ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK MINUMAN XENTEUR DENGAN METODE CONJOINT

STUDI PADA PRODUK MERK XENTEUR

  • Tiara Dewi Purnomo Universitas Ciputra, Surabaya
  • Denpharanto Agung Krisprimandoyo Universitas Ciputra, Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut produk minuman XENTEUR, yang meliputi ukuran kemasan, takaran gula, varian rasa, dan pilihan topping, serta menentukan urutan tingkat kepentingan atribut-atribut tersebut menurut preferensi konsumen. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis Conjoint, di mana pengolahan data dilakukan melalui Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Data dikumpulkan melalui kuesioner offline dan online, dengan responden berusia 15-42 tahun yang telah mengonsumsi produk XENTEUR minimal sekali. Sebanyak 88 responden berhasil dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua atribut yang diteliti, seperti ukuran gelas, takaran gula, varian rasa, dan topping, berpengaruh terhadap preferensi konsumen. Berdasarkan urutan tingkat kepentingan, atribut-atribut ini juga memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk XENTEUR. Implikasi manajerial penelitian ini menunjukkan bahwa XENTEUR harus fokus pada pengembangan varian rasa seperti Signature Milk dan Tea Series, strategi harga untuk kemasan besar (22 Oz), serta inovasi kemasan dan topping untuk meningkatkan daya tarik produk di media sosial. Selain itu, disarankan agar XENTEUR meningkatkan pendidikan karyawan tentang varian rasa dan menawarkan opsi "less sugar" untuk memenuhi preferensi konsumen.

References

Agarwal, J., DeSarbo, W. S., Malhotra, N. K., dan Rao, V. R. (2015). An interdisciplinary review of research in conjoint analysis: Recent developments and directions for future research. Customer Needs and Solutions, 2, 19–40.
Ajzen, I. (1988). Attitudes, personality, and behavior. Dorsey Press.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality and behaviour (2nd ed.). Open University Press.
Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. Dalam P. A. M. Van Lange, A. W. Kruglanski, dan E. T. Higgins (Eds.), Handbook of theories of social psychology (hal. 438–459). Sage Publications Ltd.
Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5.
Baker, G. A., dan Burnham, T. A. (2001). Consumer response to genetically modified foods: Market segment analysis and implications for producers and policy makers. Journal of Agricultural and Resource Economics, 26(2), 387–403. http://www.jstor.org/stable/40987116
Calegari, L. P., Barbosa, J., Marodin, G. A., dan Fettermann, D. C. (2018). A conjoint analysis to consumer choice in Brazil: Defining device attributes for recognizing customized foods characteristics. Food Research International, 109, 1-13. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2018.03.080.
Dewi, L. A. P., Rachmawati, I., dan Prabowo, F. S. A. (2015). Analisis positioning franchise bubble drink berdasarkan persepsi konsumen di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 2(3), 2511–2517.
Hair, J., Anderson, R., Babin, B., dan Black, W. (2013). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson International. https://elibrary.pearson.de/book/99.150005/9781292035116
Harrison, R. W., Boccaletti, S., dan House, L. (2004). Risk perceptions of urban Italian and United States consumers for genetically modified foods. AgBioForum, 7(4), 203–211.
Kotler, P. (2018). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-12). PT Indeks.
Mulyasari, V. K., Prasetyo, E., dan Sumarjono, D. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap pembelian durian lokal di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(1), 87–96.
Munandar, J. M., Udin, F., dan Amelia, M. (2012). Analisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen produk air minum dalam kemasan di Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian IPB, 13(1), 15–25.
Nadja, R. A., dan Halimah, A. S. (2023). Preferensi konsumen terhadap pangan. Penerbit NEM.
Nufus, H. (2022). Preferensi dan tingkat kepuasan konsumen Banana Crispy pada dua UMKM di Kecamatan Gedong Tataan. Universitas Lampung.
Pleger, L. E., Mertes, A., Rey, A., dan Brüesch, C. (2020). Allowing users to pick and choose: A conjoint analysis of end-user preferences of public e-services. Government Information Quarterly, 37(3), 101473.
Prasetyo, Y. T., Suzianti, A., dan Dewi, A. P. (2014). Consumer preference analysis on flute attributes in Indonesia using conjoint analysis. Dalam Proceedings of the International Conference on Advanced Design Research and Education, ICADRE 2014 (hal. 111–117). Springer.
Santoso, S. (2018). Mahir statistik multivariat dengan SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Sekaran, U., dan Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Sugiono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Veitch, J., Salmon, J., Deforche, B., Ghekiere, A., Van Cauwenberg, J., Bangay, S., dan Timperio, A. (2017). Park attributes that encourage park visitation among adolescents: A conjoint analysis. Landscape and Urban Planning, 161, 52–58.
Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo. Universitas Bhayangkara Surabaya.
Yuriev, A., Dahmen, M., Pailing, M., dan Boiral, O. (2020). Pro-environmental behaviors through the lens of the theory of planned behavior: A scoping review. Resources, Conservation and Recycling, 155, 104660.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-12-10
How to Cite
Purnomo, T., & Krisprimandoyo, D. (2024). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK MINUMAN XENTEUR DENGAN METODE CONJOINT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 2319-2332. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4753
Section
Articles