PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
STUDI KASUS KONSUMEN HOME INDUSTRY TEMPE DI DESA SEPANDE
Abstract
Kemudahan teknologi informasi yang semakin maju dan diikuti dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin selektif dalam membeli sebuah produk mengakibatkan tingginya permintaan konsumen terhadap produk yang berkualitas dangan harga terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel penghubungnya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Karakteristik responden pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli tempe di desa sepande dan berusia lebih dari 15 tahun. Lokasi penelitiann adalah pada konsumen home industry UMKM tempe di desa sepande kecamatan candi, kabupaten sidoarjo. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data dengan metode angket dengan tes analisis SmartPLS versi 4.0 dengan SEM (Structural Equation Modeling). Penelitian ini menggunakan uji Outer dan Uji Inner model kelayakan data yang didapatkan. Hasil hipotesis yang didapatkan pada penelitian ini yaitu harga dan promosi tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Keputusan pembelian sedangkan kualitas produk dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian. selanjutnya Harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan konsumen dan harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen. Disimpulkan bahwa produsen tempe home industry di desa sepande perlu memperhatikan penetapan harga jual produk, mempertimbangkan kualitas produk yang ditawarkan, dan memperbaiki teknik promosi yang lebih kreatif
References
[2] D. S. Faudi, A. S. Akhyadi, and L. Saripah, “Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial,” J. Pendidik. luar Sekol., vol. 1, pp. 1–13, 2021, doi: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122.
[3] W. Ardani, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen,” J. Tadbir Perad., vol. 2, no. 1, pp. 40–47, 2022, doi: 10.55182/jtp.v2i1.102.
[4] D. Marlius, M. Rayfael, and S. Putra, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEMEN PADANG PADA PT. SUMBER NIAGA INTERINDO (DISTRIBUTOR),” J. Ilm. ilmu manajeen dan kewirausahaan, vol. 2, pp. 1085–1104, 2022, doi: https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.146.
[5] M. Mawaddah, D. Rahayu, S. Rahmasari, and A. Dutahatmaja, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Berulang: Produk, Harga, Promosi, Dan Layanan (Literature Review Perilaku Konsumen),” Pus. Penelit. ilmu Manaj. dan bisnis, vol. 2, no. 3, 2024, doi: https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.945.
[6] Amirullah, Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Malang: Indomedia Pustaka, 2021.
[7] M. S. M.M Ir. Andri P. Nur, Dipl.Lib, S. E. M.M Dr Danial Thaib, and D. W. M.M Ir, Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 5. PT Penerbit IPB Press, 2016.
[8] Fadli, Y. Rivaldo, S. V. Kamanda, and E. Yusman, “The Effect Of Products, Promotions And Prices On Mizon’s Purchasing Decision At Alfamart Sungai Harapan,” J. Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 2393–2399, 2022, doi: doi.org/10.35335/mantik.v6i2.2811.
[9] M. F. Taqiyyudin and M. Hariasih, “Factors of Product Quality, Raw Materials, and Prices Influencing The Development of The Tempe Manufacturing Industry in Sepande Village, Sidoarjo Regency [Faktor Produk, Bahan Baku, dan Harga yang Mempengaruhi Pengembangan Industri Pembuatan Tempe DesaKu,” pp. 1–11, 2023, doi: 10.21070/ups.2986.
[10] R. Lestari and L. Fengyuan, “Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen dan terhadap keputusan pembelian pada online shop JD.ID,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 7, pp. 1–128, 2022, doi: https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i7.2971.
[11] W. I. Aghitsni and N. Busyra, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 38–51, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2271.
[12] K. Fadhli and P. N. Dwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 603–612, 2021, doi: 10.47492/jip.v2i2.684.
[13] D. Dahmiri, S. K. W. Bhayangkari, and I. Khalik, “Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 5, no. 2, p. 434, 2021, doi: 10.33087/ekonomis.v5i2.401.
[14] T. Sisrahmayanti and M. Muslikh, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Kepuasan Konsumen,” J. Fokus Manaj. Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 54–65, 2022, doi: 10.12928/fokus.v12i1.5802.
[15] K. Khitamina, S. Nely, and H. Maspufah, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ADITYA FASHION SUMBERJAMBE JEMBER,” J. Manaj. Bisnis dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 3, pp. 1–21, 2022, doi: 10.24912/jmbk.v6i3.18720.
[16] N. R. Pratiwi, “Kepuasan pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening ( studi kasus pada zama homewear malang ),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 18–27, 2021, doi: doi.org/10.32815/jubis.v2i2.906.
[17] N. Nadhifah, “Analisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pt citra kreasi makmur kediri,” Soetomo Bus. Rev., vol. 2, pp. 267–278, 2021, doi: 10.25139/sbr.v2i4.3546.
