PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM PERSAINGAN BISNIS DI KOTA BANJARBARU
STUDI EMPIRIS : KEBAB XYZ AREA BANJARBARU
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana Blue Ocean Strategy diterapkan pada Kebab XYZ di Kota Banjarbaru untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman UMKM ini dalam persaingan bisnis. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan 30 responden, yang terdiri dari pelanggan, karyawan, dan pemilik usaha. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa cita rasa produk yang otentik dan inovasi menu menjadi keunggulan kompetitif, sementara keterbatasan kapasitas produksi dan promosi digital menjadi kelemahan. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi peningkatan permintaan produk halal dan penggunaan platform digital, sedangkan ancaman utama adalah persaingan ketat dan fluktuasi harga bahan baku.
References
Adista Bella Nur Rohmah, Putri, R. A., Pratiwi, R., & Hermastho, B. (2024). Pendekatan Blue Ocean Strategi Dalam Persaingan Bisnis di Kota Semarang (Studi Empiris: Soto Sawah Mbak Tutik). Jurnal Manajemen, 11(2), 137–144.
Arwani. (2019). Menggagas Kampus Islam yang Unggul Melalui Penerapan Blue Ocean Strategy ( Studi di STAIS Dharma Segeran Indramayu ). Khulasah : Islamic Studies Journal, 1(2), 42–54.
Ayi Supardi Ganda Wijaya. (2024). STRATEGI MANAJERIAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS LOKAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 122–133.
Gunawan, L., & Assaf, R. A. (2024). Pengaruh Persona Merek Terhadap Ekuitas Merek Dan Minat Beli Konsumen Generasi Z Di Restoran Dan Café Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 551–568. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4073
Hanifah, H., Setyawati, A., & Octaviani, R. D. (2015). the Implementation of Blue Ocean Strategy To Create a Market Niche. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 2(2), 191. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v2i2.118
Nuzul Zuriah. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi. PT Bumi Aksara.
Oktaviani, N. M. A. D. (2024). Waralaba Sebagai Peluang Baru Dalam Dunia Wirausaha. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.53977/jw.v3i1.1605
Qomariyah, Q. (2022). Analisis Penerapan Diferensiasi Blue Ocean Strategy (BOS) dalam Rangka Pertahanan dan Pengembangan Usaha di dalam Persaingan. Youth & Islamic Economic Journal, 3(2), 45–49.
Riasari, A. (2020). Analisis Penerapan Blue Ocean Strategy pada PT. Sofyan Hotels, Tbk. Jurnal Al-Buhuts, 16(2), 17–34.
Saratian, E. T. P., Mulyowahyudi, A., & Kurniasih, A. (2019). Kajian Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Pembiayaan Sindikasi Skim Musyarakah Mutanaqishah. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 112. https://doi.org/10.22441/jimb.v5i1.5629
Sasongko, I. S. (2022). Analisis Blue Ocean Strategy Pada PT. Campina Ice Cream Industry Tbk. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 16781–16800. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.12946
Setyorini, H., Effendi, ud, & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta.
Sylvia Saragi Sitio, V. (2017). Strategi Bisnis Model dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi kasus di industri keci dan menengah (IKM) Bir Pletok Bu Lina di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur). Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), 2(1), 1–16.
Teddy Kurniawan, M., Wardani, Y., Putri Anggraeni, D., Rusdi Hidayat, I. N., Ikaningtyas, M., Raya Rungkut Madya, J., Anyar, G., & Timur, J. (2024). STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK UMKM NASI GORENG (NASGOR IN): MENUJU KESUKSESAN KESUKSESAN DALAM INDUSTRI KULINER Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jma), 2(4), 3031–5220.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.