PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI SURABAYA

  • Ajimas Wahyu Bagaskoro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Supriyono Supriyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Berbagai aspek kehidupan manusia sudah diubah oleh kemajuan teknologi serta internet, termasuk cara orang berbelanja. Dengan pertumbuhannya, E-commerce sudah menjadi sebuah platform utama bagi pelanggan untuk memenuhi keperluan serta keinginan mereka. Namun, laporan tahunan serta brand index E-commerce Tokopedia pada tahun 2023 mencatat penurunan. Tujuan dari pengamatan berikut ialah untuk menganalisis pengaruh variabel motivasi belanja hedonis dan gaya hidup berbelanja terhadap pembelian impulsif pada E-commerce Tokopedia di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis software Smart PLS. Populasi dalam penelitian ini yaitu 112 orang dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan Insidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengujian data meliputi uji validitas dan reliabilitas, R-Square dan uji hipotesis bootstrapping. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belanja hedonis dan gaya hidup berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada E-commerce Tokopedia di Surabaya.

References

Adi, Irawan. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia Indonesia (Studi Kasus Di Surabaya). PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 7(5), 530-546.
Afif, M., & Purwanto, B. (2020). Motivasi Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Berbelanja: Pengaruhnya Terhadap Pembelian Impulsif di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 123-135.
Ahmadi, A. (2020). Pengaruh E-Commerce, Promosi Penjualan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 481–493.
Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) terhadap Impulsive Buying Product Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 18.
Aritiya, O. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Online Store Beliefs Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Karyawan Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Di Surabaya Pelanggan Marketplace Shopee). 1-15.
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. RadjaGrafindo.
Bakti, S. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Minat Impulse Buying Pada Gerai Alfamart. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5(2), 139–147.
Bong, S. (2011). Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket di Jakarta. Ultima Management, 3(1), 31 – 51.
Fauzi, A., & Darmawan, D. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 75-88.
Fauzi, B., & Quintania, M. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Journal of Management Reviews, 5(1), 621–631.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, B. D. (2014). Manajemen Pemasaran. Bpfe: Yogyakarta.
Irfandi, S. A. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Visual Merchandising Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa/i di Malang Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Irianto, A. (2015). Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana.
Kotler, P. &. (2018). Principles of Marketing. (L. Allbeli, Ed.; 17E ed.): Pearson Education.
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Kusumadewi, R. N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif Di Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 31-49.
McKinsey & Company. (2023, April 11). From mckinsey.com: https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/resellers-the-unseen-engine-of-indonesian-e-commerce
Mulfachriza, M., Bachri, N., & Biby, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit Bank Bri Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderating. J-MIND, 6(1), 70.
Nadya Alifia Wardah, & Harti. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 121-132.
Nadya Alifia Wardah, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 121-132.
Nuvriasari, H. (2023). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Bebelanja, Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Di Outlet H&M Hartono Mall Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dewantara, 7(2), 366 - 377.
Paramita, N. (2015). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(1), 1–17.
Poluan, F. J. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 113.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (2023). Transformation For Progress. Jakarta: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.
Raharjo, H. (2020). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen di E-commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 5(1), 45-53.
Rynaldi P. N. M., Supriyono. (2021). Pengaruh Promosi dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bunga Swalayan Sampang. Jurnal STEI Ekonomi, 30(1), 74-83.
Setyawati, W. (2020). engaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(1), 98-110.
Sucidha, I. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1–10.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiharto, Edwin Japarianto & Sugiono. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Penerbit Andi.
Top Brand Award. (2024). Hasil Komparasi Situs Jual Beli Online. From www.topbrand-award.com: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=3&id_kategori=6&id_subkategori=643
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasinal Bisnis Ritel Modern Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Selemba Empat.
Utami, C. W. (2018). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154.
Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Exero:Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 41–5
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-11-05
How to Cite
Bagaskoro, A., & Supriyono, S. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI SURABAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1573-1584. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4630
Section
Articles