PENGARUH VIRAL MARKETING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

STUDI KASUS PADA KONSUMEN STUDIO RAKET JOGJA

  • Clariva Latulinskey Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta
  • Lusia Tria Hatmanti Utami Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta

Abstract

Olahraga badminton di kota Yogyakarta saat ini sedang gencar dilakukan guna menciptakan tubuh yang sehat dan ideal. Hal ini menyebabkan pertumbuhan yang pesat dalam sektor olahraga dan usaha kecil menengah yang fokus pada olahraga, khususnya badminton di kota Yogyakarta. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah dalam menyelidiki berapa besar viral marketing serta digital marketing memengaruhi keputusan pembelian melalui purchase intention. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang melibatkan 150 orang responden yang merupakan konsumen dari Studio Raket Jogja. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan mengirimkan kuesioner dengan cara langsung pada para responden. Analisis data dilaksanakan menggunakan aplikasi SPSS. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan kalau variabel viral marketing (X1) memberikan pengaruh positif serta signifikan pada variabel purchase intention (Z). Selain itu, variabel digital marketing (X2) juga mempunyai pengaruh signifikan pada variabel purchase intention (Z). Selanjutnya, variabel purchase intention (Z) mempunyai pengaruh signifikan pada keputusan pembelian (Y). Selain itu, viral marketing (X1) juga diketahui memberikan pengaruh positif serta signifikan pada keputusan pembelian (Y). Demikian pula, variabel digital marketing (X2) berpengaruh positif serta signifikan pada keputusan pembelian (Y).

