STRATEGI PEMASARAN BISNIS PROPERTI PADA TOP PUTRA RESIDENCE
Abstract
Dalam industri properti yang terus berkembang, persaingan bisnis semakin ketat, menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan terukur. PT Top Putra Propertindo selaku pengembang proyek perumahan Top Putra Residence juga menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan kinerja pemasaran di tengah perubahan preferensi konsumen dan dinamika pasar properti sehingga memerlukan strategi pemasaran yang efektif. Maka upaya untuk memahami bagaimana strategi pemasaran trersebut, studi ini berupaya menggunakan Balanced Scorecard (BSC) untuk menghadapi tantangan preferensi konsumen dan dinamika pasar properti. Dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi, penelitian ini mengevaluasi kinerja pemasaran dari empat perspektif BSC yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Hasil temuan menunjukkan promosi seperti diskon dan cashback efektif meningkatkan penjualan, meskipun biaya operasional tinggi. Pelanggan juga mengapresiasi layanan personal dan fleksibilitas pembayaran, tetapi infrastruktur masih perlu ditingkatkan. Digitalisasi pemasaran mempercepat penjualan, namun koordinasi antar-divisi dan pelatihan teknologi seperti CRM masih perlu diperbaiki.
References
Agustin, P., Siwi, D., Idkolah, I., Nurjaya, H., & Feriyan, M. (2024). Penerapan balanced scorecard untuk implementasi strategi dan kontrol sistem di PT Quadra Mitra Solusindo. Jurnal Sosial Teknologi (SOSTECH), 4(1), 48–57.
Balanced Scorecard Institute. (2022). Understanding Balanced Scorecard: Strategic Performance Management. Retrieved from balancedscorecard.org
Benková, E., Gallo, P., Balogová, B., & Nemec, J. (2020). Factors affecting the use of balanced scorecard in measuring company performance. Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12031178
Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021). Strategi pemasaran food and beverage untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi COVID-19 di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action. Boston: Harvard Business Review Press.
Kumar, R., Patel, S., & Gupta, A. (2022). Strategic Performance Indicators for Real Estate Industry: A Balanced Scorecard Approach. Journal of Business Strategy, 39(3), 210-233.
Riwu, S. L., Wibowo, A., & Budiyatno, K. C. (2021). Penilaian kinerja rumah sakit dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard: Systematic review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(2), 267–283.
Ratnaningrum, Aryani, Y. A., & Setiawan, D. (2020). Balanced scorecard: Is it beneficial enough? A literature review. Asian Journal of Accounting Perspectives, 13(1), 65–84.
Sadikin, A., Misra, I., & Hudin, M. S. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. In K-Media. K-Media.
Smith, T. (2022). CRM Integration in Real Estate Marketing: Enhancing Customer Engagement. Journal of Marketing Technology, 12(4), 321-340.
Top Putra Propertindo. (2019). Annual Report: Business Development and Market Expansion Strategies. Subang: Top Putra Propertindo.
Tran, N., & Ausubel, M. (2021). Economic Downturns and Market Recovery: The Impact of Covid-19 on the Real Estate Sector. Global Market Journal, 50(1), 102-125.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.