PENGARUH DISSATISFACTION CUSTOMER DAN SERVICE FAILURE TERHADAP BRAND SWITCHING DIMEDIASI VARIETY SEEKING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE DI KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Eka Novita Sari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kota Bandar Lampung
  • Vicky F. Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kota Bandar Lampung
  • Adib Fachri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kota Bandar Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana Hubungan Dissatisfaction Customer dan Service Failure terhadap Brand Switching yang dimediasi oleh Variety Seeking pada pengguna Smartphone Android ke Iphone di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Eksploratif dengan pendekatan kuantitaif, jumlah sampel sebanyak 97 responden dengan analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan Teknik analisis menggunakan Partial least square (PLS). Temuan pada penelitian ini menunjukkan Pengaruh positif dan signifikan pada hubungan Dissatisfaction Customer terhadap Brand Switching, Variety Seeking terhadap Brand Switching, Service Failure terhadap Variety Seeking, dan Variety Seeking mampu memediasi hubungan antara Service Failure Terhadap Brand Switching. Selain itu terdapat hasil yang tidak berpengaruh pada hubungan Dissatisfaction Customer terhadap Variety Seeking, Service Failure Terhadap Brand Switching, dan Variety Seeking tidak mampu memediasi hubungan antara Dissatisfaction Customer Terhadap Brand Switching.

References

Anyim, C. O., Okorie, N. U., & Odoemelam, L. E. (2020). Nigerian agricultural journal. Sciencedirect, 51(3), 178–184.
Apriliani, D., Zuliansyah, A., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Variety Seeking dan Packaging terhadap Brand Switching Studi Konsumen Natasha Skincare di Bandar Lampung. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(2), 167–176. https://doi.org/10.30812/target.v3i2.1579
At-Thariq, M., Athar, H. S., & Furkan, L. M. (2023). The Influence of Prices, Advertising Attractiveness, Celebrity Endorsers, and Dissatisfaction with Brand Switching on Smartphone Consumers in Mataram City, Indonesia. Path of Science, 9(2–3), 1018–1024. https://doi.org/10.22178/pos.90-14
Auliya, Z., Meidea, I., Dewi, R. S., & Prabawani, B. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Brand Switching Melalui Ketidakpuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Brand Switching Laptop Merek Asus Ke Merek Lain Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(1), 186–198. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The theory of planned behavior: Selected recent advances and applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356. https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107
Kristanti, W. (2019). PENGARUH CUSTOMER DISSATISFACTION DAN SERVICE FAILURE TERHADAP VARIETY SEEKING DAN BRAND SWITCHING ( Studi pada Mantan Pengguna Kartu Seluler Indosat Ooredoo di Kabupaten Kebumen ) Wiji Kristanti S1 Manajemen STIE Putra Bangsa Kebumen Email : wijikristant. 1–8.
Manajemen, S., & Putra, U. (2021). Rendy Marduselan Arifyantama. 1–10.
Melinda, S., & Zuliarni, S. (2021). Effect of Service Failure on Ferry Passenger Switching Behavior: The Role of Dissatisfaction. Icaess 2020, 291–297. https://doi.org/10.5220/0010355202910297
Musnaini, & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking , and Electronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching. Jurnal Ekonomi, 03(1), 23–32.
Ningtiyas, S. R. (2021). PENGARUH UTILITARIAN VALUE DAN KETIDAKPUASAN TERHADAP BRAND SWITCHING MELALUI VARIETY SEEKING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Konsumen Shampoo Merek Clear ke Merek lain di Kecamatan Kebumen ) Sindi Rahayu Ningtiyas Abstrak PENGARUH UTILITARIAN V. 1–8. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/371/
Nurlita. (n.d.). Pengaruh Service Failure Dan Service Recovery Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah ( Kspps ) Mentari Umat Wangon.
Puspita Asri, S. I., & Hendratmoko, C. (2022). Menguji Pengaruh Variety Seeking Atas Dissatisfaction Dan Competitor Promotion Terhadap Brand Switching Konsumen Lazada. Jurnal AKTUAL, 20(1), 1–18. https://doi.org/10.47232/aktual.v20i1.128
Rosyidah, F. E., Cholidah, L. N., & Sulaeman, M. M. (2024). Pengaruh Prior Experince, Variety Seeking Dan Product Knowledge Terhadap Brand Switching. Journal of Business Innovation and Accounting Research, 1(3), 187–198. https://doi.org/10.56442/pc7hm568
Septiani, S., Sri Purwanti, R., & Toto. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Elin Kosmetik Yang Berpindah Dari Sariayu Ke Wardah). Business Management And Entrepreurship Journal, 2(September), 67–81. https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/3767
Wulandari, H. I., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pelanggan IM3 Ooredoo di FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 488–495. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28773
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-12-31
How to Cite
Sari, E., Sanjaya, V., & Fachri, A. (2024). PENGARUH DISSATISFACTION CUSTOMER DAN SERVICE FAILURE TERHADAP BRAND SWITCHING DIMEDIASI VARIETY SEEKING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 3244-3264. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4931