PENGARUH BAURAN PEMASARAN, DIGITAL MARKETING DAN DIRECT SELLING DI TOKO CINDY JAYA FURNITURE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Cindy Cindy Universitas Bandar Lampung
  • Ni Putu Widhia Rahayu Universitas Bandar Lampung
  • Iskandar Ali Alam Universitas Bandar Lampung

Abstract

Toko Cindy Jaya Furniture memiliki kesulitan dalam proses pemasaran dan penjualan yang belum maksimal. Dibutuhkan strategi yang sesuai, untuk persaingan di pasaran yang semakin ketat. Strategi bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling dibutuhkan untuk meyakinkan konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling terhadap keputusan pembelian di Toko Cindy Jaya Furniture. Penelitian ini memakai teknik kuantitatif dengan populasi penjualan di Toko Cindy Jaya Furniture, terhadap sample berupa probability sampling pada Toko Cindy Jaya Furniture. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sample berupa probability sampling dari populasi, instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan study literatur. Penelitian ini memiliki tiga variabel bebas (X) bauran pemasaran, digital marketing dan direct selling serta variabel terikat (Y) keputusan pembelian.

Software yang digunakan SPSS 26.0, Mendeley dan Microsoft Excel for mac. Hasil uji menggunakan SPSS dengan uji validitas, uji realibilitas, uji hipotesis dan uji koefesien deteriminasi (R2) pada bauran pemasaran, digital marketing, dan direct selling terhadap keputusan pembelian. Dapat dibuat kesimpulan bahwa bauran pemasaran, digital marketing, dan direct selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penulis memiliki saran untuk Toko Cindy Jaya Furniture yaitu toko yang tidak terlalu strategis (bauran pemasaran), komunikasi promosi yang kurang terperinci dan belum efektif (digital marketing), dan kurangnya kelengkapan produk yang ditampilkan di display (direct selling).

