THE DAMPAK PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
(STUDI PADA PROGRAM STUDI KEWIRAUSAHAAN INSTITUT TEKNOLOGI KELING KUMANG
Abstract
Kemajuan Teknologi yang semakin berkembang, hal tersebut tidak terlepas juga dengan tuntutan bahwa masyarakat membutuhkan hal tersebut untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan pekerjaa maupun kemudahan dalam melakukan transaksi seperti dengan adanya e-commerce yang menyediakan layanan transaksi secara online dengan dana talangan dari pihak ke tiga seperti Shopee yang menawarkan fitur shopee paylater sebagai alat pembayaran yang bisa membantu masyarakat khususnya mahasiswa dalam penelitian ini sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pengguna Paylater mempengaruhi perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa program studi kewirausahaan institut teknologi keling kumang, dengan 64 responden yang terkumpul. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan SPSS 27 V dengan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater berpengaruh terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Institut Teknologi Keling Kumang, khususnya pada Program Studi Kewirausahaan.
References
Ardiyanti, Renna, and M. Oktaviannur. 2024. “The Influence Of Paylater Use And Lifestyle On Consumptive Behavior In Bandar Lampung City.” International Journal of Economics, Business and Innovation Research (IJEBIR) Vol. 3 No (Vol. 3 No. 02 (2024): International Journal of Economics, Business and Innovation Research (IJEBIR)): 983–89.
Azka Fikri. 2021. “Pengaruh Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Feb Usu.” KomunikA 17 (2): 1–11. https://doi.org/10.32734/komunika.v17i2.7556.
Bancin, John Budiman. 2023. “Jurnal Ekonomi Integra.” Jurnal Ekonomi Integra 13 (2): 351. htt://journal.stieip.ac.id/index.php/iga.
Hafiz, Muharsyah, Asmaul Husna, Mayang Murni, and Ika Sari Dewi. 2023. “Analysis of Marketplace Usage and Paylater Features Effect on Consumptive Behavior of Lp3I Medan Polytechnic Students.” Jurnal Ekonomi 12 (04): 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi.
Julita, Elpa, Idwal B, and Herlina Yustati. 2022. “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8 (3): 2953. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6775.
Maulida, Engkar Rahma, Eris Munandar, Nila Nurochani, Program Studi, Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi, Ekonomi Islam, Provinsi Jawa Barat, and Engkar Rahma Maulida. 2023. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sistem Pembayaran Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Kabupaten Ciamis Dalam Perspektif Ekonomi Syariah” 2 (1): 399–410.
Muhammad Luthfi Rizky, and Hijriyantomi Suyuthie. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa 2 (4): 259–69. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i4.2359.
Nurfadilah, Firda, and Ira Siti Rohmah Maulida. 2023. “Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah Unisba Terhadap Penggunaan Shopeepaylater Ditinjau Dari Etika Konsumsi Dalam Islam.” Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 63–66. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1751.
Nurma, Siti. 2023. “Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) Universitas Islam Negeri Mataram.” Skripsi, 84. https://etheses.uinmataram.ac.id/4363/.
Pamungkas, Wihandaru Sotya, and Shinta Irfanny Putri. 2024. “The Influence of Financial Literacy , Lifestyle , and Pay Later Use on Consumptive Behavior” 1 (4): 1–14.
Pramesti, Gilda, Azizah Azizah, Eva Purnamasari, Endang Sulistiyani, and Dika Vivi Widyanti. 2023. “Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Bangun Rekaprima 9 (1): 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4425.
Tsani Syafiq Nuruddin, Syahru, and Risdiana Himmati. 2023. “Pengaruh Fitur Paylater, Spinjam Dan Affiliate Terhadap Minat Konsumen Dalam Berbelanja Pada Aplikasi Shopee : Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Mahasiswa FEBI UIN SATU Tulungagung.” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5 (6): 173–91. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.160.
Utami, Metta Ria, Meriyati Meriyati, and Havis Aravik. 2023. “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) 3 (2): 269–82. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i2.235.
Zani, Reskiah Putri, and Marheni Eka Saputri. 2023. “The Influence of Spaylater Trust and Convenience on Consumptive Behavior of Shopee App Users in Bandung.” Jurnal Ekonomi 12 (02): 383–89. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/1700.
Zuliyansah, Zuliyansah, Pipit Yuspira, and Sanusi Gazali Pane. 2024. “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur 2 (1): 31–43. https://doi.org/10.57235/motekar.v2i1.2115.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.