PENGARUH BRAND AWARENESS, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS

STUDI PADA KONSUMEN STARBUCKS GEN Z DI SIDOARJO

  • Herdina Sabrina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kab. Sidoarjo
  • Mas Oetarjo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kab. Sidoarjo
  • Kumara Adji Kusuma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kab. Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Starbucks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana populasi pada penelitian ini adalah para konsumen Starbucks di kabupaten Sidoarjo. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner dan jawaban diukur dengan skala likert. Teknik analisa data menggunakan metode PLS-SEM menggunakan Software SmartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand awareness, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Starbucks di Sidoarjo.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif (N. Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI.
Agustini, N. P. E., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Pengaruh ekuitas merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada gerai starbucks di bali. Buletin Studi Ekonomi, 25(1). https://doi.org/10.24843/BSE.2020.v25.i01.p04
Alfifto, Siringoringo, A., & Hasman, H. C. P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 2(1), 278–284. http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/224/
Anggoro, W. D. (2024). Laba Starbucks Anjlok 15 Persen pada Awal 2024. IDX Channel. https://www.idxchannel.com/economics/laba-starbucks-anjlok-15-persen-pada-awal-2024
Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194–203. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.18521
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Arsta, I. A. D. P., & RsiRespati, N. N. (2021). The Effect Of Sales Promotion On Purchase Decisions Mediated By Brand Image ( Study On E-Commerce Tokopedia In Bali ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(12), 205–215.
Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C., Suparto, Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M., Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A., Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023). Pengantar Statistika. In A. Asari (Ed.), PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA ANGGOTA IKAPI (1st ed.). PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA ANGGOTA IKAPI.
Cahyani, P. D., Utami, N., & Lestari, S. B. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866.
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2
Dwiputri, R., Isyanti, P., & Sumarni, N. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kofieboy. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 488–498. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.855
Ekowati, S., Finthariasari, M., & Aslim. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14.
Evi, T., & Rachbini, W. (2022). Partial Least Squares (Teori Dan Praktek). In M. Surur (Ed.), Tahta Media Group. Tahta Media Group.
Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106–133.
Fauziya, F., & Hikmah, R. H. (2023). Analisis Brand Awareness Terhadap Buying Decisions Konsumen Starbucks Coffee ( Studi Kasus Di Cabang Buah Batu – Kota Bandung ). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6563–6578.
Fernando, S., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 111–125.
Fitri, R. A., & Sulaeman, E. (2021). Pengaruh Kredibilitas Endorser Agnes Monica, Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Cair. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntasi), 5(2), 1247–1269.
Gandhioda, T. T., & Tanjung, Y. (2024). Pengaruh Celebrity EndorsementDan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian ScarlettPada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Management, Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal, 2(1), 16–27. http://kti.potensi-utama.ac.id/index.php/MAIBIE/index
Gaol, D. L., Siregar, L., & Ritonga, R. R. (2022). The Influence of Brand Image , Promotion , and Price on Consumer Purchase Decisions at PT . Matahari Department Store ( Case Study At PT . Matahari Department Store Plaza Medan Fair ). IJCAMS International Journal of Comparative Accounting And Management Science, 1(2), 38–47.
Halim, M., & Hidayah, S. (2024). Pengaruh Promosi Dan Customer Relationship Management Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Pada Generasi Z. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE, 5(2), 337–345.
Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran (F. A. Darma & M. T. Multazam (eds.); 1st ed.). UMSIDA Press.
Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 99–102.
Hutagalung, Y. M., & Waluyo, H. D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kopi Benteng 2 Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 209–215. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27985
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Kesuma, M., Fitria, D., & Albab Al Umar, A. U. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pattaya Corner Kota Salatiga. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 13–21. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i1.845
Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Manado Town Square. Productivity, 4(1), 61–67.
Lukito, V. C. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Starbucks Coffee Karang Tengah (Km 13,5). Prosiding : Ekonomi Dan Bisnis PEMBELIAN, 1(1), 1–12.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib (ed.)). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Di Kota Medan. Journal Of Social Research, 1(7), 694–707.
Miswanto, M., Salsabila, I., & Kusmantini, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Pada Generasi Z Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian Bisnis STIE WW, 30(2), 70–86.
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga , Citra Merek , dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta ). JIMT (Jurnal Ilmu Manajemen Terapan), 4(1), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v4i1
Perkasa, D. H., Suhendar, I. A., Randyantini, V., & Evelina Andrini M. (2020). The effect of electronic word of mouth (ewom), product quality and price on purchase decisions. DIJEMSS, 1(5), 695–706. https://doi.org/10.31933/DIJMS
Pradani, N. F., Sudarwati, & Widayanti, R. (2020). Analisis Brand Image, Lifestyle, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Coffee (Study Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Kota Solo). Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 18(1), 64–72.
Primadasari, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh brand awareness , brand image , dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Unmul, 23(3), 413–420.
Purwanto, N., Budiyanto, & Suhermin. (2022). Theory Of Planned Behavior: Implementasi Perilaku Electronic Word Of Mouth Pada Konsumen Marketplace (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Martini, R. D. K. E., Susilowati, H., Bambang, Trenggana, A. F. M., Zulfikar, R., Handayani, T., Kusuma, G. P. E., Triwardhani, D., Rini, N. K., Bhakti, W. N., & Roslan, A. H. (2021). Brand Marketing. Widina Bhakti Persada Bandung (Grup CV. Widina Media Utama).
Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Teori Perilaku Konsumen (A. Jibril (ed.)). PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI).
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. In Wijonarko (Ed.), CV. Lentera Ilmu Madani. CV. Lentera Ilmu Madani.
Rifai, A. D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Coffee Summarecon Mall Bekasi. Human Capital Development, 9(3).
Rizky, A. M., Yunita, D., & Iisnawati. (2023). Pengaruh Promosi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 12(2), 200–205. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i2.19154
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.
Septiya, F. H. W., & Oetarjo, M. (2023). Impact of Digital Marketing, Electronic Word of Mouth and Price on Customer Purchasing Deciosions for Baby Squid Chili Sauce [Dampak Digital Marketing, Electronic Word of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Sambal Baby Cumi]. Journal of Management and Accounting (JMA), 4, 1–11. http://dx.doi.org/10.21070/ups.3094
Sihombing, P. R., & Arsan, A. M. (2022). Aplikasi SmartPLS Untuk Statistisi Pemula (A. Rasyid (ed.)). PT Dewangga Energi Internasional.
Sudirman, Kondolayuk, M. L., Sriwahyuningrum, A., Cahaya, I. M. E., Setiawan, N. L. S. A. | J., Tandirerung, W. Y., Nusantari, S. R. | D. O., Indrawati, F., Fittriya, N. L., Kurniawati, N. A. | N., Wardhana, A., & Hasanah, T. (2023). Metodologi Penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif (S. Haryanti (ed.); Issue July). CV. Media Sains Indonesia.
Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 17–28. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb
Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 134–140. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.12806
Vania, L., & Handayani, W. P. P. (2024). Peran Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbuck Madiun. Surakarta Management Journal, 6(1), 106–116.
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 70–78. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.888
Wijaya, A., & Sopian, V. (2024). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Kota Palembang. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 5(2), 299–303.
Published
2025-04-30
How to Cite
Sabrina, H., Oetarjo, M., & Kusuma, K. (2025). PENGARUH BRAND AWARENESS, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2740-2760. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5469