PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PEMPEK DI SAGA SUDI MAMPIR DEMANG LEBAR DAUN PALEMBANG

  • Khotibul Umam Universitas Sriwijaya, Kota Palembang
  • Nofiawaty Nofiawaty Universitas Sriwijaya, Kota Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian di Pempek Saga Sudi Mampur Demang Lebar Daun Palembang. Pempek Saga Sudi Mampir merupakan restoran yang cukup dikenal oleh para wisatawan. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan yang bertujuan mengetahui apakah atribut produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian yang hasilnya dapat dijadikan dasar dalam pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan  SPSS Versi 26. Teknik analisis menggunakan uji T, uji F, serta Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, gaya dan desai produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusasn pembelian pada pempek saga sudi mampir demang lebar daun palembang, dan untuk variabel fitur produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pempek saga sudi mampir demang lebar daun palembang. Variabel kualitas produk merupakan variabel yang paling dominan di atribut produk terhadap keputusan pembelia.

References

Alana, A. Y., Hidayat, W., & W, H. D. (2012). Pengaruh Citra Merek, Desain, dan Fitur Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro) Aditya Yessika Alana, Wahyu Hidayat, Handoyo Djoko W. Ilmu Administrasi Bisnis S1, 2(2), 1–9.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Astria, S. (2018). Kampong Kuliner Palembang di Sumatera Selatan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/196255743.pdf
Emor, J. I., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5407–5415. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/26309
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (Ed.9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamidah, Siti; Anita, D. (2013). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia). Igarss 2014, 21, 1–20.
Hartuti, E. T. K., Rahman, A. S., & Septiani, Y. (2023). Pengaruh Atribut Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Penawaran Herbalife Nutrition Mix Shake di 8fit Club Ciledug Tangerang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(3), 389. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i3.31999
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition (17th editi). Pearson.
Ningrum, D. P., & Arrianie, L. (2019). Potensi Kuliner Pempek Dalam Membangun Ikon Kota Palembang. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 187–196. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2245
Novaldi, M., Arsa, A., & Zahara, A. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-oleh Khas Jambi). Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1, 81–93.
Pahlevi, A. S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepede Motor Matic (Studi Pada Yamaha Mataram Sakti Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 6(1), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
Sinambela, E. A., Azizah, R. N., Lestari, U. P., Ernawati, E., & Issalillah, F. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Negara Asal Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Minuman Probiotik Yakult. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 107–113. https://doi.org/10.47065/jtear.v2i4.269
Sopiah, S., & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (S. Suryani & M. A. Liane (eds.)). Bumi Aksara.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunaryo, N. A. (2019). Potensi Wisata Kuliner Di Indonesia : Tinjauan Literatur. Seminar Nasional INOBALI 2019, 235–242.
Surianti, S., Minarti, A., Rahmah, P., Amrial, A., & Nurmilasari, N. (2023). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Bolu Cukke’ Sunrise-Q Soppeng. 1(1), 1–12.
Published
2024-11-25
How to Cite
Umam, K., & Nofiawaty, N. (2024). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PEMPEK DI SAGA SUDI MAMPIR DEMANG LEBAR DAUN PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 2044-2058. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4712
Section
Articles