ANALISIS E-WOM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE DUNIA FANTASI ANCOL

  • Ilsa Nabila Universitas Airlangga, Surabaya
  • Nikmatul Bahril Wahdah Universitas Airlangga, Surabaya
  • Bambang Suharto Universitas Airlangga, Surabaya
  • Santi Isnaini Universitas Airlangga, Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan temuan dari pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan harga terhadap pilihan untuk mengunjungi Dunia Fantasi, Ancol. Penelitian ini menggunakan strategi korelasional deskriptif secara kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pemilihan purposive sampling, 66 responden dipilih untuk pengambilan sampel berdasarkan persyaratan bahwa mereka adalah pengunjung yang pernah ke Dunia Fantasi, Ancol. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan versi perangkat lunak SPSS terbaru digunakan untuk pemrosesan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-WOM secara signifikan memengaruhi keputusan wisatawan untuk bepergian ke Dunia Fantasi, Ancol. Biaya perjalanan juga memiliki pengaruh besar pada pilihan wisatawan. Pengalaman yang dimiliki pengunjung di Dunia Fantasi, Ancol, adalah yang memotivasi mereka untuk menulis ulasan dan memengaruhi pilihan wisatawan lain. Berdasarkan hasil penelitian, strategi untuk meningkatkan kunjungan ke Dunia Fantasi meliputi optimalisasi media sosial untuk meningkatkan interaksi, mendorong wisatawan memberikan ulasan, serta menarik minat pengguna platform di media sosial dalam memilih destinasi wisata. Selain itu, pemberian promosi harga tiket wisata, peningkatan kualitas fasilitas, dan kolaborasi dengan komunitas atau mitra bisnis dapat memperluas jangkauan promosi secara efektif. Penelitian ini menyoroti pentingnya kontribusi dari faktor e-WOM dan harga dalam memengaruhi keputusan wisatawan berkunjung sekaligus memberikan rekomendasi strategis untuk pengelola Dunia Fantasi dalam meningkatkan daya tarik dan kepuasan pengunjung. Diharapkan, strategi yang diberikan dapat menciptakan pengalaman wisata yang lebih baik, meningkatkan loyalitas pengunjung, serta mendukung pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan.

References

Agatha, M. (2018). Analisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27-35.
Ahmed, F., Mohammed, A., Abdulwase. R. (2021). The influence of social media engagement on positive e-WOM and customer loyalty in Agritourism Green Hotels. American Based Research Journal, 13(1), 1-11. https://doi.org/10.5281/zenodo.4576950.
Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word of mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support System, 54, 461-470.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Huang, S. S., & Hsu, C. H. (2009). Effects of travel motivation, past experience, perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of Travel Research, 48(1), 29-44. https://doi.org/10.1177/0047287508328793.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Ivana, V., Sari, A., Thio, S. (2014). Electronic word of mouth (e-WOM) dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Restoran dan Kafe di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(2), 218-230.
Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence and Planning, 30(4), 460–476. https://doi.org/10.1108/02634501211231946.
Miao, Y. (2015). The influence of electronic-WOM on tourists’ behavioral intention to choose a destination: A case of Chinese tourists visiting Thailand. AU-GSB e-Journal, 8(1), 13-31. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/AU-GSB/article/view/1453.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29(3), 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011.
Lopez, I., & Parra, J. F. (2016). Is a most helpful e-WOM review really helpful? The impact of conflicting aggregate valence and consumer’s goals on product attitude. Internet Research, 26(4), 827-844. https://doi.org/10.1108/IntR-07-2014-0176.
Lu, L. C., Chang, W. P., & Chang, H. H. (2014). Consumer attitudes towards blogger’s sponsored recommendations and purchase intention: The effect of sponsorship type, product type, and brand awareness. Computers in Human Behavior, 34, 258-266. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.02.007.
Mehyar, H., Saeed, M., Baroom, H., Aljaafreh, A., Al-Adaileh, R. M. (2020). The impact of electronic word of mouth on consumers purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(2), 183-193.
Muksin, D. R., & Sunarti. (2018). Pengaruh motivasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1).
Priatmoko, S. (2017). Pengaruh atraksi, mediasosial, dan infrastruktur terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 8(1), 72-82. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/1940.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.
Surgawi, I. S. (2016). Analisis pengaruh produk wisata, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan wisatawan dalam mengunjungi objek wisata (Studi pada objek wisata Puri Maerokoco Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5, 1-10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management.
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. L. S. (2007). Using Multivariat Statistics. Pearson Education.
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. CV. Andi.
Viglia, G., Mauri, A., Carricano, M. (2016). The exploration of hotel reference prices under dynamic pricing scenarios and different forms of competition. International Journal of Hospitality Management, 52, 46-55. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2015.09.010.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2025-03-01
How to Cite
Nabila, I., Wahdah, N. B., Suharto, B., & Isnaini, S. (2025). ANALISIS E-WOM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE DUNIA FANTASI ANCOL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 1070-1089. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5082
Section
Articles