EFEKTIVITAS BUZZ MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP PEMBELIAN ULANG PRODUK KENAN DI TIKTOKSHOP
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui hasil uji peran Buzz Marketing terhadap Pembelian Penelitian ini dilakukan guna mengetahui hasil analisis peran Buzz Marketing terhadap Pembelian Ulang produk Kenan hijab, peran Brand Trust terhadap pembelian ulang produk Kenan hijab. Metode penelitian berupa penelitian deskriptif kuantitatif berdasarkan data angka dan analisis menggunakan alat SEM PLS 4.0, guna mengetahui hubungan variabel penelitian ini. Variabel yang dianalisis yaitu Pembelian Ulang (PU) sebagai variabel endogen dan Buzz Marketing (BM ), Brand Trust ( BT ) sebagai variabel eksogen. Teknik penentuan sampel dengan purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini melakukan pengujian kepada 100 responden sebagai jumlah sampel. Jenis data penelitian yaitu data primer berdasarkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil analisis diperoleh variabel Buzz marketing mempengaruhi Pembelian Ulang secara positif dan signifikan dengan T-statistik bernilai 3,140 atau nilai p value 0,002. Hasil variabel Brand Trust (BT) diperoleh nilai t-statistik sebesar 6,302 atau nilai p value 0,000. Dan nilai R-square variabel Pembelian Ulang (PU) sebesar 0,770 atau model kuat, dalam menjelaskan variabel Pembelian Ulang (PU) sebesar 77%.
References
Alvin Yerenia Effendy, Ferdinand, (2013). Pengaruh Costumer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Hal :3.
Buchory., A, dan Saladin, D. (2018). Strategi Brand Marketing. Bandung: CV. Linda Karya
Darmawan, A., Pramiyanti, A., & Nugrahani, R. U. (2015). Faktor buzz marketing pada Nasi Goreng Mafia melalui media sosial Twitter. Jurnal Sosioteknologi, 14(1), 71-76.
Frendy. (2011). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Hasan, A. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.
Leila, C., & Abderrazak, G. (2013). The Impact of the Effectiveness of a Buzz Marketing Campaign on the Image, Awareness and Purchasing Decision: The Moderating Role of Involvement. Journal of Marketing Research and Case Studies, 2013, 1–8. https://doi.org/10.5171/2013.584547
Mohr, I. (2017). Managing Buzz Marketing in the Digital Age. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 11(2), 10–16
Musa, M. (2018). PENGARUH BUZZ MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CHOCOLICIOUS DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Economix, 6(2), 135-146.
Nurhayati, dan Wahyu, W. M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Memprngaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Value Added: Vol 8, No 2. Universitas Muhammadiyah Semarang
Ramadila, N. (2015). Pengaruh Buzz Marketing dan Brand Awareness terhadap Minat Beli Produk Erha 21 (Studi pada forum online Female Daily Network) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Renata, M. (2020). Pengaruh ketersediaan produk dan harga terhadap pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam study kasus air minum dalam kemasan (AMDK) Cleo di Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11
Saputra, R. Y. B., & Lusia, A. (2023). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Paket Data Tri Di Solo Raya. Indonesian Journal of Strategic Management, 6(2), 71-82.
Sunyoto. (2017). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tarwiyah, S. M. (2023). Peran Customer Value Pada Buzz Marketing, Price, Product Differentiation Terhadap Repurchase Decision Di Gerai Mixue Mojosari. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 4588-4601.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.