PENGARUH BAURAN PEMASARAN, DIGITAL MARKETING DAN DIRECT SELLING DI TOKO CINDY JAYA FURNITURE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Cindy Cindy Universitas Bandar Lampung
  • Ni Putu Widhia Rahayu Universitas Bandar Lampung

Abstract

Toko Cindy Jaya Furniture terkadang memiliki kendala dalam proses pemasaran sehingga penjualan belum maximal. Dibutuhkan strategi yang sesuai, untuk bersiang dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk meningkatkan penjualan dan kompetisi di pasaran dibutuhkan strategi bauran pemasaran yang baik melalui digital marketing dan direct selling yang akan membuat konsumen lebih yakin, sehingga dapat menjadi pengaruh yang signifikan untuk konsumen mengambil keputusan pembelian suatu produk atau jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling berpengaruh pada keputusan pembelian di Toko Cindy Jaya Furniture. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penjualan di Toko Cindy Jaya Furniture, terhadap sample berupa probability sampling pada Toko Cindy Jaya Furniture, instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan study literatur. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel bebas (X) yaitu bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling terhadap variabel terikat (Y) berupa keputusan pembelian.

            Pengelolahan data dalam penelitian dikumpulkan menggunakan software SPSS 26.0 for mac. Pada penelitian pengaruh bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling apakah berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Cindy Jaya Furniture. Menggunakan data instrument kuesioner yang telah dilakukan pengolahan data dengan software SPSS 26.0 diketahui data penelitian ini valid dan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji T, uji F dan uji koefesien determinasi (R2). Dengan hasil uji T pada bauran pemasaran, digital marketingdan direct selling Thitung > Ttabel yaitu 17.04>1.98260, 13.691>1.98260, 17.662>1.98260. Hasil uji Fhitung > Ftabel yaitu 313.446>3.08, 187.445>3.08, 313.931>3.08. Dan Hasil Uji koefesien determinasi (R2) sebesar 0.773, artinya pengaruh variabel bebas (X) yaitu bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling terhadap variabel terikat (Y) keputusan pembelian sebesar 77.3% dengan 22.7% merupakan beberapa faktor yang memiliki pengaruh tetapi tidak dibahas dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat dikesimpulan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan direct selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini terdapat beberapa saran dari penulis untuk Toko Cindy Jaya Furniture yaitu pada bauran pemasaran toko cindy jaya furniture memiliki lokasi yang kurang strategis sehingga sulit dijangkau oleh kansumen. Pada digital marketing terdapat kekurangan dalam komunikasi seperti promosi yang kurang terperinci dan belum efektif. Dan pada direct selling terdapat kekurangan yaitu kurangnya kelengkapan produk yang di tampilkan untuk di display.