[18] D. A. Novitasari and A. M. AC, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Nilna Mukena Ngunut Tulungagung,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 8, no. 1, p. 962, 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i1.1044.
[19] Nuhayati, A. Ferianto, and Rasyidi, “ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DI KOTA PURUK CAHU,” J. bisnis dan Pembang., vol. 9, no. 2, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v9i2.8867.
[20] P. Kotler and G. Armastrong, Prinsip-prinsip pemasaran, 13th ed. Jakarta: Erlangga, 2012.
[21] E. Elliyana, Lidiana, and D. Agustina, Tri Siwi, Dasar-dasar Pemasaran, vol. 1. Ahlimedia Press, 2022. [Online]. Available: www.ahlimediapress.com
[22] P. E. Setyo, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks,’” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 6, pp. 755–764, 2017.
[23] A. Pratiwi, D. Junaedi, and A. Prasetyo, “Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus 212 Mart Cikaret Afrida,” J. Kaji. Ekon. dan bisnis Islam, vol. 2, no. 2, pp. 150–159, 2020, doi: 10.47467/elmal.v2i2.345.
[24] E. Melpiana and A. Sudarajat, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow Beauty,” Manag. Account. Expo., vol. 5, no. 1, pp. 106–118, 2022, doi: 10.36441/mae.v5i1.599.
[25] sandi nur Fikri, siska dwi Novianti, and S. L. Rahelia, “Literature review faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: harga, kualitas produk dan kepuasan pembeli,” J. Ilmu Multidisplin, vol. 1, no. 1, pp. 174–185, 2022, doi: 10.38035/jim.v1i1.26.
[26] Kotler and Keller, MARKETING MANAGEMENT, 15th ed. PEARSON, 2016.
[27] Ismail Sholihin, Pengantar Bisnis. Bandung: Erlangga, 2014.
[28] F. Tjiptono and G. Chandra, Service, Quality, & Satisfaction, 4th ed. Yogyakarta: Andi, 2016.
[29] J. Djimantoro and C. vania Gunawan, “PENGARUH e-WOM, KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN KAKKK AYAM GEPREK,” Manaj. dan Kewirausahaan, vol. X, no. X, pp. 187–196, 2020, [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/10563
[30] E. N. Aini and A. L. Andjarwati, Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, vol. 17, no. 1. 2019. doi: 10.31294/jp.v17i1.5462.
[31] A. Nurhasan, T. M. Herlambang, and B. Hadibrata, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Y1): KUALITAS PRODUK (X1), HARGA (X2) DAN PROMOSI (X3),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 1131–1141, 2022, doi: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1360.
[32] A. Yusuf and U. N. Rosyad, “Hubungan Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen (Studi Korelasional Promosi Penjualan ‘Bayar Suka-suka’ Binar Coffee),” Pros. Manaj. Komun., vol. 6, no. 2, pp. 527–532, 2020, doi: dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23879.
[33] M. S. Tolan, F. Pelleng, and A. Y. Punuindoong, “Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado),” Productivity, vol. 2, no. 5, pp. 360–364, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/35354
[34] A. Muhtarom, M. I. Syairozi, and R. D. Rismayati, “ANALISIS CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI MINAT BELI,” J. Manaj., vol. 16, no. 1, 2022, doi: 10.24127/jm.v16i1.749.
[35] S. Sudarso, “Analisis Implementasi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Abg Sidoarjo,” J. Ris. Entrep., vol. 5, no. 1, p. 7, 2022, doi: 10.30587/jre.v5i1.3342.
[36] M. A. H. SE., Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS, 2013.
[37] N. Nanincova, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro,” Agora, vol. 7, no. 2, pp. 1–5, 2019, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/287057-pengaruh-kualitas-layanan-terhadap-kepua-8824929f.pdf
[38] S. M. Teguh, W. T. Norma, and J. D. Erwin, “TEKNIK PENGUMPULAN DATA KUANTITATIF DAN KUALITATIF PADA METODE PENELITIAN,” J. Ilm. Pendidik. dasar, vol. 2, no. 6, pp. 784–808, 2023, doi: doi.org/10.23969/jp.v8i3.12005.
[39] Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and F. Jeka, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 26320–26332, 2023, doi: doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836.
[40] D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.
[41] A. N. Fadilah, G. Sabaruddin, and A. Kamaluddin, “Populasi dan Sampel,” Metod. Penelit. Pendekatan Kuantitatif, vol. 14, no. 1, pp. 103–116, 2021, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
[42] S. Sayyida, “Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Smartpls Dalam Menyelesaiakan Permasalahan Di Bidang Ekonomi,” J. MISSY (Management Bus. Strateg., vol. 4, no. 1, pp. 6–13, 2023, doi: 10.24929/missy.v4i1.2610.
