PENGARUH KUALITAS JARINGAN, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jaringan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada pengguna faznet di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini pengguna layanan Faznet di Kota Padang yang berjumlah 10.192 pelanggan dengan penerikan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael sehingga sampel sebanyak 336 pelanggan. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan SmartPls 4.0. Dari penelitian yang dilakukan diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan 1). Kualitas jaringan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, 2). Harga tidak berpengaruh terhadap lotalitas pelanggan, 3). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, 4). Kualitas jaringan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 5). Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 6) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, 7). Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, 8). Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kualitas jaringan terhadap loyalitas pelanggan, 9). Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan, 10). Kepuasan mampu memediasi pengaruh kuliatas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. kepuasan dipengaruhi oleh variabel kualitas jaringan, harga, dan kualitas pelayanan sebesar 50,2% sedangkan sisanya 49,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini. Selanjutnya variabel loyalitas dipengaruhi oleh kualitas jaringan, harga, dan kualitas pelayanan sebesar 55,4% sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini. Serta variabel yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kepuasan sebesar 63,1%.
References
Altina Damaiyanti, Siti Komariah Hildayanti, M. V. (2022). Pengaruh kelayakan harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen, 14(1), 38–45. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10388
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Aria, M., & Atik, I., L. (. (2018). ata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.
Arianto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor.
Arum Yulianti, Siti Yunitarini, A. M. (2024). Jebital : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital. 1(1), 41–46.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463.
Christin Natalia Sianipar. (2020). Pengaruh Kualitas Jaringan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Kartu Paket Merek Axis (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Semester VI Sore Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya Tebing Tinggi). 10.
Dewiani Andini, D. A. A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Jaringan IndiHome Terhadap. Pengaruh Kualitas Jaringan IndiHome Terhadap Customer Experience, 1, 1–6.
Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review, 11(3), 262-267.
Fandy, T. (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Ferre, A. N. L. C., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pengguna Produk Indihome Pt.Telkom Akses Kotamobagu). Jurnal EMBA, 11(02), 190–204.
Firmansyah, M., Purnamasari, D. L., & Kartika, I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome. Jurnal Witana, 1(01), 19–26. https://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JUKERDI/article/view/124%0Ahttps://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JUKERDI/article/download/124/180
Hidayat, D. R., & Peridawaty. (2020). Peridawaty 2). Jmso |, 1(1), 15–27.
Hutauruk, C. R., Sutrisna, E., Martabar, M., & Lumbanraja, M. (2023). Pengaruh Customer Bonding Dan Kualitas. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 7(3), 590–599.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler, P. H. K. & I. S. (2021). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke digital.
Kusuma, A. Y., & Chamariyah, C. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yang Dimediasi Oleh Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Wilayah Sampang). Jurnal Manajerial Bisnis, 6(2), 84–94. https://doi.org/10.37504/jmb.v6i2.493
Kusumastuti, A. L. dan M. A. K. (2019). Analisa Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Jateng Cabang Pembantu Sampangan. Jurnal Keunis. Vol. 7 No 1 (Januari).
M. Septrio Rafinaldo, Iwan Iskandar, Nazruddin safaat harahap, R. M. C. (2023). Analisis Kualitas Jaringan Internet pada SMK Menggunakan Metode Quality of Service. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer ISSN 2723-3898 (Media Online) Vol 3, No 6, Juni 2023, Hal 977-984 DOI 10.30865/Klik.V3i6.903 Https://Djournals.Com/Klik, 3(6), 977. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.903
MANALU, D. K. (2021). Pengaruh Kualitas Jaringan, Persepsi Harga, Dan Promosi Kartu Paket Internet Telkomsel Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Era Covid-19 (Studi Kasus …. 2019. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5642%0Ahttp://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/5642/Desi Kristina Manalu.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Masadah, Asngadi, & Triono Singgih, C. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808
Mastomi Sitorus, Rimayang Anggun L. P. Ramli, E. A. W. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome. Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.52624/manajerial.v6i1.2361
Muliandhi, P., Cahyono, T. D., & Sadewa, E. (2023). Analisis Kualitas Jaringan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan Perkuliahan di Fakultas Teknik. Technologia : Jurnal Ilmiah, 14(4), 377. https://doi.org/10.31602/tji.v14i4.12411
Noeryakin, F., & Eriza, F. (2022). Pengaruh Purnajual dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Indihome Pt. Telkom Indonesia Medan (Studi pada Masyarakat Kota Medan). Regress: Journal of Economics & Management, 1(3), 89–99. https://doi.org/10.57251/reg.v1i3.264
Novianti. (2020). Pengaruh Kualitas Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. T Technology (General), 1–59. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/156
Pascall Malano Taduso. (2024). Analisis Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Biznet Di Wilayah Surabaya Barat). 20112044.
