EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
Abstract
Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi menuntut pendidikan tinggi vokasi untuk menghasilkan luaran atau tenaga kerja yang dipastikan selaras dengan kebutuhan industri. Untuk mencapai hal tersebut, perguruan tinggi vokasi tentunya harus terus berinovasi mendesain pembelajaran yang dapat menstimuli kemampuan mahasiswa dalam bidang keilmuannya dan juga keterampilan lain yang lebih relevan di masa kini seperti keterampilan digital abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran berbasis masalah di Laboratorium Simulasi Bisnis dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik pengelohan data penelitian menggunakan SPSS 25 dengan beberapa uji yang dilakukan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Paired Sample T-Test. Hasilnya proses pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan di laboratorium simulasi bisnis terbukti memberikan perubahan yang positif pada keterampilan digital abad ke-21.
References
Care, E., Griffin, P., & McGaw, B. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills. Springer.
Chu, S. K. W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., Notari, M., & Lee, C. W. Y. (2021). 21st century skills development through inquiry-based learning from theory to practice. Springer.
Clarke, E. (2009). Learning outcomes from business simulation exercises: Challenges for the implementation of learning technologies. Education+ Training, 51(5/6), 448–459.
Heang, L. T., Mee, L. Y., Ramalingam, L., & Hoe, C. S. (2019). Job opportunities and employability skills required of business graduates in Malaysia: An investigation through online job advertisements. Journal of Marketing Advances and Practices, 1(1), 37–49.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55.
Mutohhari, F., Sutiman, S., Nurtanto, M., Kholifah, N., & Samsudin, A. (2021). Difficulties in implementing 21st century skills competence in vocational education learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(4), 1229–1236. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.22028
Rios, J. A., Ling, G., Pugh, R., Becker, D., & Bacall, A. (2020). Identifying critical 21st-century skills for workplace success: A content analysis of job advertisements. Educational Researcher, 49(2), 80–89.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society, 10.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research methods for business: A skill-building approach (6th ed.). Wiley.
Siregar, E., Kusumawardani, D., & Bunyamin, E. M. (2022). Virtual Laboratory for Practical Learning in Vocational Education Using Nine Events of Instruction Approach. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3).
Summers, G. J. (2004). Today’s business simulation industry. Simulation & Gaming, 35(2), 208–241.
Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 397-407.
Thavikulwat, P. (2004). The architecture of computerized business gaming simulations. Simulation & Gaming, 35(2), 242–269.
Van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2019). Determinants of 21st-century digital skills: A large-scale survey among working professionals. Computers in Human Behavior, 100, 93–104.
Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, Pub. L. No. 68, Pemerintah Pusat (2022).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.