PREFERENSI MINAT INVESTASI SYARIAH GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GROWIN’ MANDIRI SEKURITAS

  • Hasyim Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr hamka
  • Gusniarti Gusniarti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, Jakarta
  • Mitra Sami Gultom Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka, Jakarta

Abstract

Dorongan untuk penelitian ini berasal dari kurangnya pemahaman mengenai ketertarikan generasi milenial terhadap investasi syariah digital, khususnya terkait aplikasi Growin'. Penelitian ini berusaha untuk meneliti kecenderungan dan kecenderungan milenial terhadap investasi syariah melalui aplikasi Growin' Mandiri Sekuritas, dengan fokus khusus pada peran mediasi dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan. Data primer, yang dikumpulkan melalui kuesioner langsung yang melibatkan 100 responden, menjadi dasar dari analisis ini. Sampel diperoleh dengan menggunakan probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Temuan menunjukkan bahwa meskipun persepsi manfaat memberikan pengaruh negatif, meskipun tidak signifikan, terhadap minat generasi milenial terhadap investasi syariah melalui aplikasi Growin, yang mengindikasikan bahwa pengguna menganggap aplikasi ini tidak meningkatkan produktivitas investasi karena perilaku mengikuti tren tanpa manfaat yang nyata, persepsi kemudahan penggunaan menunjukkan dampak positif dan signifikan, yang menunjukkan bahwa pengguna menganggap fitur-fitur aplikasi intuitif dan nyaman untuk berinvestasi kapan saja dan di mana saja. Kepercayaan juga muncul sebagai pengaruh yang positif dan signifikan, yang menandakan bahwa pengguna menaruh kepercayaan pada kemampuan aplikasi untuk memastikan kerahasiaan pengguna dan menjaga transaksi. Hasil uji F lebih lanjut menunjukkan bahwa, secara kolektif, persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi milenial untuk berinvestasi secara digital melalui aplikasi Growin'. Penelitian ini menggarisbawahi peran penting dari kemudahan penggunaan dan kepercayaan dalam menumbuhkan minat investasi syariah digital.

