PENGARUH PERTUMBUHAN LABA, PERTUMBUHAN PENJUALAN, LIKUIDITAS DAN RISIKO BISNIS PADA NILAI PERUSAHAAN, DI MODERASI UKURAN PERUSAHAAN

STUDI SEKTOR BARANG KONSUMER PRIMER BEI TAHUN 2019-2023

  • Edi Candra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Elfiswandi Elfiswandi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Lusiana Lusiana Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mencari dan menguji secara empiris pengaruh pertumbuhan laba, pertumbuhan penjualan, likuiditas dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan Sektor Barang Konsumer Primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 - 2023. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 125 perusahaan sektor barang konsumer primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2023 dengan sampel yang terpilih sebanyak 35 perusahaan. Dengan total pengamatan 5 tahun maka diperoleh sebanyak 175 sampel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode purposif sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengujian dalam penelitian ini manggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dengan melakukan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2) untuk menguji pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dan pengaruh variabel moderasi. Temuan dalam penelitian antara lain adalah bahwa pertumbuhan laba dan risiko bisnis tidak berpengaruh signifikas pada nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan penjualan dan likuiditas mempunyai berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan juga mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan laba dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan sedangkan pada hubungan antara pertumbuhan penjualan dan likuiditas ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan tersebut.

References

Amelia, A., Anwar, S., & Nathasia. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Laba, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 13, 2614–1930.
Andriyanti, S. P., & Khuzaini. (2023). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Anggraini, C., & Agustiningsih, W. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan subsektor makanan serta minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512.
Anisah, A., Murad, M. A., Asriadi, A., Samudra, S., & Magfirah, D. (2023). Indonesian Pharmaceutical Companies: Capital Structure, Business Risk, Company Value and Firm Size as A Moderating Variable Analysis. International Journal of Social Service and Research, 3(1), 122–128. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i1.223
Apriliana, & Fidiana. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pertumbuhan Laba Terhadap Nilai Perusahaan.
Ardyansyah, A. D., & Arifin, A. (2023). Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal, Risiko Bisnis, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating pada perbankkan dari Tahun 2019-2021. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1997. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1328
Ayem, S., & Tamu Ina, C. R. (2023). Struktur Modal Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan : Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Literasi Akuntansi, 3(1), 47–57. https://doi.org/10.55587/jla.v3i1.48
Bhattacharya, S. (1979). Imperfect Information, Dividend Policy and The Bird in. The Hand Fallacy. Journal Of Economics, 10(1).
Brigham, E., & Houston, J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (10th ed.). Salemba Empat.
Brigham, & Houston. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. (A. A. Yulianto (ed.); Buku Dua,). Salemba Empat.
Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 85. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p04
Diyanti, N., & Anwar, M. (2021). Pengaruh Likuiditas terhadap Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1286–1297.
Ghozzali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 (9th ed.) (9th ed.). Badan penerbitan Universitas Diponegoro.
Harahap. (2011). Teori Akuntansi. Rajawali Pers.
Harmono. (2017). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced. PT. Bumi Angkasa Raya.
Ikhsan, M. Al, Nurwati, S., & Widyaningsih, D. S. (2023). Analisis Profitabilitas , Kebijakan Dividen , Pertumbuhan Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 4(1), 79–93.
Isra Makmur, M., Miriatin Amali, L., & Indrayani Hamin, D. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Aset Dan Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1).
Khaeruman. (2018). Pengaruh Pelayanan Mm Mart (Mitra Muslim) Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mm-Mart Cipocok Serang. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 46–71. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/download/655/783/
Likha, M., & Fitria, A. (2019). Pengaruh pertumbuhan laba, kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dimoderasi corporate social responsibility. In Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (Vol. 8, Issue 5).
Mufidah, M., Febrianti, I., & Adisetiawan, R. (2024). Pengaruh Cash Ratio dan Pertumbuhan Laba Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 871. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.5058
Munawir, S. (2004). Analisis laporan Keuangan (10th ed.). Liberti.
Nurwulandari, A., Hasanudin, & Akmal Latang, M. (2023). Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Financial Distress Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(2), 1361–1380. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i2.11431
Pramesti, N. P. E., Yasa, P. N. S., & Ningsih, N. L. A. P. (2021). The Effect of Capital Structure and Sales Growth on Company Profitability and Value in the Cosmetics Manufacturing and Household Needs Manufacturing Companies. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 8(2), 187–193. https://doi.org/10.22225/jj.8.2.2021.187-193
Rezky Naim, M., & Asraruddin, M. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 3(3).
Siringoringo, W. F., & Hutabarat, F. M. (2019). Liquidity, Profitability On Firm Value: An Evidence of Transportation Company Listed at Indonesian Stock Exchange. Abstract Proceedings International Scholars Conference, 7(1), 1322–1329. https://doi.org/10.35974/isc.v7i1.1996
Soemarso, S. . (2010). Akuntansi: Suatu Pengantar. Salemba Empat.
Subramanyam, K. R. (2014). Financial Report Analysis 11th Edition. In McGraw-Hill Education (11Th ed.). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.2139/ssrn.4257161
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Suryani, A. (2020). Analisis Leverage Melalui Pertumbuhan Laba dan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 88. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.153
Suwardjono. (2008). Teori Akuntansi. BPFE Yogyakarta.
Tamara Agustin, D., Zahiroh, N., & Hana Muthiah, R. (2023). Intellectual Capital, IOS, Dan Risk Bussiness Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Farmasi Di BEI Tahun 2020-2022. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6).
Weston, F. (1996). Manajemen Keuangan (8th ed.). Bina Rupa Aksara.
Wijaya, I. G. N. S. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Juima, 9(2), 8–15.
Published
2024-11-05
How to Cite
Candra, E., Elfiswandi, E., & Lusiana, L. (2024). PENGARUH PERTUMBUHAN LABA, PERTUMBUHAN PENJUALAN, LIKUIDITAS DAN RISIKO BISNIS PADA NILAI PERUSAHAAN, DI MODERASI UKURAN PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1655-1678. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4638
Section
Articles