PENGARUH INFLUENCER MARKETING, VIRAL MARKETING, DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Influencer Marketing, Viral Marketing, dan Diskon Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Ecommerce Shopee pada Mahasiswa Manajemen di Universitas PGRI Argopuro Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Manajemen Universitas PGRI Argoipuro Jember berjumlah sebanyak 68 responden. Data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji keabsahan data, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi r2, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer Marketing, dan Diskon Harga berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan viral Marketing tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. sedangkan, Influencer Marketing, Viral Marketing, dan Diskon Harga berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian.
References
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.Brown, D., & Fiorella, S. (2013). Influencer Marketing: Who Really Influences Your Customers? Que Publishing.
Chen, S. F. (2011). The impact of online discounts and promotions on consumer purchase decisions. Journal of Internet Commerce, 10(4), 337-349.
Darley, W. K., & Blankson, C. (2022). Understanding the consumer decision-making process in the digital age: A conceptual framework. Journal of Business Research, 139, 127-139.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanti, Novi Tri, and Alexander Wirapraja. 2018. 15 PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR).Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance. Business Horizons, 54(3), 253-263.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance. Business Horizons, 54(3), 253-263.
Kim, J., & Park, J. (2022). The effect of price discounts and store types on consumer purchase intention in online shopping: The role of perceived risk and price sensitivity. Journal of Retailing and Consumer Services, 66, 102935.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
M, Sudha, and Sheena K. 2017. “Impact of Influencers in Consumer Decision Process: The Fashion Industry.” SCMS Journal of Indian Management: 14–30.
Machfoedz, M. (2015). Kewirausahaan: Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.
Solis, Brian, and Alan Webber. 2012. “The Rise of Digital Influence.” Group.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Xu, Q., & Lee, Y. (2023). The impact of online consumer reviews on purchase decisions: The moderating role of review quality and product type. Journal of Retailing and Consumer Services, 71, 103191
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.