References

Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 5(6), 1–23.
Alaslan, A. (2017). Persepsi Masyarakat terhadap Kepemimpinan Perempuan Di Desa Lauran Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Kata kunci : Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan. Otonomi- Stia Trinitas, 10(20), 1–15.
Alfarouq, A. D., & Yusup, D. K. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pasar Modal Syariah Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Kaum Milenial Garut Di Pasar Modal Syariah. Finance: Journal of Sharia Financial Management, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.15575/fsfm.v1i1.10052
Amri, A., Ramadhi, & Sami Gultom, M. (2022). Gambaran Harga Saham Ditinjau Dari Tingkat Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Dan Suku Bunga: Studi Kasus Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Lq45. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7, 207–228. https://doi.org/10.32505/j-eibis.v7i2.4051
Arif, H., Dikawati, D., Azikin, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Hasanuddin, U. (2023). Minat Investasi Syariah Generasi Z: TPB, Perilaku Keuangan, dan Religiusitas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 15–29. http://dx.doi.org/10.29040/jieii.v9i1.6996
Bastomi, M., & Nurhidayah, N. (2023). Faktor Penentu Minat Investasi di Pasar Modal Syariah: Studi Pada Generasi Z Kota Malang. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 7(2), 185–196. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.16255
Fadjar, A., Rachman, A. A., & Ikram, S. (2023). Pentingnya Literasi Keuangan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Bagi Generasi Milenial. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(1), 2454–2464. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.8001
Fazri, R., Azmi, F., Anggita, N., Tarigan, P., & Alwi, T. (2023). Investasi Syariah. Journal on Education, 05(04), 12190–12197.
Gultom, M. S., & Safitri, N. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan penggunaan dan Kepercayaan Non Tunai Dengan Jakone Mobile. Jurnal Ekonomi Islam, 12(November), 241–261.
Hidayah, N. L., Aslicha, G., & Hana, K. F. (2020). Persepsi Masyarakat tentang Haramnya Investasi di Pasar Modal Syariah. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 3(1), 31. https://doi.org/10.21043/tawazun.v3i1.7530
IDX. (2024). Fatwa & Regulasi. Onlineii at https://www.idx.co.id/id/idx-syariah/fatwa-reiigulasi. Accessed 26 Desember 2024
Inayah, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 52.
Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabei.v1i4.6042
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lisdayanti, R., & Hakim, L. (2021). Pengaruh pengetahuan investasi syariah produk investasi syariah dan modal minimal mahasiswa terhadap minat investasi Bank Syariah dengan risiko investasi sebagai variabel intervening pada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Kota Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 13–28. http://journal.um-surabaya.ac.id/indeix.php/Mas/indeix
Mandiri Seiikuritas. (2024). Mandiri Seiikuritas Luncurkan Inovasi Digital Platform Baru: Growin’. Onlineii at https://www.mandiriseiikuritas.co.id/id/siaran-peiirs-artikeiil/artikeiil/mandiri-seiikuritas-luncurkan-inovasi-digital-platform-baru-growin, Acceiisseiid 7 Agustus 2024
Manuel, Hansel (2019) Pengaruh Kemudahan, Keimanan, Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Pada Aplikasi Investasi Online Terhadap Minat Investasi Saham. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
M. Nur Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mardiyanti, F. 2011. Pengaruh elemen kemasan produk (Packaging); Warna (Colour); Tipografi (Typography); Bentuk (Shapes), Gambar (Image) Terhadap Keinginan anak anak membeli makanan ringan (intention to buy) [skripsi]. Jakarta: Universitas Bakrie.
Napitupulu, D. (2017). Tangerang Selatan Banten-Indonesia. 19, 37–48.
Natalie, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Resiko pada Pembayaran Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Ulang Go Pay (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 830–838.
Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360
Nurdin, Nurdin, et al. "Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di Bank Mega Syariah Cabang Palu." Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 30-45, doi:10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45
Nur Isnayanti, N., & Seiv Riana, L. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Minat Investasi Mahasiswa Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(2), 48–58.
OJK. (2015). POJK Nomor 17/POJK.04/2015. Onlineii at https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/reiigulasi/peiiraturan-pasar-modal-syariah/Pageiis/POJK-Nomor-17POJK042015-Peiineiirbitan-Peiirsyaratan-Efeiik-Syariah-Beiirupa-Saham-oleiih-Emiteiin-Syariah.aspx
OJK. (2022). Markeiit Updateii Pasar Modal Syariah Indoneiisia Peiiriodeii Januari-Juni 2022. Onlineii at https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/teiintang-syariah/Documeiints/Pageiis/Pasar-Modal-Syariah/Markeiit%20Updateii%20Pasar%20Modal%20Syariah%20Indoneiisia%20Peiiriodeii%20Januari%20-%20Juni%202022.pdf. Acceiisseiid 28 Juni 2022
OJK. (2024). OJK dan BPS Umumkan Hasil Surveiii Nasional Liteiirasi dan Inklusi Keiiuangan Tahun 2024. Onlineii at https://ojk.go.id/id/beiirita-dan-keiigiatan/siaran-peiirs/Pageiis/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Surveiii-Nasional-Liteiirasi-dan-Inklusi-Keiiuangan-Tahun-2024.aspx. Acceiisseiid 2 Agustus 2024
Pardiansyah, E. (2017). Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam: Pendekatan Teoritis dan Empiris. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 337–373. https://doi.org/10.21580/eiconomica.2017.8.2.1920
Peristiwo, H. (2016). Analisis Minat Investor Di Kota Serang Terhadap Investasi Syariah Pada Pasar Modal Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.32678/ijeii.v7i1.7
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Seiptian Nasution, Tommy Hastomo, Septiana Sri Wahyuni Siteipu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 66–75.
Rahmatsyah. 2011. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (studi kasus: E-money kartu Flazz BCA) tahun 2011,” Tesis. Universitas Indonesia.
Ramayana, Y., Enawaty, E., & Hadi, L. (2021). 3 1,2,3. 2(2), 25–32.
Ramadhan, F. H. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Investasi Syariah terhadap Minat untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah pada Mahasiswa Gein Z di Kota Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 719–734. https://doi.org/10.47467/eilmal.v4i3.2035
Riyadi, A. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 5(9), 74.
Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta
Sabda Ar Rahman, R. E., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa. Jurnal PROFITA: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 112–122. https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.17263
Silalahi, M. (2015). Analisis Weibsitei Mataharimall.Com Meinggunakan Meitodei Weibqual 4.0 (Studi Kasus Penilangan Di Kota Batam). CBIS Journal, 3(2), 169–188.
Sobur. 2016. Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Suryati, L., & Sudarso, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi 2. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Syaifullah, M., Fachrurazi, F., Achmad, F., Usman, S. A., & Wahyuni, R. (2019). Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(2), 108. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i2.10037
Syifa Deistya Salsabila, Burhanudin, Putri Amanda Ardita, Fifi Aprilia Yulianti, Ria Anisatus Solihah, & Muhammad Taufiq Abadi. (2024). Pasar Modal Syariah. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(1), 99–107. https://doi.org/10.59024/jis.v2i1.570
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius. Yogyakarta.
Wibowo, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 192–201.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2025-03-10
How to Cite
Abdurrahman, H., Gusniarti, G., & Gultom, M. S. (2025). PREFERENSI MINAT INVESTASI SYARIAH GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GROWIN’ MANDIRI SEKURITAS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1457-1484. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5170
Section
Articles