BUSINESS PLAN PT. YUMNA BERKAH NUSANTARA
Abstract
PT Yumna Berkah Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri fashion muslim, khususnya produksi mukena. Business plan ini disusun untuk menangkap peluang pasar yang signifikan, mengingat kontribusi industri fashion mencapai 18% terhadap PDB dengan nilai Rp220 triliun pada tahun 2022. Ekspor sektor ekonomi kreatif mencapai US$ 12,36 miliar pada semester I tahun 2024, dengan subsektor fashion mendominasi sebesar US$ 6,76 miliar. Dengan populasi Muslim Indonesia mencapai 87,2% dan proyeksi konsumsi fashion muslim global sebesar US$ 402 miliar pada 2024, perusahaan melihat peluang besar untuk ekspansi. Nilai ekspor komoditas modest fashion periode Januari-Juli 2024 mencapai US$ 632,76 miliar, meningkat 3,38% year-on-year, menunjukkan tren positif dalam industri ini. Perencanaan bisnis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ilmiah. Perusahaan mengembangkan rencana bisnis secara komprehensif melalui kerangka Design Thinking, Business Model Canvas, dan proses kewirausahaan model Timmons. Rencana ini mencakup aspek pemasaran, operasional, SDM, keuangan, dan manajemen risiko. Investasi awal sebesar Rp 398.500.000 diproyeksikan menghasilkan NPV positif Rp 778.148.970,52 dalam lima tahun, dengan ROI mencapai break-even point pada tahun kedua. Pertumbuhan pendapatan diperkirakan 15% per tahun dengan IRR 8,38%, melebihi suku bunga 6%. Keunggulan kompetitif perusahaan meliputi inovasi desain, kualitas produk premium, sistem distribusi terintegrasi, dan digitalisasi proses bisnis.
References
Bateman, T. S., & Snell, S. (2019). Manajemen, kepemimpinan dan kerja sama dalam dunia yang kompetitif (10th ed.). Salemba Empat.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar manajemen keuangan (Edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.
Brown, T., & Katz, B. (2011). Change by design. Journal of Product Innovation Management, 28(3), 381–383. https://doi.org/10.1111/j.1540- 5885.2011.00806.x
Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia (1st ed.). Prenadamedia Group.
Chaffey, D., & Chadwick, F. (2022). Strategy, implementation and practice (8th ed.). Pearson.
Daft L, Richard. (2020). Manajemen. Jakarta : Erlangga Management Richard L. Daft, Chapter 1 - 3
Damayanti, S. I. (2014). Perkembangan Desain Busana Muslim Dalam Tinjauan Sosiologis. Corak: Jurnal Seni Kriya, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.24821/corak.v3i1.2344
Dessler, G. (2020). Human resource management (16th ed.). Pearson.
Edison Stevenson, J. (2012). Breaking away—a new model for innovation leadership. Employment Relations Today, 39(2), 17–25. https://doi.org/10.1002/ert.21361
Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), 428–435. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
Fitzsimmons, W. H., & Fitzsimmons, M. J. (2001). Service management: Operations, strategy, and information technology (3rd ed.). McGraw-Hill.
Franky Slamet, et al. (2016). Dasar-dasar kewirausahaan teori dan praktik (Edisi ke-2). Indeks.
Grönroos, C. (2017). Relationship marketing readiness: Theoretical background and measurement directions. Journal of Services Marketing, 31(3), 218–225. https://doi.org/10.1108/JSM-02-2017-0056
Harmon, P. (2014). Business process change: A business process management guide for managers and process professionals. Elsevier.
Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2020). Operation management: Sustainability and supply chain management (13th ed.). Pearson Education.
Hubbard, D. W. (2020). The failure of risk management: Why it’s broken and how to fix it (2nd ed.). John Wiley & Sons.
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2015). PSAK No. 2 Tentang Laporan Arus Kas (Edisi revisi). Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo Persada.
Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh celebrity adsense di media sosial dan saluran distribusi terhadap volume penjualan situs belanja online Wardah. KALBISOCIO: Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 7(1), 27–33. http://112.78.142.42/index.php/kalbisocio/article/view/145
JEpa, A. L.-, & 2019, undefined. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion di Indonesia. Jurnal.Pancabudi.Ac.Id, 4(2).
