PENGARUH HARGA, LOKASI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
STUDI PADA RUMAH MAKAN PADANG MURAH MERIAH DI CERME
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh harga, lokasi, dan rekomendasi dari mulut ke mulut terhadap keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Padang Murah Meriah. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan menilai hubungan antara ketiga variabel tersebut. Penelitian ini melibatkan 150 partisipan, yang semuanya merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian di Rumah Makan Padang Murah Meriah. Untuk menganalisis data, menggunakan metode regresi linier yang diterapkan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 30. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga, lokasi, dan rekomendasi secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dari variabel ketiga yang dijelaskan, promosi dari mulut ke mulut diakui sebagai faktor yang paling signifikan mempengaruhi keputusan konsumen. Karena pengaruh faktor ini yang signifikan, manajemen Rumah Makan Padang Murah Meriah perlu mempertimbangkan untuk memprioritaskan inisiatif yang mendorong pelanggan untuk berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.
References
Ahmudin, A., & Ranto, D. W. P. (2023). Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Yogyakarta. Jurnal E-Bis, 7(1), 158–168. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1112
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. PUBLIK:jurnal manajemen sumber daya manusia, administrasi dan pelayanan publik, IX, 104–112.
Dewanti, S. R., & Yuniati, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Kenangan Surabaya Cabang Mulyosari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 12(1), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm3
Extevanus, L., & Sari, W. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Dimsum Kaki Lima di Bandar Lampung. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(1), 198. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i1.1439
Fadhilah, N., & Yunita, C. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Word of Mouth (WOM) terhadap Keputusan Pembelian di Bebek Kaleyo Balai Pustaka. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(4), 1–20.
Fadillah, H. M., & Prawoto. (2022). Peran Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di Warung Sate Madura Cak Kodir Tanjung Barat. Jurnal Panorama Nusantara, 17(1), 1–12. http://ejournal.stein.ac.id/index.php/panorama
Febriyanti, Q. R., & Noor, T. W. (2024). Pengaruh Lokasi , Harga , dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Mie Mustanir Cabang M . Yamin Kota Samarinda. jurnal RIMBA: Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akutansi, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/rimba.v2i4.1329
Haikal, M., Fajri, F., Zaki, N. N., Pratama, R. A., Noviyanti, I., & Pengembangan, S. (2024). KEBERLANJUTAN USAHA KULINER : ANALISIS. 9(204), 2297–2314.
Junaidi, J. S., & Meirisa, F. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Word Of Mouth, Dan Layout Terhadap Keputusan Pembelian Di Supermarket Diamond Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1613
Lestari, C. P., & Arifiansyah, R. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi & wom keputusan pembelian ayam gepuk cabang kramat. 7, 780–788.
Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325
Manullang, W. C., & Gultom, D. K. (2024). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening. Jesya, 7(1), 750–765. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1362
Millah, F., & Sujani. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Joe Cafe Menganti Gresik. jurnal ekonomi, bisnis, dan sosial, 2(3), 1–78. http://eprints.undip.ac.id/39621/
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 13–37.
Nurcahyo, B. H., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Word Of Mount Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Taman Joglo Cafe Semarang). Diponegoro Journal Of Manajement, 5(3), 1–16.
Nuriyah, S., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah. Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 2(1), 61. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i1.13673
Nurlia, L. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v3i1.75
Panggabean, D. P. S., & Lubis, D. S. W. (2024). Pengaruh Fasilitas Dan Variasi Menu Breakfast Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Hotel Grand Central Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 161–176. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4417
Prasetya, S. . (2022). PENGARUH PERIKLANAN, WORD OF MOUTH DA KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN EMBELIAN MOBIL BEKAS SHOWROOM PANCAR MOBIL MEDAN. 1–23.
Pratmika, W. P., & Parmin, P. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth (WoM), dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 5(6), 677–686. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i6.495
Putri, A. V., & Bambang. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Tahu Gejrot Mitoha Galak. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 835–850. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.798
Septadiana, A., & Suprihhadi, H. (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BANDENG JUWANA TIDAR SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. jurnal ilmiah profesi pendidikan, 9, 2721–2731.
Suhardi, Y., Pratama, B., Darmawan, A., & Akhmadi, A. (2024). Pengaruh Word of Mouth , Lokasi , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Bakso Enak Rawamangun. 2(3), 265–276. https://doi.org/10.56855/analysis.v2i3.1204
Suharsimi, A. (2022). Prosedur Penelitian. 2(3), 211–213.
Swardinata, P. P. E., & Prastiwi, E. H. (2024). Pengaruh Word of Mouth, Persepsi Harga, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Bu Ketut. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 7(3), 71–80. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/4919
Valerian, C., & Ismail, harries arizonia. (2024). PENGARUH KETERJANGKAUAN HARGA, KUALITAS PRODUK, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Calvin. 5(2), 246–252.
Viana, evi okta, & Hartati, R. (2022). “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN” (Studi pada rumah makan “Mie Gacoan” Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 3(2), 149–164. http://bappeda.jogjaprov.go.id
Wijayanti, S. D., & Prasetya, H. (2024). Smartphone Iphone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). 1–10.
Yunita, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Word Of Mouth, Faktor Pribadi, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Warung Makan Koki Kita Kota Magelang). 1–70. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3102%0Ahttp://eprintslib.ummgl.ac.id/3102/1/17.0101.0143_ %28BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA%29 - Aryani Yunita23.pdf
Yurillita, R., Sumantri, R., & Iqbal, M. (2024). Pengaruh Fashion Involvement dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toko Busana Muslim Rabbani Plaju Kota Palembang. El-Mubarak: Islamic Studies Journal, 1(1), 1–8.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.