STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN DAN SUVENIR TANAMAN
STUDI KASUS POPON’S NURSERY, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT
Abstract
Peningkatan kesadaran masyarakat terkait isu lingkungan membuat tren suvenir tanaman meningkat. Popon’s Nursery sebagai salah satu usaha pembibitan dan suvenir tanaman masih terkendala dalam hal pemasaran dan pengembangan bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi bauran pemasaran dan strategi pengembangan bisnis pembibitan dan suvenir tanaman pada usaha Popon’s Nursery. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif analisis bauran pemasaran 7P dan metode business model canvas. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bisnis Popon’s Nursery harus fokus dan spesifik mengenai produk yang ingin dikembangkan melalui pembibitan dan suvenir tanaman. Salah satu kategori segmentasi pelanggan yang dapat di terapkan pada Popon Nursery adalah niche market atau segmen pasar yang spesifik. Segmentasi pasar adalah penggolongan orang yang tertarik dengan value proposition usaha Popon Nursery. Channels fokus pada marketplace dan whatsapp group yang mana dibutuhkan follow up untuk menjaga customer relationship. Revenue streams selain fokus pada pembibitan dan souvenir juga terdapat training dan pelatihan. Agar usaha dapat berkelanjutan dibutuhkan tambahan tenaga kerja yang merupakan bagian dari key resources. Selain itu dibutuhkan quality control sebagai kunci aktivitas usaha serta menjaga hubungan baik dengan petani mitra (key partners) dan juga tentunya untuk pengembangan ini dibutuhkan struktur biaya untuk promosi dan penambahan tenaga kerja. Analisis yang telah dilakukan diharapkan mampu membuat bisnis bibit dan suvenir tanaman Popon’s Nursery terus berkembang.
References
Andryana, T. S., Daryanto, H. K., & Maulana, A. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias PT Monfori Nusantara Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.5.1.47
Angraeni, S. P., Tain, A., & Sutanto, A. (2024). Analysis of Business Development Strategy at CV Astika Rizki Nursery, Batu City. International Journal of Recent Engineering Research and Development, 9(4), 20–25. www.ijrerd.com
Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 151–172.
Dewiana Novitasari. (2015). Strategi pemasaran tanaman hias di nursery x, kota tangerang selatan marketing strategies of ornamental plants at x nursery , south tangerang city. Journal of Communication Education, 9(1).
Djunita Pasaribu, R., Nadya Pertiwi, A., & Inzaghi Sugiharto, Z. (2022). Strategi bisnis dan program fungsional pada usaha roti dengan pendekatan analisis dan matriks swot. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 2022.
Farida, I., & Setiawan, D. (2022). Business strategies and competitive advantage: the role of performance and innovation. J. Open Innovation: Technology, Market and Complexity, 1–16.
Handayani, F., Kadang, J., & Syrifuddin, I. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko. Empiricism Journal, 4(1), 208–212. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1170
Junaedi, I. W. R., Wijaya, P. A. D., Mertayasa, I. G. A., Wiratanaya, G. N., & Sumartana, I. M. (2021). Strategi pengembangan ekowisata mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Kota Denpasar, Bali. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 2021.
Novia, C., Djunita Pasaribu, R., Riza Sutjipto, M., & Bustomi, D. (2022). Analisis Business Model Canvas (BMC) CV Munjul Jaya Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi), 6(3), 2022.
Panuntun Utami, D., & Sekar Kastuboratri, D. (2024). Analisis Business Model Canvas (Bmc) di CV Wahyu Tani Putra Kabupaten Purworejo. Surya Agritama, 13(1), 132–141.
Porter, M. E. (1985). The Competitive Advantage_ Creating and Sustaining Superior Performance - Book - Faculty & Research - Harvard Business School. Free Press.
Prasetyo, B. B., Baga, L. M., & Yuliati, L. N. (2018). Strategi pengembangan bisnis rhythm of empowerment dengan pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.4.2.296
Purwanti, I., Yeni Suyanto, U., & Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan, S. K. (2021). Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Sektor Umkm Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 2021.
Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi pengembangan bisnis keripik bayam (amaranthus hybridus) dengan pendekatan business model kanvas: Studi Kasus pada CV. OAG di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 41–54.
Sefti Adhaghassani, F., & Purwanti, S. (2016). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7p (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) di Cherryka Bakery. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 1–10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Vibriyanti, D. (2020). Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi Khusus Demografi dan COVID-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 69–74.
Wijaya, L. E., & Indriyani, R. (2016). Analisis business model canvas pada CV. Kayu Murni Surabaya. AGORA, 4(2), 304–313.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.