FAKTOR YANG MEMENGARUHI PATIENT LOYALTY DI UNIT RAWAT INAP RSIA XYZ 

  • Derryl Komala Putra Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Zoel Hutabarat Universitas Pelita Harapan, Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara jelas, faktor apa yang paling berperan bagi pasien untuk memilih suatu rumah sakit sebagai pilihan nya. Menjadi rumah sakit pilihan yang dimaksud bukan hanya sekedar datang ke rumah sakit untuk berobat, namun agar terbentuk kepercayaan dan hubungan baik antar kedua pihak, agar pasien dapat melakukan kunjungan berulang dan bahkan merekomendasikan ke kerabat nya. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan terhadap orangtua pasien anak yang menjalani rawat inap di rumahsakit dengan menggunakan kuesioner online berisi 30 pertanyaan dengan skala likert 1-5. Pengambilan data dengan purposive sampling, dan dilakukan selama dua bulan hingga tercapai jumlah responden sebanyak 160 orang Data yang sudah terkumpul lalu diolah dan dianalisis dengan PLS-SEM. Dari hasil penelitian didapatkan untuk mendapatkan patient loyalty, maka perlu diciptakan patient satisfaction terlebih dahulu agar pasien tetap memilih rumah sakit tersebut di masa mendatang. Adapun semua factor yang dibahas baik dari Physical environment, Quality of care, People, dan Price Fairness masing-masing memberikan dampak yang positif terhadap Patient Satisfaction. Pada hasil penelitianini factor yang paling signifikan adalah Quality of Treatment yang diberikan kepada pasien, yaitu tentang bagaimana pasien diperlakukan di rumah sakit.

References

Ahmed, S., Tarique, K. M., & Arif, I. (2017). Service quality, patient satisfaction and loyalty in the Bangladesh healthcare sector. International Journal of Health Care Quality Assurance, 30(5), 477–488. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-01-2017-0004
Allen-Duck, A., Robinson, J. C., & Stewart, M. W. (2017). Healthcare Quality: A Concept Analysis. Nursing Forum, 52(4), 377–386. https://doi.org/10.1111/NUF.12207
Alzoubi, H., Alshurideh, M., Kurdi, B. Al, & Inairat, M. (2020). Do perceived service value, quality, price fairness and service recovery shape customer satisfaction and delight? A practical study in the service telecommunication context. Uncertain Supply Chain Management, 8(3), 579–588. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2020.2.005
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management: A Strategic Approach. Pearson Education Limited.
Biscaia, A. R., Rosa, M. J., Moura e Sá, P., & Sarrico, C. S. (2017). Assessing customer satisfaction and loyalty in the retail sector. International Journal of Quality and Reliability Management, 34(9), 1508–1529. https://doi.org/10.1108/IJQRM-03-2015-0039
BPS. (2022). Ada 3.072 Rumah Sakit di Indonesia pada 2022 - Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/kesehatan/detail/ada-3072-rumah-sakit-di-indonesia- pada-2022
Cakici, A. C., Akgunduz, Y., & Yildirim, O. (2019). The impact of perceived price justice and satisfaction on loyalty: the mediating effect of revisit intention. Tourism Review, 74(3), 443–462. https://doi.org/10.1108/TR-02-2018-0025
Daramola, O. E., Adeniran, A., & Akande, T. M. (2018). Patients’ satisfaction with the quality of services accessed under the National Health Insurance Scheme at a Tertiary Health Facility in FCT Abuja, Nigeria. Journal of Community Medicine and Primary Health Care, 30(2), 90–97. https://www.ajol.info/index.php/jcmphc/article/view/178114
Fadhillah, I., & Lestari, D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di RSU Al-Islam H. M. Mawardi Krian Sidoarjo. Jurnal Simki Economic, 6(2), 269–278. https://doi.org/10.29407/JSE.V6I2.313
Fatima, I., Humayun, A., Anwar, M. I., & Shafiq, M. (2018). Evaluating quality standards’ adherence in surgical care: a case study from Pakistan. International Journal for Quality in Health Care : Journal of the InternationalSociety for Quality in Health Care, 30(2), 138–144. https://doi.org/10.1093/INTQHC/MZX179
Fuad, L., Tamtomo, D., & Sulaeman, E. S. (2019). Multilevel Analysis on the Effect of Marketing Mix Strategy toward Patient Satisfaction in Magelang, Central Java. Journal of Health Policy and Management, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26911/THEJHPM.2019.04.01.05
Gavurova, B., Dvorsky, J., & Popesko, B. (2021). Patient Satisfaction Determinants of Inpatient Healthcare. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21). https://doi.org/10.3390/IJERPH182111337
Ghozali, L., & Latan, H. (2020). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program Smart PLS3.0. Badan Penerbit Undip.
Ginting, R. B. (2021). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap inpatient satisfaction rumah sakit xyz, Bekasi [The effect of service marketing mix on inpatient satisfaction at hospital xyz, Bekasi]. Milestone: Journal of Strategic Management, 1(1), 71. https://doi.org/10.19166/MS.V1I1.3147
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203/FULL/PDF
Haque, R., Rahman, A., & Kow, A. P. A. (2020). Factors Affecting Customer’s Satisfaction and Loyalty in Hospitals in China. 10, 101–115.
Haque, R., Rahman, A., Pang, A., & Kow, A. (2020). Factors Affecting Customer’s Satisfaction and Loyalty in Hospitals in China. Asian Journal of Technology & Management Research, 10, 1.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/S11747-014-0403-8/FIGURES/8
Kementerian Kesehatan. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2020. https://kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2020
Kementerian Kesehatan. (2023a). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 36 Tahun 2023 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah dan Unit Kerja pada Perangkat Daerah yang Menyelenggarakan Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan | Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan. https://farmalkes.kemkes.go.id/unduh/permenkes-36-2023/
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-03-17
How to Cite
Komala Putra, D., & Hutabarat, Z. (2025). FAKTOR YANG MEMENGARUHI PATIENT LOYALTY DI UNIT RAWAT INAP RSIA XYZ . Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1622-1632. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5221
Section
Articles