PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF CELEBRITY ENDORSER DI PLATFORM DIGITAL TERHADAP CITRA MEREK PRODUK WARDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi persuasif celebrity endorser terhadap citra merek produk Wardah. Komunikasi persuasif di platform digital memiliki kemampuan untuk membentuk opini melalui kampanye sosial dan pesan persuasif. Media sosial telah mengubah cara manusia berinteraksi, membentuk pandangan, dan mempengaruhi perilaku.. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang merupakan konsumen produk Wardah dengan jumlah sampel 138. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana serta analisis korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh celebrity endorser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Hal ini berarti bahwa penggunaan celebrity endorser yang tepat dapat meningkatkan persepsi positif konsumen terhadap merek Wardah. Selain itu hasil analisis korelasi menunjukkan ada hubungan bermakna antar komunikasi persuasive dengan citra merek produk Wardah.
References
Afandi, Afandi, Jimmy Prawira Samudra, Sherley Sherley, Veren Veren, and Wisely Liang. "Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z."Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial 5, no. 1 (2021): 15-28.
Albert, N., Ambroise, L., Valette-Florence, P. (2017). Consumer, brand, celebrity: Which congruency produces effective celebrity endorsements? Journal of Business Research, 81, 96-106.
Bailey, Simon, Milliga, A (2019) On Branding: Dampak Digital Terhadap Merek, Jakarta: BIP Gramedia
Baethge, C., Klier, J., & Klier, M. (2016). Social commerce—state-of-the-art and future research directions. Electronic Markets, 26(3), 269–290
Bhatm S, Chakraborty, U (2018), Credibility of online reviews and its impact on brand image, Management Research Review Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borges-Tiago, M.T., Tiago, F., Veríssimo, J.M. and Silva, T. (2019), "A brand-new world: brand-endorsers-users fit on social media", Academia Revista Latinoamericana de Administración, Vol. 32 No. 4, pp. 472-486. https://doi.org/10.1108/ARLA-02-2019-0047
Chi‐Cheng Luan, Kuo‐Liang Chen, Chi‐Yu Ko, Po‐Min Lin, The Anh Phan (2024), Effects of finance knowledge influencer qualities on investment willingness and the moderation of followers' risk tolerance », Journal of Consumer Behaviour
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Pamulang - Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ha, S, Huang, R, Parak, S, J., (2019), Persuasive brand messages in social media: A mental imagery processing perspective, Consumer Services Volume 48, May 2019, Pages 41-49
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran, 13th Edition, Vol. 2. Jakarta: Erlangga.
Oscar, Y., & Keni, K.(2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300
Page, M, Croampton, P, Rich, a (2020), Teaching medical professionalism: a qualitative exploration of persuasive communication as an educational strategy, BMC Medical Education 20(1):74
Rachmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmatin, Tina (2017), Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle The Reference E-PEN, VOL 1 NO 1 (2017) DOI 10.34010/COMMON.V1I1.248
Ramdani, Gugi M. P. (2015). Pengaruh Citra Merek Wardah terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Non Muslim. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 3(03).
Ritonga, M. J. (2005). Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: PT Indeks.
Rifon, N. J., Choi, S. M., Trimble, C. S., Li, H. (2004). Congruence effects in sponsorship: The mediating role of sponsor credibility and consumer attributions of sponsor motive, Journal of Advertising, 33(1), 30-42.
Royan, F. M. (2005). Marketing Selebrities. PT Elex Media Komputindo.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu. Jilid I (edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Soemirat, & Suryana, S. (2016). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suryani, Tatik (2021). Enhancing Brand Image in the Digital Era: Evidence from Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(3), 314-340.
Ulva, Nadira, and Rand Rasyid. "Measuring the Digital Marketing Strategies Effectiveness through Social Media in Purchasing Halal Make Up Brands: A Comparative Study (Penelitian Perbandingan: Keefektifan Iklan, Celebrity Endorsement, dan Influencer Marketing dalam Memengaruhi Niat Beli Merk Make-up Halal)."JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi) 22, no. 1 (2020): 95-107.
Voorveld, H. A. M. (2019). Brand Communication in Social Media: A Research Agenda. Journal of Advertising, 48(1), 14–26. https://doi.org/10.1080/00913367.2019.1588808
Wijayaningrum, L. A., Kusumawati, A., & Nuralam, I. P. (2018). The Effect of Celebrity endorser on Brand Awareness and It’s Impact on Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 78–86.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.