Masa Depan Sistem Pemasaran : Dampak Adanya Revolusi Industri 4.0
Abstract
Internet secara signifikan telah menyebabkan perubahan yang sangat besar dalam berbagai bidang tidak terkecuali di bidang perdagangan dan pemasaran. Beberapa aktivitas perdagangan dan pemasaran telah beralih dari sistim konvensional ke sistem yang kita kenal dengan nama e-commerce. Internet memberikan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya dengan cara yang hemat biaya dan praktis. Pemanfaatan Internet mencakup peningkatan arus informasi, produk baru dan layanan pelanggan, peningkatan ketersediaan, peningkatan transparansi pasar. Untuk merancang dan mengimplementasikan program e-marketing yang sukses, sejumlah teori, aplikasi, dan teknologi harus dianalisis dan dipahami dengan cermat. Pada artikel ini, peneliti akan mempertimbangkan cara pemasaran Internet terbaik untuk kesuksesan bisnis. Tujuan utama dari artikel ini adalah memahami dampak Internet pada area pemasaran yang berbeda seperti pengembangan produk dan penyediaan layanan, promosi, penetapan harga dan saluran distribusi. Dalam artikel itu ditunjukkan bahwa ketika produsen terhubung langsung dengan konsumen dan memperpendek saluran distribusi, ketidakefisienan dapat dihilangkan, waktu pengiriman produk dapat dikurangi, dan produsen dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Konsumen online mengharapkan sistem pemesanan dan pembayaran yang mudah, mudah dimengerti, dan aman. Pelanggan menginginkan jaminan bahwa pesanan akan segera dipenuhi. E-commerce menciptakan nilai bagi pelanggan dalam banyak hal. Pelanggan diperlakukan sebagai pasar satu. Mereka dapat mengakses beragam produk, seringkali dengan harga lebih murah. Studi ini menunjukkan bahwa bisnis harus memberi perhatian khusus pada dampak Internet dan penggunaannya dalam pemasaran agar berhasil dan menguntungkan.
References
Agwu, M. E., & Murray, J. P. (2015). Empirical study of barriers to electronic commerce adoption by small and medium scale businesses in Nigeria. International Journal of Innovation in the Digital Economy,, 6(2), 1-19.
Allen, E., & Fjermestad, J. (2001). E‐commerce marketing strategies: an integrated framework and case analysis. Logistics information management.
Bhattacherjee, A. (2001). An empirical analysis of the antecedents of electronic commerce service continuance. Decision support systems, 32(2), 201-214.
Brassington, F., & Petitt, S. (2005). Principles of marketing. London, NY: FT Prentice Hall.
Cho, S., Byun, J. H., & Sung, M. (2003). Impact of the high‐speed Internet on user behaviors: case study in Korea. Internet Research.
Gupta, P., & Harris, J. (2010). How e-WOM recommendations influence product consideration and quality of choice: A motivation to process information perspective. Journal of Business Research, 63(9-10), 1041-1049.
Harindranath, G., Dyerson, R., & Barnes, D. (2008). ICT adoption and use in UK SMEs: a failure of initiatives?. Electronic journal of information systems evaluation, 11(2).
Jones, P., Packham, G., Beckinsale, M., Nguyen, T. H., & Waring, T. S. (2013). The adoption of customer relationship management (CRM) technology in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development.
Kalla, N., & Gupta, V. (2010). Online Marketing: A Strategic Approach. Lachoo Management Journal, 1(1), 35.
Krishnamurthy, S. (2002). E-commerce management: Text and cases. South-Western Thomson Learning.
Liu, X., & Wei, K. K. (2003). An empirical study of product differences in consumers’ E-commerce adoption behavior. Electronic Commerce Research and Applications, 2(3), 229-239.
Mahajan, V., & Venkatesh, R. (2000). Marketing modeling for e-business. International Journal of Research in Marketing, 17(2-3), 215-225.
Pires, G. D., & Aisbett, J. (2003). The relationship between technology adoption and strategy in business-to-business markets: the case of e-commerce. Industrial Marketing Management, 32(4), 291-300.
Ramahi, W. (2011). E-Marketing-Industrial Products Internet Marketing-Research Paper. Available at SSRN 1869965.
Sharma, A. (2002). Trends in Internet-based business-to-business marketing. Industrial marketing management, 31(2), 77-84.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.