KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI SOCIAL MEDIA MARKETING, VIRAL MARKETING SERTA BRAND AWARENESS PADA PRODUK CAMILLE BEAUTY
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, viral marketing, serta brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Camille Beauty . Metodologi penelitian ini didasari oleh pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana populasinya meliputi seluruh pengguna produk skincare Camille Beauty di Sidoarjo, dan sampel yang diambil 100 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling , dengan demografi berupa pria dan wanita berusia di atas 17 tahun yang pernah membeli produk Camille Beauty di platform TikTokShop. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan skala Likert digunakan untuk mengukur jawaban. Analisis data dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0 . Hasil penelitian membuktikan bahwa social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Camille Beauty di Sidoarjo, viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Camille Beauty di Sidoarjo, dan brand awareness mempengaruhi keputusan pembelian pada produk Camille Beauty di Sidoarjo.
References
Aprianti, Wina, Kartika Imasari Tjiptodjojo,. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 1275–1282. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/
Apriliani, Nadea, Sri Ekowati,. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Brand Awareness Dan Komunikasi Pemasaran (Viral Marketing) Di Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(2). http://www.jurnal.umb.ac.id/
Ariadi, Akbar, Meina Wulansari Yusniar, Ahmad Rifani,. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(3), 202–298. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jwm.v7i3.58 https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/download/58/52/215
Astuti Ni Luh Gde Sari Dewi, I Gde Dirga Surya Arya Widhyadanta, Retno Juwita Sari,. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 897–910. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/download/76145/41665
Bhattacharya Saumik, Kumar Gaurav, Sayantari Ghosh,. (2019). Viral marketing on social networks: An epidemiological perspective. Physica A: Statistical Mechanics and Its Applications, https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378437119302274
Cahyani Gita, Pramitha Aulia,. (2023). Pengaruh Konten Marketing Media Sosial Tiktok Terhadapj KeputusanjPembelian Produk Masker Camille Beauty (Studi Kasus Pada Konsumen Camille Beauty dijKota Bandung). Jurnal Mirai Management, 08(01), 495–501. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/3871/2527
Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Munizu, M. (2023). Pemasaran Digital (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0) (S. Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://dirdosen.budiluhur.ac.id/0303129201/BookChapter_Digital_Marketing.pdf
Fadjarajani, Siti, Rosali, Ely Satiyasih, Patimah, S., Liriwati, Fahrina Yustiasari, Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., Pinem, R. J., Harini, H., Sudirman, A., Ramlan, Falimu, Safriadi, Nurdiyani, N., Lamangida, T., Butarbutar, M., Wati, N. M. N., Rahmat, A., Citriadin, Y., … Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner (A. Rahmat (ed.); Februari 2). Ideas Publishing. http://www.ideaspublishing.co.id/
Fauzan Rusydi, Rosnaini, D., Frans, S., Soputra, J. H., Madrianah, Madrianah, Waworuntu Alexander, Widarman, A., Verawaty, Hasniaty, Verawaty, Hasniaty, & Kezia, R. T. (2023). Produk Dan Merek, (Fachrurazi (ed.); Mei 2023). PT. Global Eksekutif Teknologi. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2991/891%20%20PRODUK%20DAN%20MEREK.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Fauzy, Akhmad. (2019). Metode Sampling (Canty, Arryta (ed.); Edisi Kedu). Universitas Terbuka. https://pak.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/B1-Buku-1-ok_Metode-Sampling.pdf
Firmansyah, & Anang M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy) (Q. Media (ed.); 2019th ed.). Qiara Media. http://qiaramediapartner.blogspot.com/
Garalka, Darmanah,. (2019). Metodologi Penelitian (Tim Hira Tech (ed.); Januari 20). CV. Hira Tech. http://qiaramediapartner.blogspot.com/
Hamid, Rahmad Solling, & Anwar, Suhardi M. (2019). Structural Equation Modeling (Sem) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (A. S. Nurdiyanti & A. D. Raksanagara (eds.); Juni 2019). PT Inkubator Penulis Indonesia. https://lib-pasca.unpak.ac.id/index.php?p=fstream&fid=2891&bid=14946
Hanaysha Jalal Rajeh. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 02. www.elsevier.com/locate/jjimei
Hapsari, Indri, Hairudin Bugis, Irelda Sari Syaranamual, Usman, Siti Nurkhalisa,. (2024). Peran E-Wom Memediasi Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Jafra Cosmetics Internasional Di Kota Kendari. Journal Publico, 7(1), 193–203. https://doi.org/https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.349 https://journalpublicuho.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/349/223
