STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI TELUK NIPAH, KALIANDA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  • Ade Sandra Dewi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Agustinus Oloan BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) Lampung Selatan
  • Ibrohim Saputra BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) Lampung Selatan
  • Rotua Astrina Lamban Gaol Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • M Refi Arion Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis persepsi masyarakat Desa Bulok, Kalianda terhadap promosi dan daya tarik Pariwisata Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini meliputi survei di tempat, wawancara mendalam, dan penerapan konsep 4A (attraction, accessibility, amenity, ancillary) + 3P (price, place, promotion). Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer dan sekunder yang dipergunakan dalam penilitian ini. Data primer ialah data yang diperoleh dari masyarakat Desa Bulok, Kalianda terhadap promosi dan daya tarik Pariwisata Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan. Sementara data sekunder yaitu, data yang didapatkan dari referensi pustaka dari jurnal, website, dan sumber lainnya. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden setuju bahwa promosi sangat diperlukan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap Pantai Teluk Nipah. Selain itu, iklan dan konsep promosi dinilai penting untuk menarik wisatawan. Informasi dari mulut ke mulut juga dianggap efektif dalam mempromosikan destinasi ini. Peran serta masyarakat dan hubungan baik antara pengelola dan masyarakat dianggap krusial. Evaluasi daya tarik wisata Pantai Teluk Nipah menunjukkan beragam kegiatan, tempat menarik, dan fasilitas yang dapat meningkatkan pengalaman wisatawan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan persepsi masyarakat terkait promosi dan pengembangan Pariwisata Pantai Teluk Nipah, serta memberikan dasar untuk strategi pemasaran dan pengelolaan yang lebih efektif.

References

Ana Wijandari, N.S. (2021) ‘Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), pp. 61–64.
Buditiawan, K. (2021) ‘Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Plengkung Kabupaten Banyuwangi Menggunakan 3P+4A (Price, Place, Promotion, Attraction , Accessibility, Amenity, Ancillary)’, Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2), pp. 207–220. Available at: https://doi.org/10.47441/jkp.v16i2.201.
Dinas Pariwisata Selatan (2024) No Title.
Faroman Syarief, Aldi Friyatna Dira, R.F. (2023) Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung Dilarang.
Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, H. (2023) ‘Sosialiasi Pemasaran Digital: Memaksimalkan Potensi Ekonomi Untuk Menuju Masyarakat Yang Mandiri Dengan Berwirausaha’, Communnity Development Journal, 4(5), pp. 10912–10919.
Firdaus, R. and Faizasari, A. (2022) ‘Community Of Pastry MSME Actors In Tanah Datar Regency Analisis Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM Kue Kering Di Kabupaten Tanah Datar’, 3(September), pp. 2879–2897.
Halimatus Sa’diyah and Renny Oktafia (2022) ‘Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Kerajinan Kopyah’, Malia: Jurnal Ekonomi Islam Vol., 13(1), pp. 107–122. Available at: https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2786.
Heni Noviarita, Muhammad Kurniawan, G.N. (2021) ‘Analisis Halal Tourism dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 302. Available at: https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1574.
Irene Pradela, Ronal Aprianto, Suyadi, I.I. (2022) ‘Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT . Raihan Maju Mandiri dengan Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening’, IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), pp. 39–47.
Karlinda, A.E., Azizi, P. and Sopali, M.F. (2021) ‘Pengaruh pengalaman kerja, prestasi kerja, pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karir pada PT. PLN (persero) kota padang rayon kuranji’, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 5(2), pp. 523–531. Available at: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.
Mahardika, R. (2020) ‘Strategi Pemasaran Wisata Halal’, Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), pp. 65–86. Available at: https://doi.org/10.47971/mjhi.v3i1.187.
Martini, R., Pambudi, S.B. and Mubarok, M.H. (2019) ‘Analisis Kontribusi Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang’, Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 2(1), pp. 90–95. Available at: https://doi.org/10.46774/pptk.v2i1.95.
Oktavia Tri Wulandari, M.J. (2023) ‘Strategi Pemasaran Pariwisata 4A (Attraction , Accessibility, Amenity, Dan Ancillary) Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Kembali Pantai Camplong Kabupaten Sampang’, Jurnal Administrasi dan Manajemen, 13(4), pp. 411–418. Available at: https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3590.
Pratiwie Nirmala Dewi, Chandra Hendriyani, R.M.R. (2021) ‘Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi’, JIP ( Jurnal Industri dan Perkotaan ), 17(2), p. 6. Available at: https://doi.org/10.31258/jip.17.2.6-13.
Purba, E.B.P.A.S.F.K., Hery, D.D.V.S.A.M.G. and Ernanda., P.S.N.F.A.S.R. (2021) Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Puri Izzatul Islam, F.M.S. (2023) ‘Pengaruh Attraction , Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Kunjung Ulang Peziarah Di Makam Syekh Abu Bakar Jepara’, Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 3(1), pp. 67–83. Available at: https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i1.7439.
Regina Trisnasari, S.N.S. (2022) ‘Analisis Kontribusi Pajak Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah’, Gorontalo Accounting Journal, 5(1), p. 18. Available at: https://doi.org/10.32662/gaj.v5i1.1744.
Resya Dwi Marselina, M.H.A. (2023) ‘Manajemen Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Ahass Honda Darma Perdana Cilengkrang’, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 7(1), p. 144. Available at: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3185.
Rokimin et al. (2022) ‘Manajemen Strategi Pemasaran Pondok Pesantren’, Mudir (Jurnal Manajemen Pendidikan), 4.
Salsabila, R. and Saragih, M.Y. (2023) ‘Strategi Marketing Hubungan Masyarakat Dan Media Jurnalistik Dalam Mempertahankan Kepuasan Customer K3 Mart Cabang Kesawan Kota Medan’, JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(2), pp. 899–906.
Sulistyanto, A. et al. (2021) ‘Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang’, Jurnal Abdidas, 2(1), pp. 34–40. Available at: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199.
Syamsul Bahri Dg. Parani, Syamsul Bachri, Rosida P. Adam, Elimawaty Rombe, Ponirin, M. (2023) ‘Pengaruh Attraction , Accessibility , Amenity dan Ancillary terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Dimediasi oleh Social Environment pada Objek Wisata di Towale’, Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(6), pp. 611–628.
Tasya Meidita, Yudi Sukmono, L.O.A.S.T. (2023) ‘Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang Dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi’, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), p. 155. Available at: https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.21408.
Tri Wisudawati, S.R.R. (2020) ‘Analisis Metode Marketing Mix 7P Sebagai Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang’, Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 1(01), pp. 26–29. Available at: https://doi.org/10.47701/sintech.v1i01.874.
Wulandari, D.A. and Kartika, A. (2021) ‘Pengaruh Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran Serta Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah’, Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), pp. 164–179.
Yulfan Arif Nurohman, R.S.Q. (2021) ‘Strategi Pengembangan Desa Wisata Menggoro Sebagai Wisata Halal’, Among Makarti, 14(1), pp. 1–14. Available at: https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.200.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-11-10
How to Cite
Dewi, A., Oloan, A., Saputra, I., Gaol, R., & Arion, M. (2024). STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI TELUK NIPAH, KALIANDA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1762-1779. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4640
Section
Articles