CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MARKET ORIENTATION TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

  • Nurhidayatus Sholihah Universitas Airlangga, Surabaya
  • Dianura Alfiyani Universitas Airlangga, Surabaya
  • I Made Narsa Universitas Airlangga, Surabaya

Abstract

Perkembangan lingkungan akan mendorong persaingan yang ketat antar perusahaan. Perusahaan perlu lebih memahami lingkungan untuk bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan meningkatkan nilai unggul dan kinerja unggul. Perusahaan dapat menggunakan strategi Corporate Social Responsibility (CSR) ke dalam strategi yang bermarket orientation. Market orientation dan CSR mempunyai efek sinergis dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Perusahaan yang bermarket orientation akan mampu memenuhi harapan berbagai pemangku kepentingan melalui kegiatan CSR. CSR merupakan suatu perilaku bisnis yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan sinyal yang baik kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan (konsumen, masyarakat, pemerintah, dan lingkungan hidup). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh market orientation terhadap kinerja perusahaan dengan mediasi Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Sampel berasal dari perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2013 - 2015 yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan . Terkumpul 370 sampel yang layak untuk diuji menggunakan software SPSS versi 20 dengan metode analisis jalur dengan regresi bertahap. Penelitian ini  menunjukkan hasil bahwa market orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSRD. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa market orientation dan CSRD berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, serta membuktikan bahwa pengungkapan CSR dapat memediasi antara market orientation dan kinerja perusahaan.

References

Agarwal, Sanjeev, Erramilli, M. Krishna, & Dev, Chekitan S. (2003). Market orientation and performance in service firms: role of innovation. Journal of Services Marketing, 17(1), 68-82.
Ahmad, I., & Mujtaba, A. (2017). The dark side of corporate social responsibility: evidence from a public sector oil company. NUML International Journal of Business & Management, 12(1), 15-27.
Arshad, Roshayani, Mansor, Siti Mariam, & Othman, Rohana. (2012). Market Orientation, Firm Performance And The Mediating Effect Of Corporate Social Responsibility. Journal of Applied Business Research, 28(5), 851- 860.
Bai, Xuan, & Chang, Jeanine. (2015). Corporate social responsibility and firm performance: The mediating role of marketing competence and the moderating role of market environment. Asia Pacific Journal of Management, 32(2), 505-530.
Ben Brik, Anis, Rettab, Belaid, & Mellahi, Kamel. (2011). Market Orientation, Corporate Social Responsibility, and Business Performance. Journal of Business Ethics, 99(3), 307-324.
Dowling, John, & Pfeffer, Jeffrey. (1975). Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Pacific sociological review, 122-136.
Febryani, Anita, & Zulfadin, Rahadian. (2003). Analisis kinerja bank devisa dan bank non devisa di Indonesia. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 7(4), 31-47.
Freeman, R. Edward. (1984). Strategic Manangement: A stakeholder approach. Boston: Pitbul Publishing.
Fritz, Wolfgang. (1996). Market orientation and corporate success: findings from Germany. European Journal of Marketing, 30(8), 59-74.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., Sarstedt, M., Danks, N., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. In Springer. Springer.
Kiessling, Timothy, Isaksson, Lars, & Yasar, Burze. (2016). Market Orientation and CSR: Performance Implications. Journal of Business Ethics, 137(2), 269-284.
Kohli, Ajay K, & Jaworski, Bernard J. (1990). Market orientation: the construct, research propositions, and managerial implications. The Journal of Marketing, 1-18.
Kohli, Ajay K, Jaworski, Bernard J, & Kumar, Ajith. (1993). MARKOR: a measure of market orientation. Journal of Marketing research, 467-477. 94
Lawrence, Anne T., & Weber, James. (2014). Business and Society : Stakeholder, Ethics, Public Policy (Fourteenth ed.). New York: McGraw- Hill.
Long, Hoang Cuu. (2015). The Impact of Market Orientation and Corporate Social Responsibility on Firm Performance: Evidence from Vietnam. Academy of Marketing Studies Journal, 19(1), 265.
Malhotra, N. K. (2020). Marketing Research: An Applied Orientation. In Pearson (7th ed.). Pearson. https://doi.org/10.2307/3151953
Moerdiyanto. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan Manajer terhadap Kinerja Perusahaan Go Public (Kasus BEI). Cakrawala Pendikakan. 2011. ISSN: 0216-1370.
Narver, John C, & Slater, Stanley F. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. The Journal of Marketing, 20-35.
O’Donovan, Gary. (2002). Environmental disclosures in the annual report: Extending the applicability and predictive power of legitimacy theory. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 15(3), 344-371.
Pratiwi, S. P. dan A. Djamhuri. 2004. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktikpraktik Pengungkapan Sosial: Studi pada Perusahaan-perusahaan High Profile yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. TEMA 5(1) :1-21.
Qu, Riliang. (2007). Corporate social responsibility in China: Impact of regulations, market orientation and ownership structure. Chinese Management Studies, 1(3), 198-207.
Qu, Riliang. (2009). The impact of market orientation and corporate social responsibility on firm performance: Evidence from China. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 21(4), 570-582.
Saleh, Mustaruddin, Zulkifli, Norhayah, & Muhamad, Rusnah. (2011). Looking for evidence of the relationship between corporate social responsibility and corporate financial performance in an emerging market. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 3(2), 165-190. 95
Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-11-10
How to Cite
Sholihah, N., Alfiyani, D., & Narsa, I. (2024). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MARKET ORIENTATION TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1748-1761. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4645
Section
Articles