PENGARUH CASHLESS SOCIETY DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN LATTE FACTOR
STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA ANGKATAN 2020-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cashless society dan promosi terhadap peningkatan latte factor. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan data primer. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa program studi akuntansi angkatan 2020-2023 dengan jumlah sampel sebanyak 89. Alat uji yang digunakan yaitu software SPP versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel cashless society dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan latte factor. Jurnal ini terdiri dari 3 bagian. Bagian 1 berisi penjelasan mengenai era cashless society, kelebihan dan kekurangan cashless society, promosi yang ditawarkan, serta mengenal istilah latte factor. Pada bagian 2 menjelaskan mengenai teori perilaku konsumen, pengertian dari cashless society, promosi dan latte factor, indikator variabel, uji hipotesis dan metode yang digunakan. Di bagian yang ke 3 menjelaskan hasil interpretasi, dan kesimpulan.
References
Bach, D., & Man, J. D. (2019). The Latte Factor. https://www.thelattefactor.com/
Candra, Y., & Wafa, Z. (2023). Pengaplikasian Statistika Penelitian Dengan Software Statistik (R. Utomo (ed.)). CV. Global Aksara Pers
Chaerunnisa, Yusup, D. K., Jubaedah, D., & Saepullah, U. (2020). Pengaruh Income dan Latte Factor Terhadap Daya Tahan Keuangan Kalangan Millenial di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati, 1(1), 1–11. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31276
Chauhan, S., Banerjee, R., & Dagar, V. (2023). Analysis of Impulse Buying Behaviour of Consumer During COVID-19: An Empirical Study. Millennial Asia, 14(2), 278–299. https://doi.org/10.1177/09763996211041215
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kustina, K. T., & Aji, W. S. (2023). Cashless Society Sebagai Pemoderasi Pengaruh Fintech Payment Gateway Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Denpasar. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 32–41. https://doi.org/10.31294/moneter.v10i1.15272
Lidwina, A. (2021). Gaji Generasi Z dan Milenial Banyak dibelanjakan di commerce. In Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/06/09/Gaji-Generasi-Z-Dan-Milenial-Banyak-Dibelanjakan-Di-E-Commerce (p. 2021).
Lorenza, R.Y., & Lestari, S. (2023). Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce. Psycho Idea, 21(1), 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15752
Misbach, I. (2022). Impulse buying pada pengunjung pusat pembelanjaan dan faktor yang mempengaruhi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6519
Nasruloh, Andriani, R., Rosmayanti, & Rizkyanfi, M. W. (2023). Pengaruh Kemudahan Berbelanja pada Masa Society 5.0 yang Meningkatkan Sifat Konsumtif pada Kaum Milenial. Jurnal EMT KITA, 7(3), 771–775. https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1062
Putri, T., & Iriani, S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. 8, 1417–1428. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1417-1428
Riskia Pratiwi, A., & Irsyadillah. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(2), 43–51. http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/index
Sampoerna University. (2022). Mengenal Generasi Z Beserta Karakteristiknya. In Sampoerna University. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/generasi-z/
Srimulatsih, M. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Parfum Cendana di Pekanbaru Mahbubah Srimulatsih. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 06(2), 2023. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKhttp://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Sudirman, A., Naningsih, N., Kurniawaty, Wairisal, P., & Putri, M. (2023). KEWIRAUSAHAAN (ERA SOCIETY 5.0) (Hartini (ed.)).
Vidal - Ayuso, F., Akhmedova, A., & Jaca, C. (2023). The circular economy and consumer behaviour : Literature review and research directions. Journal of Cleaner Production, 418(July). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.137824
Zhang, X., Fan, J., & Zhang, R. (2023). Heliyon The impact of social exclusion on impulsive buying behaviour of consumers on online platforms : Samples from China. Heliyon, November, e23319. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e23319
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.