Hardisman. (2021). Analisis Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM) (Nur Ridwan & Bintang W Putra (eds.); Cetakan Pe). Bintang Pustaka Madani. https://perpuskita.perpustakaandigital.com/read/49692?fr=mobile
Haryanto, Totok, & Siti Nur Azizah. (2021). Pengantar Praktis Pemasaran Digital (T. Haryanto (ed.)). UM Purwokerto Press. https://digitallibrary.ump.ac.id/1138/2/Full%20Text.pdf
Hidayati, Fitriana Nurul, Dewi Komala Sari, & Misti Hariasih. (2024). Dampak Content Marketing , E-Service Quality , Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Barenbliss Pada E-Commerce Shopee Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 185–194. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/22032/6779
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN%20DAN%20KEPUASAN%20PELANGGAN.pdf
Indriastuti Herning, Robiansyah. (2023). Digital Marketing (S. Zainurossalamia (ed.); Pertama, J). CV Bakti Semesta Publisher. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/53796/6.%20Digital%20Marketing%202023.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, D. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen (U. Taufik (ed.); Februari 2). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/335466-perilaku-konsumen-2b933b4d.pdf
Jovanka Anistasya, Fauji Robby Sihabudin,. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Jovanbeauty Karawang,. Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 7. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/10754/6506
Madani, Yamul Furqaan Al, Dewi Komala Sari,. (2022). Mengembangkan Digital Marketing, Citra Merek dan Brand Awaraness untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Tas pada Pusat Grosir Tas Tanggulangin Sidoarjo. Computers in Human Behavior, 1(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/innovative.v1i1 https://innovative.pubmedia.id/index.php/Innovative/article/view/80/123
Majid, I. A., & Pebrianggara, A. (2024). The Effect of Social Media Marketing , Price , and Lifestyle on Purchasing Decision at Wizzmie Pengaruh Social Media Marketing , Harga , dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wizzmie. UMSIDA Preprints Server, 1–11. https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/6386/45788.
Mega Aprilia, D., Maya, H., Sari, K., & Sukmono, R. A. (2024). Development Of Lifestyle, Brand Awareness And Social Media Marketing On Erigo Brand Purchase Decisions [Perkembangan Lifestyle Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Brand Erigo]. Umsida, 1, 1–16. https://sdgs.unorg/goals.
Meredith Alda. (2024). Skincare - Indonesia. https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/skin-care/indonesia
Musnaini, Suherman, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawati. (2020). Digital Marketing (H. Briliant, Retnani Nur, Aulia (ed.); Pertama, 2). CV. Pena Persada. https://www.researchgate.net/profile/Hadion-Wijoyo/publication/344163047_DIGITAL_MARKETING/links/5f5752b7458515e96d390f6f/DIGITAL-MARKETING.pdf
Mustikasari Ati, Sri Widaningsih,. (2019). The Influence of Viral Marketing toward Brand Awareness and Purchase Decision. International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 65. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Musyaffi, Ayatulloh Michael, Hera, Khairunnisa, & Dwi, Kismayanti Respati. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) (Putri, Della Anastiya (ed.)). Pascal Books. https://books.google.com/books/about/KONSEP_DASAR_STRUCTURAL_EQUATION_MODEL_P.html?hl=id&id=KXpjEAAAQBAJ
Ngatno. (2017). Analisis Data Penelitian Dengan Program GESCA (Cetakan Pe). Undip Press Semarang. https://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/5610/1/BUKU%20Monograf%20GeSCA.pdf
Norma Desta Mila, Dewi Komala Sari, L. I. (2023). Perilaku Konsumen: Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit di Sidoarjo. The Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.932 https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/932/6523
Noviyana, Syntha, Mella Sri Kancanawati, Reni Anggraini, & Laras Ayu Irene Gayatri. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word Of Mouth, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusanpembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 906–912. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/794/577
Putri, Debi Eka, Sudirman, Acal, Sudirman, Acal, Sudirman, Suganda, Asep Dadan, Kartika, Riana Dewi, Martini, Erni, Martini, Susilowati, Heni, Bambang, Trenggana, Arlin Ferlina, Mochammadd, Zulfikar, Rizka, Putri Debi Eka, Sudirman Acal, Suganda Asep Dadan, Kartika Riana Dewi, Martini Erni, Susilowati Heni, Bambang, Ferlina Arlin, Trenggana Mochamad, Zulfikar Rizka, Handayani Tati, Kusuma Gusti Putu Eka, Triwardhani Diana, Rini Neneng Kartika, Pertiwi Widya, Kusuma, Gusti Putu Eka, Triwardhani, Diana, Rini, Neneng Kartika, Pertiwi, Widya Nur Bhakti, & Roslan, Astil Harli. (2021). Brand Marketing (U. Taufik & A. A. R (eds.); Cetakan Pe). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/348814-brand-marketing-62494da0.pdf