[43] L. K. Harahap, “Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square),” Fak. Sains Dan Teknol. Uin Walisongo Semarang, no. 1, p. 1, 2020, [Online]. Available: https://fst.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Artikel_Lenni-Khotimah-Harahap.pdf
[44] M. S. Adrianus Kabubu Hudang, S.E., METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI, Ns. Arif M. Bandung: PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA, 2022.
[45] R. N. Amalia, R. S. Dianingati, and E. Annisaa’, “Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi,” Generics J. Res. Pharm., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.14710/genres.v2i1.12271.
[46] A. Muhson, “Analisis Statistik Dengan SmartPLS,” Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–34, 2022.
[47] S. Yamin and H. Kurniawan, Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling: Aplikasi dengan Sofware XLSTAT SmartPLS, dan Visual PLS. Tanggerang: Selemba, 2011.
[48] J. Sarwono and U. Narimawati, “Membuat Skripsi ,Tesis, dan Disertasi Partial Least Square SEM (PLS-SEM),” T. A. Prabawati, Ed., Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2015.
[49] P. D. Dr. Hardisman, MHID, Analisis Partial least Square Sructural Equation Modeling (PLS-SEM). Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media, 2021.
[50] P. W. Handayani, A. N. Hidayanto, A. A. Pinem, F. Azzahro, and Dll, “KONSEP CB-SEM DAN SEM-PLS,” 1st ed., Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2019.
[51] I. P. Santosa, Metode Penelitian Kuantitatif, Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2018.
[52] Z. Aripin, Marketing Management. DEEPUBLISH, 2021.
[53] K. Prilano, A. Sudarso, and F. Fajrillah, “Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada,” J. Bus. Econ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.56.
[54] A. Muhtarom, M. I. Syairozi, and R. D. Rismayati, “Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli,” Deriv. J. Manaj., vol. 16, no. 1, pp. 36–47, 2022, doi: 10.24127/jm.v16i1.749.
[55] D. Darussalam and D. Supardi, “Price , Brand , Quality , Prestige on Purchase Decisions through Buying Interest as Intervening Variables [ Harga , Merek , Kualitas , Prestise Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening ],” Manajemen, pp. 1–25, 2023, doi: https://doi.org/10.21070/ups.5772.
[56] Y. Tonce and Y. D. P. Rangga, MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: TINJAUAN MELALUI PERSEPSI HARGA & KUALITAS PRODUK (Konsep dan studi kasus). Jawa Barat: Adab, 2022.
[57] M. G. Haque, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta,” Ekon. Manaj. dan bisnis, vol. 21, no. 134, pp. 31–38, 2020, doi: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476.
[58] Y. Nurfauzi et al., “Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 1, pp. 183–188, 2023, doi: https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1246.
[59] S. Tjahyadi, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pada PT. Onna Prima Utama (Studi Kasus Cabang Onna Banjar Wijaya Interior Tangerang),” eCo-buss, vol. 5, no. 41, pp. 530–541, 2022, doi: https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/408/351.
[60] A. Aminah and M. Widowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware di Semarang,” J. Ilm. Fokus Ekon. Manajemen, Bisnis Akunt., vol. 2, no. 02, pp. 179–188, 2023, doi: 10.34152/emba.v2i02.822.
[61] A. Budiono, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 17, no. 02, pp. 1–15, 2020, doi: 10.25134/equi.v17i02.2664.
[62] Faridah, Nurlina, and R. Widowati, “PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” JOMB, vol. 13, no. 1, pp. 104–116, 2023, doi: 10.31539/jomb.v5i1.4547.
[63] A. Mardhiyah and M. Hariasih, “Harga Promosi, Kepercayaan, dan Gratis Ongkos Kirim Mendorong Keputusan Pembelian di Indonesia,” Interact. Commun. Stud. …, no. 2, pp. 266–285, 2024, doi: https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2940.
[64] N. J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Ketiga. Jakarta: PrenadaMedia Group, 2019.
[65] D. Hermawan, L. Indayani, and S. Sudarso, “Strategi Pemasaran Mengenai Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Gempol Citra Asri,” vol. 9, no. 2, pp. 1576–1585, 2024, doi: 10.33087/jmas.v9i2.2079.
[66] I. H. N. Yufa and W. D. Lestari, “Kualitas Pelayanan, Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi,” J. Mirai Manag., vol. 8, no. 2, pp. 614–626, 2023, doi: 614-626-.
