PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA BAKPAO 88

  • Vanessa Princessa Arviana Universitas Ciputra Surabaya
  • Christian Herdinata Universitas Ciputra Surabaya

Abstract

Industri makanan dan minuman adalah salah satu industri yang masih terus berkembang meskipun dalam kondisi sulit. Hal ini menunjukkan bagaimana sektor makanan dan minuman akan terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Akibatnya, setiap bisnis membutuhkan metode untuk tetap bertahan dan bersaing di pasar yang sangat kompetitif.  Pulau Lombok adalah salah satu yang terkena dampaknya. Pulau Lombok yang sangat berkembang juga mempengaruhi persaingan bisnis. Bakpao 88, sebuah usaha yang berlokasi di Kota Mataram, juga mengalami hal tersebut. Dengan kepercayaan merek sebagai variabel intervening, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi kualitas mempengaruhi keputusan untuk membeli. Partial Least Squares dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS adalah pendekatan yang digunakan. Purposive sampling digunakan untuk proses pengambilan sampel, dan rumus Hair digunakan untuk menghitung jumlah sampel. menggunakan skala Likert dalam kuesioner untuk mengumpulkan data. Media Google Form digunakan untuk menyampaikan survei secara online. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari pelanggan Bakpao 88 yang pernah melakukan pembelian di Mataram yang tidak diketahui jumlah pastinya. Terdapat 130 responden dalam sampel penelitian ini. Menurut temuan penelitian, Perceived Quality secara signifikan mempengaruhi Brand Trust yang pada gilirannya secara signifikan mempengaruhi Purchase Decision; Kualitas yang Dipersepsikan secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian; dan Kualitas yang Dipersepsikan secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Merek.

References

Anjani, R. F., & Siregar, S. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAANTERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MULTIVITAMINENERVON-C PADA MASA PANDEMI COVID-19 . JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5.
Ardisa, C., Rohman, F., & Puspaningrum, A. (n.d.). 563 Country of Origin and Perceived Quality in Mediating The Influence of Consumer Ethnocentrism on ... 563 JAM 20, 3 COUNTRY OF ORIGIN AND PERCEIVED QUALITY IN MEDIATING THE INFLUENCE OF CONSUMER ETHNOCENTRISM ON PURCHASE INTENTION. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020
Ciu, E., & Wijayanti, C. A. (2024). The Role of Consumer Ethnocentrism, Perceived Quality, Perceived Price, and Perceived Brand Image on Willingness to Buy Erigo Clothing. 5. https://doi.org/10.60090/kjm.v4i2
Diantara, L., & Bangkinang, S. (n.d.). JURNAL RISET MANAJEMEN INDONESIA (JRMI) The influence of brand trust and prices on Prendjak tea bug purchase decision. 4(2), 2022. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi
Dwi Cahyani, P., Welsa, H., & Kristanto Aji, G. (n.d.). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING, PERCEIVED QUALITY ON BRAND LOYALTY, WITH BRAND TRUST AS INTERVENING VARIABLES ( Study on Tokopedia E-commerce in Yogayakarta). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 6, 2022. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Dwiarta, I. M. B., & Ardiansyah, R. W. (2021). THE EFFECT OF PRICE PERCEPTION, QUALITY PERCEPTION, AND LOCATION ON PURCHASE DECISIONS I Made Bagus Dwiarta, SE., MM 1). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(2). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Fatma, N., Fajri Irfan, N., Finatry Latiep, I., Amkop Makassar, S., & Digital, B. (2021). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 533–540. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674
Firmansyah, Dr. M. . A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy) (Q. Media, Ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Fitri, R. A., & Sulaeman, E. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER AGNES MONICA, BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOLAK ANGIN CAIR. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5, 1247–1269.
Giovani, C., Pink Berlianto, M., Manajemen, M., & Ekonomi dan Bisnis, F. (n.d.). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE DECISION KONSUMEN YANG MENGGUNAKAN PLATFORM TOKOPEDIA. 6(3), 2022.
Hafizh, M., 1, R., Bagus, I., Udayana, N., & Maharani, B. D. (2022). Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening. In Online) JURNAL MANAJEMEN (Vol. 14, Issue 2).
Ilviendri, R., Kurnia Sari, D., Magister Manajemen, P., & Ekonomi, F. (n.d.). PENGARUH REBRANDING DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( STUDI PADA PEMIRSA TVRI KOTA PADANG ).
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING .” CAKRAWANGSA BISNIS, 3, 1–22.
Ismaliana Ramadhani, D., & Zaini, M. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SCARLETT WHITENING. 7(1), 2023.
Konuk, F. A. (2021). The moderating impact of taste award on the interplay between perceived taste, perceived quality and brand trust. Journal of Retailing and Consumer Services, 63. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102698
Laraswati, C., & Harti, H. (2022). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, CITRA MEREK DAN ETNOSENTRISME KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC. In BISNIS & MANAJEMEN (Vol. 12). http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis
Lestari, W. S., Yusuf, A., Singaperbangsa, U., Ronggowaluyo, J. H., Timur, J., Karawang, J., & Barat, I. (2019). PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STEAK JONGKOK KARAWANG. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5, 94–101. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Natasiah, U. (n.d.). Brand Image, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions of Shopee E-Commerce Users in Pekanbaru City A R T I C L E I N F O. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.702
Nilssen, R., Bick, G., & Abratt, R. (2018). Comparing the relative importance of sustainability as a consumer purchase criterion of food and clothing in the retail sector. Journal of Brand Management, 26, 71–83.
Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). 2(2). https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2
Pebrina, E. T., Sasono, I., Hutagalung, D., Riyanto, R., & Asbari, M. (2021). Adopsi E-Commerce oleh Umkm di Banten: Analisis Pengaruh Theory Of Planned Behavior. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4426–4438. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1484
Permata, D. S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN, KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF, LOKASI (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4
Riana Fatmaningrum, S., Fadhilah, M., Ekonomi, F., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1).
Sugiyono. (2018). Pengantar Statistika 1. Media Sains Indonesia.
Widianti, W. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, KOMUNIKASI MEREK, KEPUASAN DAN PENGALAMAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6.
Widjaja, Y. G. (2019). Effect of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality and Brand Loyalty on Purchasing Decision: Case Study on ACE Hardware Indonesia Consumers. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 5(9), 542–548. https://doi.org/10.22161/ijaems.59.1
Wijaya, V., & Keni, K. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION, MEDIASI BRAND TRUST DAN BRAND ATTITUDE PADA PRODUK SKINCARE. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 274–287. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.19301
Published
2025-04-30
How to Cite
Arviana, V., & Herdinata, C. (2025). PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA BAKPAO 88. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3230-3250. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4660
Section
Articles