ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PEMASARAN DI KLINIK PRATAMA AMANAH MEDICAL AND DENTAL CLINIC (AMDC) TASIKMALAYA
Abstract
Pemasaran merupakan ujung tombak kegiatan suatu organisasi atau perusahaan. Strategi pemasaran akan menjadi efektif jika manajemen perusahaan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan dilakukan penerapan strategi pemasaran modern Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) sebagai rencana dalam menggaet target pasar. Pada masa Pandemi COVID-19, membuat Klinik AMDC Tasikmalaya menjadi salah satu jenis usaha yang terkena imbasnya, meskipun klinik tetap harus berjalan. Setelah berakhirnya masa pandemi, Klinik AMDC perlu meninjau kembali strategi pemasaran modernnya yang meliputi Segmenting, Targeting, dan Positioning. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pejabat atau petugas yang dinggap paling mengetahui tentang kegiatan pemasaran di Klinik AMDC sebanyak 5 orang yaitu: Direktur, HRD, Sekretaris Klinik, Marketing dan Bendahara Klinik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada informan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi segmentation, targeting, positioning pada Klinik AMDC Tasikmalaya: 1) Segmentasi yang dilakukan oleh Klinik AMDC Tasikmalaya menggunakan beberapa dasar, diantaranya yaitu Segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi perilaku dimana segmentasi pasar klinik AMDC Tasikmalaya pada semua usia namun lebih difokuskan pada usia remaja dan dewasa; 2) Dalam menentukan strategi pemilihan pasar sasaran atau target pasar Klinik AMDC Tasikmalaya menggunakan strategi Penetapan Sasaran Terkonsentrasi (Concentrated Targeting Strategy) yaitu dengan memusatkan usaha pemasaran pada satu kelompok pembeli saja yaitu pada semua tingkat perekonomian masyarakat difokuskan pada tingkat perekonomian masyarakat menengah ke bawah; 3) Positioning yang dilakukan oleh Klinik AMDC Tasikmalaya yaitu memposisikan produknya sebagai produk kesehatan dengan kualitas baik, model stylish, dinamis dan mengikuti lifestyle/ trend pada produk tertentu yang ada di klinik seperti pelayanan gigi dengan harga terjangkau serta dengan fasilitas klinik yang memadai dan nyaman bagi pasien
References
Kotler dan Kevin Keller. (2006). Marketing Management 15th Edition. United States of America : Pearson Education
Kotler Philip dan Keller K Lane, Manejemen Pemasaran. (New jersey, Prentice Hall. 2007)
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kotler, P & Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Jakarta: Erlangga, 2012)
Kotler, Philip & Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Jakarta: Erlangga, 2008)
Makhul Ilmi, Teori dan Praktek Mikro Keuangan Syari’ah, (Yogyakarta: UII Press, 2002)
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Mursid, Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta, 2003
Nembah F, Hartimbun Ginting, Manajemen Pemasaran,(Bandung:CV. Yrama Widya,2012)
Radulescu Violeta, Strategic Marketing Planning Audit (Lecturer, PhD., Academy of economic Studies, Bucharest). International Journal of Academic Research in Business and Social Science November 2012, Vol. 2, No. 1 ISSN: 2222-699.
Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2020). Segmentation, Targeting, and Positioning. Sports Marketing, 241–290. https://doi.org/10.4324/9781315794082-16
Thorik Gunara dan Utus Hadiono Sudibyo, Marketing Muhammad Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW,(Bandung: PT. Karya Kita,2007)
Tjiptono, Fandi. Strategi Pemasaran, (Jakarta:Andi, 1995)
Wahyuni, Sri et al. (2019). Spiritual Intervention and Thermal Stimulation in Pregnant Women with Back Pain. Jurnal Keperawatan, 10(8) : 6–10.
Yohannes Yahya, Pengantar Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006
Zaki Fuad Chalil, Pemerataan Distribusi Kekayaan dalam Ekonomi Islam, (Jakarta: Erlangga, 2009)
Zeithaml. Valarie, Bitner & Gremler. Service Marketing. (Singapore: Mc Graw-Hill Companies Inc., 2008)
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.