[67] A. V. Susanti, R. Taufik, and J. H. Yam, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus Dengan Moderasi Promosi,” J. Pemandhu, vol. 2, no. 3, pp. 365–375, 2021.
[68] W. Sutedja, Panduan Layanan Konsumen, Revisi. Jakarta: Grasindo, 2007.
[69] U. B. Haryoko, V. L. Delimah Pasaribu, and A. Ardiyansyah, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer),” Point, vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.46918/point.v2i1.566.
[70] W. P. Ariyanti, H. Hermawan, and A. Izzuddin, “Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Publik J. Manaj. Sumber Daya Manusia, Adm. dan Pelayanan Publik, vol. 9, no. 1, pp. 85–94, 2022, doi: 10.37606/publik.v9i1.257.
[71] V. Hidayarti and M. Z. Kurniawan, “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Apparel, vol. 51, no. 6, pp. 10–13, 2022, doi: 10.15358/0935-0381-2009-11-591.
[72] M. Finthariasari, S. Ekowati, and R. Krisna, “Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 149–159, 2020, doi: 10.37676/ekombis.v8i2.1081.
[73] Satrio Sudarso and Susanto Sukiman, “Analysis of The Influence of Product Quality and Price on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction as An Intervening Variable in Restaurants Hisana Fried Chicken Surabaya,” Sinergi J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 12, no. 2, pp. 63–70, 2023, doi: 10.25139/sng.v12i2.5740.
[74] S. Masnun, M. Makhdalena, and H. Syabrus, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 3736–3740, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i4.4280.
[75] A. Mariansyah and A. Syarif, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu,” JIBM J. Ilm. Bina Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 134–146, 2020, [Online]. Available: www.investor.iddi
[76] A. Setyaningrum, Y. Udaya, and Efendi, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2015.
[77] F. K. P. D. P. T. K. K. P. H. S. L. Exel, D. Akakip, H. Ariwijaya, and I. Milang, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk,” J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 09, no. January, pp. 485–500, 2023, doi: : http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.485-500.2023.
[78] A. H. Siregar, Susana, Z. Ritonga, D. Hasibuan, and Dll, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Mbak Siti,” J. Econ. Curr. Study, vol. 3, no. 1, pp. 22–33, 2021, doi: 10.51178/jecs.v3i1.131.
[79] R. Aditya and R. W. Damayanti, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA APLIKASI ACCESS BY KAI,” Ekon. Manaj. dan bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 545–553, 2024, doi: https://doi.org/10.62017/jemb.
[80] A. Puspaningrum, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan : Kajian Perilaku Pelanggan Hypermart, Amirullah. Malang: Media Nusa Creative, 2017.
[81] D. B. H. Lahagu and E. Zebua, “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. MUSTIKA MITRA ABADI ALTIC HOUSEWARE),” UPMI, pp. 1538–1547, 2023, [Online]. Available: https://upmi-proceeding.com/index.php/ups/article/view/214%0A
[82] A. Rachmawati, Dwi, A. Muhtarom, Cahyano Puguh, and Yaskun Mohammad, “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Promosi, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen pada UMKM Kabupaten Lamongan (Metode Structural Equation Modelling (SEM)- Partial Least Square (PLS)),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 33–39, 2023, [Online]. Available: https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/721
[83] R. O. A. Anugerah and F. D. S. Sumantyo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi,” J. Econ., vol. 2, no. 3, pp. 766–784, 2023, doi: 10.55681/economina.v2i3.399.
[84] Candrianto, Kepuasan Pelanggan suatu Pengantar. Padang: literasi nusantara, 2021.
[85] R. Azhar and T. A. Sari, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Pt. Mandala Multi Finance, Tbk Cabang Lubuklinggau,” J. Media Ekon., vol. 29, no. 2, pp. 71–84, 2024, doi: 10.32767/jurmek.v29i2.2241.
[86] F. N. Nurhasna, R. S. Dewi, and D. Lestari, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 750–757, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.36078.
[87] R. Fitriana and U. Chadhiq, “Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening,” AKSES J. Ekon. dan Bisnis, vol. 17, no. 1, pp. 86–96, 2022, doi: 10.31942/akses.v17i1.6514.
[88] D. Ratnasari, Stategi Pemasaran dan Kepuasan Konsumen, 1st ed. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Group, 2023.
[89] A. E. Nasution and W. E. Sari, “Peran kepuasan pelanggan sebagai mediator variable harga dan promosi terhadap Keputusan pembelian,” Ekon. DAN Ekon. SYARIAH, vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2025, doi: 10.36778/jesya.v8i1.1872.
[90] I. T. Dianamurti and D. Damayanti, “Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen,” ASSET J. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.24269/asset.v6i1.7336.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.