Patmawati, D. A., & Andjarwati, A. L. (2019). Peran Pengalaman Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Harga terhadap Loyalitas Pelangan PT. Pos Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 14(1), 323–336.
Pohan, F. S., & Aulia, Z. F. (2019). ualitas situs web, kepercayaan, dan loyalitas konsumen Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i1.43.
Pratama, E. H., Santoso, A., & Girahani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pada Warung Internet I-Cafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kota Blitar. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 179. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.311
Putra, D. G. I. P., & Santika, I. W. (2023). Peranan Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Ulil Albab Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5681–5703.
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Putri Nilam Kencana. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Service di Dealer Honda Wahana Ciputat”. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol 4 No.1.
Rahmadani, D. A., Dwiridotjahjono, J., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Influence Of Brand Image And Product Quality On Loyalty Through Customer Satisfaction As An Intervening Variable On Indihome Users Of PT Telkom Unit Bojonegoro Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Indihome PT Telkom Unit Bojonegoro. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5445–5456. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Riyasa, D. N., Priyono, W. A., & Asmugi, G. (2016). Analisis Kualitas Jaringan Internet Berbasis High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) pada Wilayah Urban di Kota Malang dengan Metode Drive Test. Journal Mahasiswa TEUB, 1(2), 1–7.
Rosalina Tanjung, J., & Rahman, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia Pekanbaru. Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi, 3(1), 27–45. https://doi.org/10.58794/bns.v3i1.451
Rossi, F. F., Farida, N., & Prabawani, B. (2023). Pengaruh Service Quality Dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Iconnet PT. ICON Plus Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 957–966. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Rukmaningtyas, A. F., Akbar, F. S., & Timur, J. (2024). The influence of community attitudes, transparency, trust in government, and intrinsic motivation on community intentions to use open government data in east java province. 7, 10338–10346.
Ryan Kamil, M., Arzalega, F., & Sani, A. (2023). JBPI-Jurnal Bidang Penelitian Informatika Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet Wifi PT.XYZ dengan Metode QoS (Quality of Service). 77–88. https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpi
Sari, I. P. (2022). Evaluasi Kualitas Jaringan Internet Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang Menggunakan Metode Quality of Service. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 4, 25–29. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v4i1.116
Siregar, Y. B. (2019). Digitalisasi Arsip Untuk Efisiensi Penyimpanan dan Aksesibilitas. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan STKIS Tarakanita, 4(1), 1¯19. http://www.jurnal.stiks- tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/192/135.
Vahlevi, R., & Indra Vitaharsa, L. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Bni Kcu Daan Mogot. Jurnal Sosial Sains, 2(9), 1060–1069. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.480
Waode Shaleha. (2014). Pengaruh Fitur Produk, Harga, Jaringan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Padamahasiswa Manajemen Angkatan 2011-2013 Universitas Haluoleo. Kendari : Universitas Haluoleo.
Yurindera, N. (2023). Mediasi Kepercayaan Konsumen pada Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(2), 73–77. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i2.751
Yusuf Ilham dan I Made Bayu Dirgantara. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Jaringan, Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Keamanan Dan Privasi Pada Penyedia Layanan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampak Pada Niat Pembelian Ulang. 9, 1–7.
Zahara, A. L., & Imran, Ayub, I. (2020). engaruh Emotianal Branding dan Emotional Connection Comppass Terhadap Loyalitas Pelanggan. EProceedings of Applied Science, 7, 7341–7352
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.