PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL TECHNOLOGY, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GURU TK

STUDI KASUS PADA IGTK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPANEWON TEMPEL

  • Violinda Sinta Maharani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yudas Tadius Andi Candra Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Profesi guru menawarkan potensi untu pendapatan gaji yang menjanjikan, terutama adanya sertifikasi yang diberikan kepada guru PNS, P3K, GTT, maupun honorer. Namun, perbedaan status kepegawaian memengaruhi kestabilan penghasilan, yang pada akhirnya menciptakan pola pengeluaran yang berbeda-beda. Fokus kajian ini pada guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kapanewon Tempel, yang merupakan anggota Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK). Tujuannya untuk mengidentifikasi bagaimana literasi keuangan, financial technology, dan gaya hidup memengaruhi perilaku keuangan guru. Penelitian ini melibatkan 55 responden dan data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disusun menggunakan Google Formulir. Data dianalisis menggunakan SPSS 21. Informasi ini menyiratkan bahwa literasi keuangan, teknologi keuangan, dan gaya hidup memiliki dampak positif terhadap perilaku keuangan guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Kapanewon Tempel.

References

Ana Khofifa, I. W. & I. S. (2022). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERILAKU KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO Ana. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(8.5.2017), 2003–2005.
Arianti, B. F. (2021). LITERASI KEUANGAN (TEORI DAN IMPLEMENTASINYA). CV. Pena Persada. https://doi.org/10.31237/osf.io/t9szm
Ariska, S. N., Jusman, J., & Asriany, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Tekhnologi dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Owner, 7(3), 2662–2673. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1472
Badan Pusat Statistik. (2022). Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19. Badan Pusat Statistik. https://covid-19.bps.go.id/
Dewi, Ni Luh Putu Kristina, Agus Wahyudi Salasa Gama, dan N. P. Y. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Unmas. Jurnal Emas, 2(3), 74–86.
Fajar Rohmanto, A. S. (2021). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LIFESTYLE HEDONIS, DAN SIKAP KEUANGAN PRIBADI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA. ECOBISMA, 8(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2057
Ferdiansyah, A., & Triwahyuningtyas, N. (2021). Analisis Layanan Financial Technology Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen , 6(1), 223–235. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Karyawan Pertambangan Batu Bara Dikabupaten Sarolangun (Pt. Mandiangin Bara Sinergi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 281–292. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13162
Jamali, H., Haeruddin, H., & Ahmad, I. (2023). Dampak Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Keuangan (The Impact of Financial Literacy and Financial Attitude on Financial Behavior). Akuntansi Bisnis Dan Manajemen (ABM), 30(September), 105–116.
Lathiifah, D. R., & Kautsar, A. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Financial Technology, Financial Self-Efficacy, Income, Lifestyle, dan Emotional Intelligence terhadap Financial Management Behavior pada Remaja di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(4), 1211–1226.
Msarofah, M. U., & Fauzan. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8425. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Mujiatun, S., Jasin, H., Fahmi, M., & Jufrizen, J. (2022). Model Financial Technology (Fintech) Syariah di Sumatera Utara. Owner, 6(3), 1709–1718. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.893
Paramitalaksmi, R., Astuti, W., & Aviva, H. D. (2022). The Influence of Financial Literacy and Lifestyle Against Consumptive Behavior of Generation Z during the Covid-19 Pandemic. Ilomata International Journal of Social Science, 3(4), 418–428. https://doi.org/10.52728/ijss.v3i4.589
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2008). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 72 TAHUN 2008 (Vol. 3, Issue 2). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Risman, A., Ali, A. J., Soelton, M., & Siswanti, I. (2023). The behavioral finance of MSMEs in the advancement of financial inclusion and financial technology (Fintech). The Indonesian Accounting Review, 13(1), 91–101. https://doi.org/10.14414/tiar.v13i1.3213
Rumijati, A., Soelistyo, A., Juliati, R., Hidayat, W., Mursidi, Wijaya, R., . . . Zuhroh. (2020). Kemandirian Ekonomi Dan Bisnis Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. (M. R. Warsono (ed.)). Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. https://books.google.com/
Saputra, R., & Dahmiri, D. (2022). Pengaruh Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Melalui Niat Berperilaku Sebagai Variabel Mediasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 755–768. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.18000
Savitri, D. (2023). Target 1 Juta Guru ASN PPPK di Tahun 2024, Kemdikbud Ungkap Hal Ini Baca artikel detikedu, “Target 1 Juta Guru ASN PPPK di Tahun 2024, Kemdikbud Ungkap Hal Ini” selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7031272/target-1-juta-guru-asn-pppk-di-tahun-. DetikEdu.
Siti Masitoh, R. Z. (2021). Pengaruh Pembiayaan Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah. 3(1), 2888. https://doi.org/https://doi.org/10.36407/akurasi.v3i1.324
Umah, A. (2023). Ini Upaya OJK DIY Dorong Literasi Keuangan di Perguruan Tinggi. Harian Jogja. https://ekbis.harianjogja.com/read/2023/07/17/502/1142124/ini-upaya-ojk-diy-dorong-literasi-keuangan-di-perguruan-tinggi
Wahyuni, R., Irfani, H., & Syahrina, I. A. (2019). Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559.
Wahyuni, U. S., & Setiawati, R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z di Provinsi Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(4), 164--175.
Wardani, Dewi Kusuma, S. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal dan Persepsi atas Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2044
Widiantari, K. S., Mahadewi, I. A. G. D. F., Suidarma, I. M., & Arlita, I. G. A. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, E-Money Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Cashless Society. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 429–447. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.2802
Winda Puspa Sari, & Nikmah. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology,Pendidikan Keuangan Di Keluarga DanPengendalian Diri Terhadap Perilaku Keuangan. Jimea, 7(3), 1592–1608.
Yanuar. (2023). 67 Ribu Guru dan Pendidik NonPNS Akan Menerima Bantuan Insentif Tahun 2023. PUSLAPDIK Kemendikbudristek. https://puslapdik.kemdikbud.go.id/67-ribu-guru-dan-pendidik-nonpns-akan-menerima-bantuan-insentif-tahun-2023/
Zarkasyi, M. I. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Guru Taman Kanak-Kanak. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640
Published
2024-12-05
How to Cite
Maharani, V., & Candra, Y. T. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL TECHNOLOGY, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GURU TK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 2224-2240. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4744