PENGARUH KEGUNAAN YANG DIRASAKAN, PENGARUH SOSIAL DAN KEAMANAN YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT UNTUK MENGADOPSI BRImo

  • Sulfaeka Sulfaeka Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Muhammad Sofian Maksar Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Yuan Swastika Universitas Muhammadiyah Kendari
Kata Kunci: Kegunaan Yang Dirasakan, Pengaruh Sosial, Keamanan Yang Dirasakan, Mobile Banking, Brimo

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai sektor, termasuk sektor keuangan, khususnya perbankan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi di sektor keuangan adalah munculnya teknologi finansial (fintech). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegunaan yang dirasakan, pengaruh sosial dan keamanan yang dirasakan terhadap niat nasabah untuk mengadopsi BRImo dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form kepada 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi BRImo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh sosial dan pengaruh keamanan yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat untuk mengadopsi BRImo, sedangkan kegunaan yang dirasakan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat adopsi BRImo. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi, pihak perbankan dan perusahaan fintech diharapkan dapat terus berinovasi agar mampu menciptakan layanan yang lebih aman, mudah digunakan, dan diterima oleh masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan adopsi BRImo baik bagi pengguna baru maupun pengguna yang sudah ada.

Referensi

Ahmad Adlie Shamsuri, K. A., & Jamil, S. N. A. M. (2021). Properties and applications of cellulose regenerated from cellulose/imidazolium-based ionic liquid/co-solvent solutions: A short review. E-Polymers, 1(1), 1–12.
Amstrong, G., & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (1st ed.). Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Apriani, R. G. (2023). Pengaru h Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Yang Dirasakan, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Rumpun Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta). Universitas Negeri Jakarta.
Baker, H., Kaddumi, T. A., Nassar, M. D., & Muqattash, R. S. (2023). Dampak Financial Technology terhadap peningkatan kinerja keuangan bank. Jurnal Risiko Dan Manajemen Keuangan, 16(4), 230–240.
Chuang, Lui, & Kao. (2016). The Adoption Of Fintech Service: TAM Perspective. International Journal of Bank Marketing, 13(1), 1–13.
Damayanti, T. H. (2023). Peranan Finansial Teknologi, Perilaku Keuangan Terhadap Ketahanan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNTAG Surabaya. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 268–81.
Davis, F. . (1986). A Technology acceptance model for empirically testing new-end user information systems: Theory and Result. Sloan: Sloan School of Management, Massachusetss Institur of Technology (MIT).
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 3(3), 319–340.
Davis, F. D., Bagozzi, P. R., & Warshaw. (1989). User acceptance of computertechnology: A comparison of two theoretical models. Management Sci, 35(8), 982–1002.
Dowpiset, K., & Nuangjamnong, C. (2021). An Investigation of Factors Affecting Intention to Comply Thailand PDPA with E-Services in Private University towards Social Media. International Journal of Economics & Business Administration (IJEBA), 2(1), 21–30.
Fauziah. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Nasabah Terhadap Penggunaan BRImo (BRI Mobile Banking) di Bank BRI Unit Tanggul Kulon.
Gupta, P. (2021). Impact of Perceived Security and Perceived Trust on Intention to Use Digital Payments -A Study on Indian Customers. Webology, 18(6), 1–12.
Hasibuan, M. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Judijanto, L., Destiana, R., & Sudarmanto, E. (2024). Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Finansial, Kepercayaan Nasabah, dan Regulasi Terhadap Penggunaan Layanan Keuangan Digital. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 3(1), 20–28.
Khalilzadeh, J., Ozturk, A. B., & Bilgihan, A. (2017). Security-related factors in extended UTAUT model for NFC based mobile payment in the restaurant industry. Computers in Human Behavior, 7(2), 460–474. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.001%0D
Koenig-Lewis, N., Marquet, M., Palmer, A., & Zhao, A. L. (2015). Enjoyment and social influence: predicting mobile payment adoption. The Service Industries Journal, Taylor & Francis Journals, 35(10), 537–554.
Maulana, S., Khasanah, I., & Yusuf, A. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna terhadap Financial Technology Bareksa Menggunakan Model UTAUT. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(2), 527–545.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust. The Academy of Management Review, 20(3), 1–12.
Novika, F., Halim, R. D., & Setyawan, A. B. (2021). The Effect Of Technological And Behavioral On The Adoption Of The Shopeepay Mobile Payment. Journal of Entrepreneur & Business, 2(2), 106–120.
Ogbanufe, O., & Kim, D. J. (2017). Comparing fingerprint-based biometrics authentication versus traditional authentication methods for e-payment. Decision Support Systems, 1(2), 106–110.
Oliver, A. (2020). Strategi Diskon: Ketika Bisnis Memotong Harga Untuk Tingkatkan Penjualan. GlintsBlog.
Raditya, V. R., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2022). Analisis Penggunaan Teknologi Aplikasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Kabupaten Banyumas Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS), 1(1), 1–13.
Rahadi, R. A., Nainggolan, Y., & Afgani, K. fajar. (2022). International Journal of Data and Network Science Towards a cashless society: Use of electronic payment devices among generation Z. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 137–146.
Ramli, Y., & Rahmawati, M. (2020). The Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness that Influence Customer’s Intention to Use Mobile Banking Application.
Rekarti, E., & Hertina, L. (2014). Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap minat beli online pada situs jual beli tokobagus.com. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 2(3), 311–318.
Riyanto, G. P. (2024). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta, Didominasi Gen Z. Tekno.Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2024/02/01/09300027/pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-didominasi-gen-z
Robbins, Stephen, P., & Timothy, A. (2012). Organizational Behavior. Pearson Education Limited.
Slade, E. L., Dwivedi, Y. K., Piercy, N. C., & Williams, M. D. (2015). Modeling Consumers’ Adoption Intentions of Remote Mobile Payments in the United Kingdom: Extending UTAUT with Innovativeness, Risk, and Trust. Psychology and Marketing, 32(8), 860–870.
Sulmi, A. A. K., & Kara, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar). Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 1(2), 59–73.
Taherdoost, H. (2018). A Review of Technology Acceptance and Adoption Models and Theories. Procedia Manufacturing, 2(2), 960–967. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.137
Tang, Y., Li, Z., Chen, J., & C, D. (2021). Liquidity creation cyclicality, capital regulation and interbank credit: Evidence from Chinese commercial banks. Pac.-Basin Finance J, 1(1), 1–13.
Tseng, J. T., Han, H. L., Su, Y. H., & Fan, Y. . (2018). The Influence of Intention to Use the Mobile Banking-The Privacy Mechanism Perspective. Journal of Management Research, 9(1), 117–137.
Tun-Pin, C., Keng-Soon, W. C., Yen-San, Y., Pui-Yee, C., Hong-Leong, J. T., & Shwu-Shing, N. (2019). Malaysia, An Adoption Of Fintech Service In. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 18(5), 1–12.
Vahdat, A., Alizadeh, A., & Quach, S. (2020). Would you like to Shop via Mobile App Technology? The Technology Acceptance Model, Social Factors and Purchase Intention. Australasian Marketing Journal (AMJ), 29(2), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.01.002
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425–478.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2016). Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A Synthesis and the Road Ahead. Journal of the Association for Information Systems, 17(5), 328–376.
Widianto, K. (2015). Kajian Penggunaan Software Zahir Accounting dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(1), 37–47.
Wonglimpiyarat, J. (2017). FinTech banking industry: a systemic approach. Foresight, 19(6), 550–560.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Diterbitkan
2025-01-24