PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDOMARET FRESH RAYA JATI SIDOARJO

  • Yulita Tri Arini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kumara Adji Kusuma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model dari pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori (exsplanatory research). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel dalam hal ini penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan diukur dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistics Version 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo, dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Indomaret Fresh Raya Jati Sidoarjo.

References

AB. Christono, AB. C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics & Business, 8(1), 1–17.
Alamsyah, M. H. A., & Asnawi, N. (2024). The Influence Of Product Quality And Prices On Consumer Loyalty Mediated By Consumer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 305–319. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3669
Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. Journal of Administration and Management Public Literation (JAMIL), 1(1), 37–50.
Amalia, A. N. N. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 2, 1099–1115.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Andayani, M., Rusilawati, T., Hestin, & Saparudin. (2023). Meningkatkan Kesetian Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Pada PT. Mastratech Indonesia Cabang Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(4), 644–656.
Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro. Jurnal Alwatzikhoebillah, 9(2), 341–360.
Annisa, A., & Hasoloan, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 51–60. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1487
Anugrah, K., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa: Akomodasi. Ideas Publishing.
Apriliani, D., Baqiyyatus S., N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Brand Image, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas pada Membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30.
Arif, M. S. Z. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 472–481.
Asmorowati, L. D., & Harisudin, M. (2021). Analisis Permintaan Susu Segar Di Kabupaten Boyolali. Agrista, 9(4), 161–177.
Azahra, T., & Millanyani, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grand Metro Hotel Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 564–575. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3407
Candrianto, C. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara.
Chandra, Dr. T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. CV IRDH.
Christine, C. E., Fitriano, A., & Halim, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Karya Furnindo Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1002–1010.
Citra Dewi, N. L. B., Murdani, N. K., & Sucandrawati, N. L. K. A. S. (2020). Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 2(2), 110–119. https://doi.org/10.47532/jis.v2i2.67
Darmanto, R. F., & Ariyanti, A. (2020). Peranan Kualitas Pelayanan, Harga Dan Suasana Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Boedjangan Bintara. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 71. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.383
Ettah, N. P., & J. Pondang, J. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Mobil Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA, 7(3), 3069–3078.
Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 11(1), 150–163. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p150-163.40256
Fiolina, T., & Elizabeth, S. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Chatime Pim. MDP Student Conference, 288–292.
Harjadi, Dr. D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Insania.
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 56–64.
Indah Sari, D. A. S., Habibah, N. N., Ardany, D., Aulia, Z. H., & Mahendra, I. G. N. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Mie Gacoan Wiyung Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2).
Indrasari, Dr. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Jeany, & Mauli Siagian. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bpr Artha Prima Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 7(3), 330–341.
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Khansa, R. S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rockstar Gym (Studi Kasus Cabang Lippo Mall Puri Jakarta Barat). Jurnal STEI Ekonomi, 1–21.
Laksono, C. D., & Soliha, E. (2022). Kepuasan Pelanggan: Peran Nilai Pelanggan, Citra Merek dan Kualitas Produk. Jurnal Mirai Management, 7(2), 277–285.
Lumoindong, B. Y. (2023). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Productivity, 4(4), 493–498.
Masito, F., Komalasari, Y., Idyaningsih, N., Hamzah, S., & Winarto, H. (2022). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelayanan Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Airman: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi, 5(2), 127–134. https://doi.org/10.46509/ajtk.v5i2.288
Meida, F., Astuti, M., & Nastiti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19. Jurnal Ikraith-Ekonomika No 2 Vol 5 Juli 2022, 5(2), 157–166.
Mootalu, C. R., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Moya Shop Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2).
Muh. Azis Ardin & Andi Dhika Syafdarifa Guntur. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Konsumen) Berbelanja Pada Indomaret Pajjaiang. Journal Of Administrative And Social Science, 2(2), 23–30. https://doi.org/10.55606/jass.v2i2.26
Muzakqi, M. R., & Zaki, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Burger Bangor Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1799–1811. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3909
Natasya, N., & Yudhira, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride Di Gojek Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 128–145. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i1.769
Pamungkas, B., & Sijabat, R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kyou Hobby Shop. Jurnal Transaksi, 13(1), 87–104.
Paramita, Dr. R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen (3rd ed.). Widya Gama Press.
Permatasari, D., & Wahyuningsih, T. H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Richeese Factory Cabang Sudirman Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 99–114.
Priansa, Dr. D. J. (2021). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Putra, A. (2020). Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Implikasinya Pada Minat Pembelian Ulang Produk Sunnygold (Studi Kasus Pada Konsumen SunnyGold Di Jakarta Selatan). Jurnal JDM, 3(2), 196–211.
Ridwan, M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). How Trust And Quality Of Information Affect Buying Interest And Purchasing Decisions? (Study On Shopee Customers In Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01). https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.910
Rosyida, S. H., & Priantilianingtiasari, R. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan Dan Letak Geografis Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Via Salon Trenggalek. JURNAL MANEKSI, 12(3), 656–665.
Said, Dr. M. (2022). Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Konsumen Perusahaan Ritel Modern. Intelektual Karya Nusantara.
Saputro, W. W. (2024). Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sari, S. P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue Xyz Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 3(4). https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i4.4997
Setiawan, S., Susanti, I. N., & Martah, V. (2020). Pengaruh Presepsi Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Avan Supermarket Trosobo Sidoarjo. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 3(1), 199–211. https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.930
Sofiah, S., Rahmana, A. S., & Triana, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indomaret Aria Putra Swadaya Taman Kedaung Ciputat Tangerang Selatan. Humanities, Management and Sciene Proceeding, 1(2), 885–896.
Sungkawati, Dr. E., Meliantari, Ir. D., & Mulyana, Dr. M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar). CV Eureka Media Aksara.
Supriyanto, A., Rosmalia, V., Aman, A. S., Nisa’, A., Tias, U. A., Khasanah, U., Ulya, H., Septiana, A., & Khamidatun, A. (2021). Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 02(02), 55–65.
Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Widina Bhakti Persada Bandung.
Tunastini, G. V. (2023). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gayatri Mas Mode Di Singaraja. Jurnal Manajemen, 5(1).
Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312.
Wijayanti, F., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 465–471. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.725
Yulistria, R., Handayani, E. P., Susilowati, I. H., & Aulia, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada PT Mitra Bangun Perwira. Jurnal Swabumi, 11(1), 13–22.
Published
2025-03-05
How to Cite
Arini, Y., Kusuma, K. A., & Hariasih, M. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDOMARET FRESH RAYA JATI SIDOARJO. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1160-1180. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5136
Section
Articles