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Agus Subagyo. (2020). Aplikasi Metode Riset: Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Methods. In Inteligensia Media (Issue October).
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks.
Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, & Wulan Dari. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
Ayu Larasati, Y., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Patifile:///C:/Users/josse/Downloads/1.+1-24+Dewa+Gede+Sudika+Mangku,.pdf. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402.
Azhar Sholihin, S., & Annissa Oktapiani, M. (2021). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 365–371. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.607
Aziza, Y., & Hawignyo, H. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Samyang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10641–10652. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4099%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4099/3440
Azizah, D. U., & Elok Fitriani Rafikasari. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @Souvenirmurah_Ta Di Masa Pandemi. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2418
Budhiartini, N. L. P., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online pada Tokopedia di Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 229–237. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39650
Budi Harto, Abdul Rozak, & Arief Yanto Rukmana. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 67–74. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.546
Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.
Fadiya Haya, A., Fadila, A., & Desyantama, H. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory Bandar Lampung (Alika Fadiya Haya) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(1), 2745–2892.
Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BITTERSWEET BY NAJLA. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 346(2), 1209–1218.
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Ferdiawan, I. D., Faisol, I. A., & Zuhdi, R. (2023). Pengaruh Gender, Love of Money, Machiavellian, Pemahaman Pajak Dan Religiusitas Terhadap Persepsi Etis Penggelapan Pajak ( Studi Wajib Pajak KPP Pratama Bangkalan ). Simposium Nasional Perpajakan, 2(1), 90–105.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.
Fitra Nabila, N., & Winarti, O. (2023). Implementation of Digital Marketing and the Role of Content Creators on Social Media to Increase Brand Awareness of PT. Otak. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 136–146. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.322
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Irawanti, G. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EXPERIENCE DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KECANTIKAN. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 9(2), 182–192.
Isnawati, S. I. (2022). Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 36–46. http://jibaku.unw.ac.id
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Jaya, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) Pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 38. https://doi.org/10.29406/jmm.v16i1.2136
jogja,  studio raket. (2024). No Title. Instagram. https://www.instagram.com/studio_raket_jogja/
Kuhu, T. T., Tumbel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2801–2810.
Manullang, A. M., Purba, H., & Indonesia, U. A. (2024). The effect of content marketing, information adoption and online review of tiktok on consumer purchase intention of fashion product. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 6243–6259.
Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS KREATIF, 7(1), 109–126.
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). “Florensia” Kota Sawahlunto Influence Of Product Quality, Price And Promotion On Decision Making Of Batik Clothes In “Florensia” Stores, Sawahlunto City. Jm, 3(1), 13–24.
Mulyaputri, V. M. (2021). Pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap niat beli merek kopi kenangan di kota surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume, 9(1), 91–101.
Nabilaturrahmah, A., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan e-WOM terhadap Minat Beli Produk Somethinc pada Followers Instagram @somethincofficial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 41–49. https://doi.org/10.5281/zenodo.6534500
Nafisah, D., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BUZZ MARKETING TERHADAP MINAT BELI ( Studi pada Media Sosial Instagram Rovy Store Malang ) Dhurotun Nafisah , Sri Nuringwahyu , Daris Zunaida Program Studi Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Islam M. Jiagabi, 12(2), 15–22.
Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2), 1. https://doi.org/10.61689/bisecer.v5i2.343
Nida Nur Anbiya, & Aning Sofyan. (2022). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.555
Octavia Isroissholikhah, W. (2022). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(1), 121–128. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.507
Onsardi, Ekowati, S., & Yulinda, A. T. (2024). DAMPAK DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LINA MS GLOW KOTA BENGKULU. CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL, 5(2), 10–19.
Philp, M., Jacobson, J., & Pancer, E. (2022). Predicting social media engagement with computer vision: An examination of food marketing on Instagram. Journal of Business Research, 149(January 2021), 736–747. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.05.078
Pramita, G., & Sari, N. (2020). Studi Waktu Pelayanan Kapal Di Dermaga I Pelabuhan Bakauheni. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 1(01), 14. https://doi.org/10.33365/jice.v1i01.702
Pratama, A., Putra, Y., Layla, A., Hilwana, Z., Al, M. F., Hafiz, M. Z., & Maesaroh, S. S. (2023). Yang meneliti mengenai pengaruh siaran langsung dan konten promosi terhadap minat beli mahasiswa bisnis digital upi di tiktok shop di mana dapat ditarik kesimpulan bahwa live streaming tidak mempengaruhi minat beli dikarenakan pengguna tiktok shop cenderu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 06(1), 1–21.
Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67–74. https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1358
Puspitasari, R. A., Santosa, M., & Suhaeli, D. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN TURBO MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi Empiris pada Pengguna Produk Somethinc ). The 6th FE ENEFECIUM Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 126–141.
Putri, P. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1), 25–36.
Putri, S. I., Yulianti, E., Saputra, G. G., & Ningrum, H. F. (2022). Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 14(1), 29–40. https://doi.org/10.30630/jipb.v14i1.734
Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1), 93–108. https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.206
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Ramadhan, N., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Equity Pada Kampanye Inclusive Beauty MS Glow For Men. Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 109–118.
Ramadhania, S. A., & Lestari, D. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pengguna GoFood Shafira, A.R., Darmayanti, S. SARR – Vol. 1 No. 1. Tahun 2022. Journal of Accounting and Business, 1(1), 17–32. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sar/article/view/4609/2260
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Rimbasari, A., & Muhammadiyah, U. S. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM TIKTOK. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457–466. https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304
Rizvanović, B., Zutshi, A., Grilo, A., & Nodehi, T. (2023). Linking the potentials of extended digital marketing impact and start-up growth: Developing a macro-dynamic framework of start-up growth drivers supported by digital marketing. Technological Forecasting and Social Change, 186(October 2022). https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122128
Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028
Salina, S., & Sudaryanto, B. (2023). ANALISIS PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PRODUK MS GLOW ( STUDI PADA PENGGUNA TWITTER INDONESIA ). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 12(1), 1–13.
Sandala, D., Massie, J. D. D., Dicki Sandala, O. :, Massie, J. D. D., Tumbuan, W. J. F. A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Universitas, J. M., & Ratulangi, S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2721–2730.
Sani, F., & Annisa, A. (2019). 肖沉 1, 2, 孙莉 1, 2∆, 曹杉杉 1, 2, 梁浩 1, 2, 程焱 1, 2. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 635–637.
Santoso, D., & Riyanto, K. (2023). Pengaruh Brand Image, Content Creator, dan Social Media Terhadap Keputusan Pembelian. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i1.1092
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Saripudin, A., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Niat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 99–108. https://kominfo.go.id
Sasmita, C., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. Sintesa Prosiding, November, 317–318. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/viewFile/1268/1114
Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Partisipasi Orangtua Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 7–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9772
Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Trijumansyah, A., Loda, M. Y., Solihat, A., Rahmayani, R., & Iskandar, I. (2019). Analisis Store Atmosphere dan Lokasi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 16(2), 194–207.
Venciute, D., Mackeviciene, I., Kuslys, M., & Correia, R. F. (2023). The role of influencer–follower congruence in the relationship between influencer marketing and purchase behaviour. Journal of Retailing and Consumer Services, 75(July), 103506. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103506
Welsa, H., & Meidyansyah, F. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening : Studi Kasus pada Media Sosial Instagram 3Second Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1471
Wulandary, A. F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Niat Beli BTS Meal Kelapa Gading Jakarta Utara dengan Viral Marketing sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.96.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-03-30
How to Cite
Latulinskey, C., Lukitaningsih, A., & Utami, L. T. H. (2025). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1884-1912. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5294
Section
Articles