Rabbani, Burhanuddin, D., Diwyarthi, N. D. M. S., Muliyati, A, M. U., Hadawiah, Sari, Y. P., Sukrin, Haryanti, I., Santoso, M. H., Ardani, W., & Salehan. (2022). Komunikasi Pemasaran (M. Silalahi (ed.)). PT. Global Eksekutif Teknologi. http://repo.ppb.ac.id/286/1/E%20Book%20Komunikasi%20Pemasaran%20Des%202022_compressed.pdf
Rahadi, Dedi Rianto,. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (Wijonarko (ed.); Juli 2023). Lentara Ilmu Madani. https://id.scribd.com/document/662502425/Pengatar-Partial-Least-Square-Strctural-Equation-Model-PLS-SEM
Rahim, Rani, Sa’odah, Tiring, S. S. N. ., Asmari, Fitriyah, L. A., Dewi, M. S., R, I. H., Ferawati, Mutia, Pamungkas, M. D., Sutrisno, E., Wulandari, H., Trimurtini, & Wicaksono, A. B. (2021). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik) (E. Santoso (ed.); April 2021). Rumah Cemerlang Indonesia. https://eprints.unhasy.ac.id/199/17/Bookchapter%20ISBN%20Metodologi%20Penelitian.pdf
Ramadayanti, Firda. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 78–83. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Ramadhani, D. I., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Social Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 520–536. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2900 https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2900
Rimbasari Ana, Rina EkaWidjayanti. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2). https://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304 https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/15304/pdf
Salsabila, Dewi Komala Sari,. (2023). Pengaruh Brand Trust, Brand Awareness Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Flicka Bags Sidoarjo(Studi pada Pelanggan Flicka bags di Sidoarjo). UMSIDA Preprints. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.995 https://archive.umsida.ac.id/index.php/archive/preprint/view/995
Sarah Kania Siti, Ratih Hurriyati, Heny Hendrayati,. (2021). Analisis Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Clothing Linkswear. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(03), 412–428. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i3.4877 https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4877
Setiyadi Indiyatno Nur, Agus Rahman Alamsyah, Ike Kusdyah Rachmawati. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Social Media Marketing, E-Wom, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Alzena Di Kabupaten Pati. Jurnal Manajemen, 8(2), 122–136. http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Sitorus, Onny Fitriana, & Novelia Utami. (2017). Strategi Promosi Pemasaran, (September). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/7923/1/BUKU%20AJAR_STRATEGI%20PROMOSI%20PEMASARAN.pdf
Sudirman, Indrianty, Musa, Muhammad Ichwan,. (2023). Strategi Pemasaran (Ansor (ed.)). INTELEKTUAL KARYA NUSANTARA. Strategi Pemasaran | Prof. Dr. Indrianty Sudirman, S.E., M.Si. & Muhammad Ichwan Musa, S.E., M.Si. | download on Z-Library
Tanuwijaya Jessica, Rachman Mulyandi. (2024). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5). https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8 https://sosains.greenvest.co.id/index.php/sosains/article/view/81/918
Tridiwianti, Fidia, & Harti. (2020). Pengaruh Green Product Awareness Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 9(1), 1104–1110. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3495987
Wati, Andy Prasetyo, Martha, Jefry Aulia, & Indrawati, Aniek. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska (ed.); Cetakan pe). Edulitera. https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf
Welsa Henny, Putri Dwi Cahyani, Muhammad Alfian,. (2022). Pengaruh online customer review, social media marketing dan kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online melalui marketplace. Jurnal Manajemen, 14(2), 416–424. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2838158
Werdayanti Andaru. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Camille Beauty. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 79–92. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/2589
Widodo, Slamet, Ladyani, Festy, Asrianto, La Ode, Rusdi, Ns, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (S. Sudirman (ed.);Januari20).CVScienceTechnoDirect.https://repository.binawan.ac.d/3303/1/Buku%20Ajar%20Metode%20Penelitian%20Full_compressed%20Highlighted.pdf
Zusrony, Edwin. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. (R. A. Kusumajaya (ed.)). YayasanPrimaAgusTeknik.https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/203/227
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.