Konsep Dan Studi Kasus. Adab.
Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. Service Quality.
Devi, B. A., & Untoro, W. (2019). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Proses, Kualitas Infrastruktur, Dan Kualitas Interaksi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 36. Https://Doi.Org/10.22441/Mix.2019.V9i1.003
Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa. Cv Budi Utama.
Firmansyah, R. R., & Kristiningsih. (2024). Pengaruh Inovasi Layanan Terhadap Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Pt Cipta Sarana Transportindo. 2.
Hasan, A. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Himawan, R. I., & Setianingsih, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bioskop The Premiere Di Kelapa Gading.
Kolonio, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2018. “Principles of Marketing.” P. 244 in Principles of Marketing, edited by S. J. D. L. N. Rakshit. Harlow: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Bob Sabran, MM. (1st ed.). Jakarta: Erlangga.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. Https://Lemlit.Unpas.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.Pdf
Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya, 5(2), 2192–2107. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i2.808
Rahmadiane, G. D., Utami, E. U. S., & Widianti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan Bri Sebagai Variabel Mediasi. 13.
Rahman, F., Komaludin, A., & Suroso, E. (2024). Pengaruh Inovasi Layanan, Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Pemasaran Berdasarkan Pengalaman. Journal Of Comprehensive Science (Jcs), 3(5). Https://Doi.Org/10.59188/Jcs.V3i5.703
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabet.
Susriyanti, S., & Istianianingsih, N. (2024). Pengaruh Kualitas Interaksi Dari Pengembangan Model Brady Cronin Terhadap Loyalitas Nasabah. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(3), 817. Https://Doi.Org/10.29210/0202439.
Syafitri, A., & Sugiyanto, S. (2024). Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Produk Skintific. Jurnal Valtech, 7(2), 283–289. Https://Doi.Org/10.36040/Valtech.V7i2.98
Swastha, B., & Handoko, H. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Published
2025-04-30
How to Cite
Gumilar, T., & Munawar, F. (2025). PENGARUH INOVASI LAYANAN, KUALITAS INTERAKSI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT. LALAKON DIGITAL KREATIF. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3575-3601. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5488