MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION PRODUK KECANTIKAN DI E-COMMERCE MELALUI ENTERTAINMENT MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT

  • Puji Indah Ramadhan Universitas Garut, Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut, Garut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Entertainment Marketing terhadap Purchase Intention pada produk kecantikan di e-commerce dengan Customer Engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 180 responden yang merupakan konsumen produk kecantikan di platform e-commerce. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa Entertainment Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Selain itu, Entertainment Marketing juga berpengaruh signifikan terhadap Customer Engagement. Selanjutnya, Customer Engagement terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Entertainment Marketing berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention pada produk kecantikan di e-commerce, baik secara langsung maupun melalui Customer Engagement sebagai variabel mediasi.

References

Amanda, D., & Baskara, I. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Moderasi E-Wom. Jurnal Akutansi Dan Manajemen Esa Unggul, 12(1), 1–14.
Aryawan, A. B., & Valdez, M. A. (2024). Customer Engagement Dalam Membantu Keputusan Pembelian Spotless di Instagram@ Madformakeup. co. Journal of Entrepreneurship …, 06(04), 229–244. https://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/view/2433%0Ahttps://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/viewFile/2433/1906
Brodie, R. J., Hollebeek, L. D., Jurić, B., & Ilić, A. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of Service Research, 14(3), 252–271. https://doi.org/10.1177/1094670511411703
Desy setyowati. (2024). No Title. Transaksi Belanja Online 2024 Diramal Rp 487 Triliun, Live Shopping Jadi Tren. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/675ab54ee7981/transaksi-belanja-online-2024-diramal-rp-487-triliun-live-shopping-jadi-tren
Estefania, E., & Yuwono, W. (2023). Peran Media Sosial Terhadap Consumer Brand Engagement pada Purchase Intention Smartphone di Kota Batam. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 6(1), 103–114. https://doi.org/10.32500/jematech.v6i1.3930
Faritzal, A., & Perkasa, C. (2022). Customer Engagement Analysis as Mediating the Influence on Social Media Marketing of Purchase Intentions on Skincare Avoskin. Journal of Information Systems and Informatics, 4(1), 30–39. http://journal-isi.org/index.php/isi
Frintika, M. T., & Trianasari, N. (2022). Pengaruh pemasaran jejaring media sosial dan keterkaitan konsumen terhadap niat beli konsumen e-commerce sociolla (Studi pada media sosial instagram). E-Proceedings of Management, 9(3), 1356.
Gensler, S., Völckner, F., Liu-Thompkins, Y., & Wiertz, C. (2013). Managing brands in the social media environment. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 242–256. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.004
Gustari, M. S., Nurhasan, R., & Setiawan, R. (2022). Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Purchase Intention Kerudung Deenay Di Kabupaten Garut. Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management, 1(02), 64–76. https://doi.org/10.52434/jesm.v1i02.123
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Kurniawan, A., Marlinah, L., Noverha, Y., & Islami, V. (2024). Pengaruh Digital Marketing , Social Media Engagement , dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce. 5(10), 4202–4214.
Lim, W. M., Rasul, T., Kumar, S., & Ala, M. (2022). Past, present, and future of customer engagement. Journal of Business Research, 140(May 2021), 439–458. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.11.014
Limandono, J. A. D. D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.
Muh David Balya Al. (2023). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 26–53. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272
Muhammad Ridwan, & Jatmiko Jatmiko. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Activities, Brand Experience, Brand Reputation and Brand Equity Terhadap Purchase Intention Produk Uniqlo JABODETABEK. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(3), 63–77. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.863
Nabila, W. K., Negoro, D. A., & Unggul, E. (2023). Pengaruh Digital Marketing , Customer Engagemen t , dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Fashion Lokal Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 20207–20218.
Pancaningsih, R., Baaq, S. H., Latifah, R. N., Wahit, A. N., Handayu, M. D., Rahmawati, E., Maharani, V. D. P., Zain, M. F., & Santoso, A. P. A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store di Sukoharjo. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 134–148.
Rachmadhaniyati. (2021). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9, 1124–1137.
Rusdin, & Yuono, W. (2022). Analisis Pengaruh E-Wom, Attitude, Information Quality Terhadap Purchase Intention Dan Trust Sebagai Variabel Intervening Di Kota Batam Yang Menggunakan E-Commerce. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 478–495.
Sashi, C. M. (2012). Customer engagement, buyer-seller relationships, and social media. Management Decision, 50(2), 253–272. https://doi.org/10.1108/00251741211203551
Satria Nurcahyo, & Ahmad Ali. (2023). Model peningkatan purchase intention berbasis credibility endorser, ewom, dan product quality melalui brand image. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 35.
Schiffman, Leon G. & Kanuk, L. L. (2007). No Title (N/A (ed.); 9 th). Pearson Prentice Hall. https://books.google.com/books/about/Consumer_Behavior.html?id=vTRPngEACAAJ
Schmitt, B. (2010). Experience marketing: Concepts, frameworks and consumer insights. Foundations and Trends in Marketing, 5(2), 55–112. https://doi.org/10.1561/1700000027
Shafa, T. P., Kurniadi, E., & Yuniati, U. (2023). Impact of Customer Engagement on Purchase Intention: A Promotional Online Survey on Instagram Account of @bandengisimrb. Binus Business Review, 14(3), 259–269. https://doi.org/10.21512/bbr.v14i3.9290
Sutariningsih, N. M. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 145. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p03
Tirtayani, I. G. A., Wardana, I. M., Setiawan, P. Y., & Widagda, I. K. G. N. J. A. (2024). Determinants of Purchase Intention in Social Media Advertising. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(6), 1–20. https://doi.org/10.24857/RGSA.V18N6-016
Vivek, S. D., Beatty, S. E., & Morgan, R. M. (2012). Customer engagement: Exploring customer relationships beyond purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200201
Yassin, K. G. A., & Pasaribu, L. H. (2023). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Melalui Mediasi Customer Brand Engagement, Social Brand Engagement, Dan Brand Equity Pada Pelanggan Merek Retail Perlengkapan Rumah Tangga Di Indonesia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2).
Yusuf, D. Y. (2018). Disusun Oleh : Disusun Oleh : Pelaksanaan Pekerjaan Galian Diversion Tunnel Dengan Metode Blasting Pada Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Paket 3, Kabupaten Ciamis Dan Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, 1(11150331000034), 1–147.
Published
2025-03-05
How to Cite
Ramadhan, P., & Nurhasan, R. (2025). MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION PRODUK KECANTIKAN DI E-COMMERCE MELALUI ENTERTAINMENT MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1139-1159. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5087
Section
Articles