KEPUTUSAN BERKUNJUNG KAMPUNG WISATA CAPING PONTIANAK

  • Arweni Arweni Universitas Panca Bhakti, Pontianak
  • Ricola Dewi Rawa Universitas Panca Bhakti, Pontianak
  • Nur Hidayat Universitas Panca Bhakti, Pontianak

Abstract

Kampung Wisata Caping, yang terletak di Mendawai, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, awalnya dikenal sebagai kawasan kumuh perkotaan, kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata baru yang berbasis pada budaya dan kearifan lokal, dengan menonjolkan keunikan produk caping sebagai daya tarik utamanya. Kegiatan berbagi pengalaman melalui media daring merupakan bentuk Electronic Word of Mouth (e-WOM), di mana masyarakat memiliki hobi berwisata cenderung menggunakan platform media sosial, sehingga hal ini berkontribusi pada pengembangan pemasaran pariwisata. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis daya tarik yang ada di Kampung Wisata Caping dan bagaimana e-WOM dapat memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Populasi dalam kajian ini adalah masyarakat Kota Pontianak, dan teknik pengambilan sampelnya adalah nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling, dengan kriteria sampel adalah masyarakat yang telah mengunjungi Kampung Wisata Caping Pontianak. Jumlah sampel dalam kajian ini mencapai 108. Hasil kajian menunjukkan bahwa daya tarik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan untuk berkunjung, dan e-WOM juga memberikan dampak yang signifikan ke keputusan tersebut.

 

References

Ayu Desy Trisnadewi Darmawan, P., Ngurah Suyatna Yasa, P., Made Wahyuni, N., & Goldina Puteri Dewi, K. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bi snis PENGARUH ELEKTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis , 7(1), 89–100. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Daulay, Sariana Hollandita Prima Putri, Emrizal, Tondang, B. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Creative Agung, 12, 21–31.
Fanizar, E., & Asnur, L. (2022). Persepsi Pengunjung tentang Daya Tarik Wisata Bukit Tambun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(1), 117–122. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.38652
Firdaus, P. K. (2020). Electronic word of mouth industri pariwisata Surabaya (Analisis isi ulasan Google Review berdasarkan dimensi E-wom Jeong & jang). Commercium, 3(2), 01–11.
Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Hurriyati, R. (2015). An Analysis of Place Branding to Enhance the Image of Bandung City and its Implications toward the Decisions to Visit Tourism Destination. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 8(1), 99–114.
Jeong, E. H., & Jang, S. C. S. (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005
Karagöz, D., Aktaş, S. G., & Kantar, Y. M. (2022). Spatial analysis of the relationship between tourist attractions and tourist flows in Turkey. European Journal of Tourism Research, 31(2022), 1–19. https://doi.org/10.54055/ejtr.v31i.2745
Kim, E., Sung, Y., & Kang, H. (2014). Brand followers’ retweeting behavior on Twitter: How brand relationships influence brand electronic word-of-mouth. Computers in Human Behavior, 37, 18–25. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.020
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. http://www.pearsonmylabandmastering.com
Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513.
nuraeni, bellinda sofia. (2014). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 1–20. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/14113
Octafian, R., Putri, J. A., Putra, D. T., Khoiri, G. A., Alnilam, A. A., & Putra, M. A. (2023). Pengaruh E-WOM Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kota Lama Semarang of Mouth ( e-WOM ). E-Wom adalah opini positif dan negatif yang disampaikan oleh pelanggan mengenai pendapat suatu layanan ataupun brang , yang terjadi seca. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(2).
Poli, P. Y. C., Lapian, S. L. H. V. J., & Loindong, S. S. R. (2023). The Effect of Tourism Attraction and Facilities on The Decision to Visit Intourist Object Kasih Kanonang Hill. The Effect of Tourism Attraction and Facilities on the Decision To Visit Intourist Object Kasih , 11(1), 821–832.
Prameswari, i gusti ayu diah meylanna, & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh E-WOM terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Objek Wisata Bali Zoo Park). E-Proceeding of Management, 8(4), 3202–3209.
Priatmoko, setiawan. (2017). Pengaruh Atraksi, Mediasosial, Dan Infrastruktur Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Khasanah Ilmu, 8(1), 72–82.
R, B., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Dinamika Kepariwisataan, XI(2), 1–12.
Rizki, D., & Sunarti, M. M. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 55(1), 196–203.
Setianingsih, P. W., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengunjung Pasar Pundensari Wilayah Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5, 1–13.
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185
Wibawanto Program Studi Manajemen, S. S., & Putra Bangsa, S. (n.d.). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH( EWOM) DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Pada Geopark Karangsambung Kabupaten Kebumen).
Wisata, D. T., & Online, P. (2021). jurnal_umb,+Journal+manager,+Angga. 2(2), 273–292.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-12-11
How to Cite
Arweni, A., Rawa, R., & Hidayat, N. (2024). KEPUTUSAN BERKUNJUNG KAMPUNG WISATA CAPING PONTIANAK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 2422-2433. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4776