References

Alma. (2017). Pengertian Manajemen Pemasaran. Maulya Alfika.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggriany, N. (2024). Analisis Promosi Offline yang Dimediasi Insentif Aktivitas Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Analysis of Offline Promotion Mediated by Marketing Activity Incentives on Purchasing Decisions.
Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.
Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31311/JECO.V1I2.1332
Fajriati, N. (2022). Pengaruh bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Handpone Pada Konter Halup Cell. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Faustina, S., & Maryati, D. E. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Grosir. Bisnis Digital Dan Kewirausahaan (MEKANISDA), 1(1), 32–38. https://ejurnal.mitrakreasicendekia.com/index.php/mekanisda/
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). 309.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/376/345
Hakim, M., & Rahayu, S. R. (2022). Pengaruh Direcrt Selling dan Digital Marketing, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Part Cikal Motor Bandar Lampung). Braz Dent J., 33(1), 1–8.
Hasan. (2013). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/direct-marketing/
Kolter, P., & Amstorng, G. (2014). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/direct-marketing/
Kolter, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. https://opaclib.inaba.ac.id/index.php?p=show_detail=3127
Kolter, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019a). Marketing Managament. https://books.google.com.sg/books?id=_-2hDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&g&f=false
Kolter, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019b). Marketing Management. https://books.google.com.so/books?id=_-2hDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&g&f=false
Kurniawan, W. (2021). Pengaruh Online Marketing Dan Direct Selling Terhadap Minat Beli Produk Fort.Id. Performa, 6(2), 143–151. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2074
Lalamove, 9 Faktor yang Mempengaruhi keputusan Konsumen Dalam Membeli. (2023). No. LALAMOVE.
LSPR, N. (2023). Digital Marketing: Pengertian dan Prospek Karirnya. https://www.ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/download/329/195
Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2022). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, TEORI ANTRIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 38–57. https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i3.44
Mailchimp. (2024). Digital Marketing. https://mailchimp.com/marketing-glossary/digital-marketing/
Mallik, D. M. A., & Rao, S. N. (2017). Impact of Digital Marketing on Youth Buying Behavior at Big Bazaar in Udupi. International Journal of Advance and Innovative Research, 3(08), 78–87. www.ijirst.org
Mardiastuti, A. (2022). Digital Marketing Funnel: Pengertian, Tahapan, dan Strateginya. Detikfinance.Com. https://finance.detik.com/solusikm/d-6313619/digital-marketing-funnel-pengertian-tahapan-dan-starateginya
Nuraeni, N. (2021). Pengaruh Personal Selling, Digital Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal Melia Propolis Pada Pt. Melia Sehat Sejahtera Di Jakarta. Journal of Islamic Business Management Studies, 2(2), 115–123.
Prasetio, R., & Laturette, K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito Tour & Travel. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 335–341.
Purbohastuti, A. W. (2021). EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET. 1–17. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783
Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran the Centrum Bandung. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 973. https://doi.org/10.17509/thej.v6i1.2008
Purnamasari, I., Anindita, R., & Setyowati, P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29(2), 57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7
Rachmad, A., Yochsnsn, Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rd. In Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rd.
Rahayu, N. P. W. (2022). Peran Moderasi Reputasi Dan Tingkat Esehatan Bank Serta Mediasi Kepercayaan Dalam Niat Transaksi Ulang Nasabah Bank Di Indonesia. 133.
Rahayu, N. P. W., & Budiana, I. G. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pakaian Distro di Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 8(2), 730–739. https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2386
Rahayu, N. P. W., & Cahyani, N. L. P. C. D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lampung Beauty Care. Jurnal Manajemen, 17(2), 15–45.
Revita, T. (2022). Bauran Pemasaran: Pengertian, Strategi dan Contoh Penerapannya. https://dailysosial.id/amp/post/bauran-pemasaran
Salsabiila, D., & Pardian, P. (2023). Mimbar Agribisnis: THE EFFECT OF DIRECT SELLING MARKETING ON CONSUMER BUYING INTEREST IN THE GENERAL TRADE SEGMENT AT PT XYZ. Juli, 2023(2), 1719–1733.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6esNEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dg=perilaku+konsumen+sangadji+sopiah&ots=4wplYLSnQ5&sig=G6AlgS4ChQDO-kfo628iXvlnt8
Sekaran, U., & Bougie, R. (2014). Research Methods for Business. Jhon Wiley & Sons Ltd. Academic Journal Bangkokthonburi University, 2(2), 203–206.
Stickearn. (2024). Direct Selling: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat untuk Bisnis. https://stickearn.com/insights/blog/direct-selling
Subagyo, H. W., & Safitri, Y. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Online Busana Muslim Di Industri Nanad Hijab Cibinong Bogor. Economicus, 13(2), 178–188. https://doi.org/10.47860/economicus.v13i2.176
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Tjiptono. (2015). Pengertian Direct Marketing: Bentuk, Media, Kelebihan, dan Kekurangannya.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian Edisi Terbaru. https://books.google.co.id/books/about/Pemasaran_Jasa_Prinsip_Penerapan_daan_Pen.htm?id=FJrwzwEACAAJ&redir_esc=y
Trisnawati, N., & Nugraha, N. A. (2024). Pengaruh Direct Marketing, Personal Selling, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Alat Kesehatan di PT Satria Kencana Medika Bekasi. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 102–106. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3287
Utami, A. P. (2016). the Effects of the Marketing Mix on the Cunsumers’ Decisions To Buy At the Minimarket of Kopma of Yogyakarta State University. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(6), 469–476.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Wijiastuti, R. D., & Hamzah, I. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Umum di PT. Askrindo Cabang Sorong. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(2), 191–204. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i2.745
Published
2025-01-10
How to Cite
Cindy, C., Rahayu, N., & Alam, I. A. (2025). PENGARUH BAURAN PEMASARAN, DIGITAL MARKETING DAN DIRECT SELLING DI TOKO CINDY JAYA FURNITURE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 123-144. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4879
Section
Articles