KEPUTUSAN PENGUNJUNG PARIWISATA TAMAN GALAXY TEMPUREJO JEMBER DITINJAU DARI STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN
Abstract
Kabupaten Jember memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk di datangi baik dari wisatawan lokal maupun mancarnegara. Salah satu objek wisata yang ada yaitu Taman Galaxy yang berada di Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Informasi yang tepat dalam strategi promosi adalah hal yang penting untuk berpotensi dalam berwisata serta kualitas layanan yang diberikan juga berpengaruh dalam keputusan pelanggan untuk kembali berkunjung. Tujuan dari penelitian ini yaitu mencari tahu pengaruh keputusan pengunjung pariwisata Taman Galaxy Tempurejo Jember ditinjau dari strategi promosi dan kualitas layanan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif yang meliputi variabel dari fenomena nyata berupa angka yang nanti akan diukur menggunakan alat ukur SPSS. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh keputusan pengunjung (Y) pariwisata Taman Galaxy Tempurejo Jember yang ditinjau dari variabel X1 strategi promosi dan X2 kualitas layanan. Hasil penelitian membuktikan jika variabel independen yaitu X1 strategi promosi tidak berpengaruh signifikan dengan nilai 0,217 sedangkan variabel independen X2 kualitas layanan berpengaruh signifikan dengan nilai 0,000 terhadap variabel dependen yaitu Y keputusan pengunjung.
References
Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan (Juripol). Vol.1Nomor Februari 2018, p-ISSN:2599-1779. e-ISSN:2599-1787.
Asti Eka, Ayuningtyas Eka. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1 (01), 1-14. Boyd, Walker, Larreche.2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Ab, A. (2018). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Intensi Wisatawan Berkunjung Kembali di Destinasi Sulawesi Selatan Tahun 2014. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan humaniora.
Abdul, Rivai dan Darsono Prawironegoro. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Boyd, Walker, Larreche.2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat
Ferdiansyah, dkk. 2020. Pengelolaan Mitigasi Krisis Pariwisata Akibat Pandemi Covid-19 dalam
Menghadapi Fase New Normal. Bandung. ejurnal.binawakya Vol.15, No.3, Oktober 2020
Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Helga Drumond, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga, Jakarta.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Labovitz, S., & Hagedorn, R. (1993). Metode riset social. Jakarta: Erlangga.
Moekijat, 2007. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. CV. Mandar Maju. Bandung.
Peter. J. P dan Olson, J. C. (2005). Consumer Behavior, 7th Ed. McGraw-Hill.
Sumarwan, Ujang dan Agus Djunaidi, Aviliani. 2009 Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2010
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.