References

Alma. (2017). Pengertian Manajemen Pemasaran. Maulya Alfika.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggriany, N. (2024). Analisis Promosi Offline yang Dimediasi Insentif Aktivitas Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Analysis of Offline Promotion Mediated by Marketing Activity Incentives on Purchasing Decisions.
Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.
Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31311/JECO.V1I2.1332
Fajriati, N. (2022). Pengaruh bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Handpone Pada Konter Halup Cell. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Faustina, S., & Maryati, D. E. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Grosir. Bisnis Digital Dan Kewirausahaan (MEKANISDA), 1(1), 32–38. https://ejurnal.mitrakreasicendekia.com/index.php/mekanisda/
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). 309.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/376/345
Hakim, M., & Rahayu, S. R. (2022). Pengaruh Direcrt Selling dan Digital Marketing, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Part Cikal Motor Bandar Lampung). Braz Dent J., 33(1), 1–8.
Hasan. (2013). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/direct-marketing/
Kolter, P., & Amstorng, G. (2014). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/direct-marketing/
Kolter, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. https://opaclib.inaba.ac.id/index.php?p=show_detail=3127
Kolter, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019a). Marketing Managament. https://books.google.com.sg/books?id=_-2hDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&g&f=false
Kolter, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019b). Marketing Management. https://books.google.com.so/books?id=_-2hDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&g&f=false
Kurniawan, W. (2021). Pengaruh Online Marketing Dan Direct Selling Terhadap Minat Beli Produk Fort.Id. Performa, 6(2), 143–151. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2074
Lalamove, 9 Faktor yang Mempengaruhi keputusan Konsumen Dalam Membeli. (2023). No. LALAMOVE.
LSPR, N. (2023). Digital Marketing: Pengertian dan Prospek Karirnya. https://www.ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/download/329/195
Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2022). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, TEORI ANTRIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 38–57. https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i3.44
Mailchimp. (2024). Digital Marketing. https://mailchimp.com/marketing-glossary/digital-marketing/
Mallik, D. M. A., & Rao, S. N. (2017). Impact of Digital Marketing on Youth Buying Behavior at Big Bazaar in Udupi. International Journal of Advance and Innovative Research, 3(08), 78–87. www.ijirst.org
Mardiastuti, A. (2022). Digital Marketing Funnel: Pengertian, Tahapan, dan Strateginya. Detikfinance.Com. https://finance.detik.com/solusikm/d-6313619/digital-marketing-funnel-pengertian-tahapan-dan-starateginya
Nuraeni, N. (2021). Pengaruh Personal Selling, Digital Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal Melia Propolis Pada Pt. Melia Sehat Sejahtera Di Jakarta. Journal of Islamic Business Management Studies, 2(2), 115–123.
Prasetio, R., & Laturette, K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito Tour & Travel. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 335–341.
Purbohastuti, A. W. (2021). EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET. 1–17. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783
Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran the Centrum Bandung. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 973. https://doi.org/10.17509/thej.v6i1.2008
Purnamasari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7
Rachmad, A., Yochsnsn, Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rd. In Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rd.
Rahayu, N. P. W. (2022). Peran Moderasi Reputasi Dan Tingkat Esehatan Bank Serta Mediasi Kepercayaan Dalam Niat Transaksi Ulang Nasabah Bank Di Indonesia. 133.
Rahayu, N. P. W., & Budiana, I. G. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pakaian Distro di Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 8(2), 730–739. https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2386
Rahayu, N. P. W., & Cahyani, N. L. P. C. D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lampung Beauty Care. Jurnal Manajemen, 17(2), 15–45.
Revita, T. (2022). Bauran Pemasaran: Pengertian, Strategi dan Contoh Penerapannya. https://dailysosial.id/amp/post/bauran-pemasaran
Salsabiila, D., & Pardian, P. (2023). Mimbar Agribisnis: THE EFFECT OF DIRECT SELLING MARKETING ON CONSUMER BUYING INTEREST IN THE GENERAL TRADE SEGMENT AT PT XYZ. Juli, 2023(2), 1719–1733.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6esNEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dg=perilaku+konsumen+sangadji+sopiah&ots=4wplYLSnQ5&sig=G6AlgS4ChQDO-kfo628iXvlnt8
Sekaran, U., & Bougie, R. (2014). Research Methods for Business. Jhon Wiley & Sons Ltd. Academic Journal Bangkokthonburi University, 2(2), 203–206.
Stickearn. (2024). Direct Selling: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat untuk Bisnis. https://stickearn.com/insights/blog/direct-selling
Subagyo, H. W., & Safitri, Y. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Online Busana Muslim Di Industri Nanad Hijab Cibinong Bogor. Economicus, 13(2), 178–188. https://doi.org/10.47860/economicus.v13i2.176
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Tjiptono. (2015). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian Edisi Terbaru. https://books.google.co.id/books/about/Pemasaran_Jasa_Prinsip_Penerapan_daan_Pen.htm?id=FJrwzwEACAAJ&redir_esc=y
Trisnawati, N., & Nugraha, N. A. (2024). Pengaruh Direct Marketing, Personal Selling, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Alat Kesehatan di PT Satria Kencana Medika Bekasi. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 102–106. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3287
Utami, A. P. (2016). the Effects of the Marketing Mix on the Cunsumers’ Decisions To Buy At the Minimarket of Kopma of Yogyakarta State University. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(6), 469–476.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Wijiastuti, R. D., & Hamzah, I. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Umum di PT. Askrindo Cabang Sorong. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(2), 191–204. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i2.745
Published
2025-01-10
How to Cite
Cindy, C., & Rahayu, N. (2025). PENGARUH BAURAN PEMASARAN, DIGITAL MARKETING DAN DIRECT SELLING DI TOKO CINDY JAYA FURNITURE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 123-144. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4879
Section
Articles