Kaplan, R. S., & Mikes, A. (2012). Managing risks: A new framework. Harvard Business Review. Diakses dari https://hbr.org/2012/06/managing-risks-a- new-framework
Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to design thinking. Institute of Design at Stanford. https://doi.org/10.1027/2151-2604/a000142
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari manajemen pemasaran (A. Pramesta, Ed.). Penerbit Andi.
Kurniawan, H. (2022). Literature review: Analisis kinerja pegawai melalui komitmen organisasi kompensasi dan motivasi. JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 426–441. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/966
Liedtka, J. (2018, September–October). Why design thinking works. Harvard Business Review, 72–79.
Mann, R. A., & Roberts, B. S. (2011). Business law and the regulation of business (10th ed.). South-Western Cengage Learning.
Mariotti, S. (2013). Entrepreneurship: Owning your future. Pearson Education.
Michael, E. P., & Heppelmann, J. E. (2014). Managing the internet of things: How smart, connected products are transforming competition. Harvard Business Review.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nagle, T. T., & Holden, R. K. (2002). The strategy and tactics of pricing: A guide to profitable decision making (3rd ed.). Pearson Prentice Hall.
Noe, R. A., Hollenbeck, J., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2020). Fundamentals of human resource management (8th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Nursalam. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Praktis. In Salemba (Issue 4).
Oskar Hutagaluh, Nasir Hamzah, Siradjuddin. (2023). Tantangan Sektor Industri Halal Prioritas di Indonesia. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam,Pendidikan, Ekonomi, Humaniora.https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/ALWATZIKHOEBILLAH/index
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons.
Pringle, J., & Huisman, J. (2011). Understanding universities in Ontario, Canada: An industry analysis using Porter’s five forces framework. Canadian Journal of Higher Education, 41(3), 36–58.
Pudhail, M., & Baihaqi, I. (2017). Strategi Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia. Vidya, 25(1), 69–85.
Rangkuti, F. (2012). Studi kelayakan bisnis & investasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis cara perhitungan bobot, rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rejda, G. E., McNamara, M. J., & Rabel, W. H. (2020). Principles of risk management and insurance (14th ed.). Pearson Education.
Rinandiyana, L. R., Kurniawati, A., & Kurniawan, D. (2017). Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, Dan Kualitas Produk (Kasus Pada Industri Pakaian Muslim Di KotaTasikmalaya). 2(November), 105–113.
Rizki, A. (2020). Pengembangan bisnis industri konveksi dalam upaya mendukung industri halal fashion di Jawa Timur: studi sentra industri konveksi Desa Tritunggal Babat.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rosana, U. R. 2024. Prospects Of The Development Of The Halal Products Industry Towards Indonesia's Economic Growth. Journal of Halal Product and Research. 7(1), 67-75, https://dx.doi.org/10.192501/jhpr.vol.7-issue.1.67-75
Sallis, E. (2002). Total quality management in education (3rd ed.). Kogan Page.
Saputri, O. B. (2020). Pemetaan potensi indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan
Syariah,5(2),2338.http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/5127/
4010
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Setianingsih, R. (2019). Pengembangan produk melalui konsep halal fashion (studi pada produsen Batik Huza di kota Pekalongan).
Sugiiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2022). Ekosistem Industri Halal. In A. A. Prohanto, M. I. Sukarna, Hartono, & Harimurti (Eds.), Bank Indonesia (Vol. 5). Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia. https://doi.org/10.30595/pssh.v5i.420
Sri, E., et al. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur aktiva,dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaanmanufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.Jurnal STIE Semarang, 11(2).
Stevenson, W. J. (2020). Operations management. McGraw-Hill Education. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). The nine elements of digital transformation. MIT Sloan Management Review.
Werther, W. B., & Davis, K. (1996). Human resources and personnel management(5th ed.). McGraw-Hill.
Yuningsih, E., & Silaningsih, E. (2020). Manajemen bisnis dan inovasi. Widina Bhakti Persada.
Yusmerita. (2007). Modul Desain Busana. In Universitas Negeri Padang. UNP.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.