FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI TOKO RAHMASASA COLLECTION PONOROGO
Abstract
Belanja online telah menjadi pilihan utama bagi banyak pelanggan di era digital yang semakin maju, menawarkan kenyamanan dan aksesibilitas yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, bengan banyaknya pilihan, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan variasi produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli secara online di toko koleksi rahmasasa, ponorogo. Pelanggan Toko Koleksi Rahmasasa diberikan kuesioner untuk diisi sebagai bagian dari pendekatan penelitian analisis kuantitatif. Temuan studi menunjukkan bahwa tiga faktor kunci sangat mempengaruhi keputusan konsumen: harga, keragaman produk, dan kualitas. Telah ditetapkan bahwa, dari ketiga hal tersebut, penetapan harga memiliki pengaruh terbesar. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk menarik perhatian konsumen, metode pemasaran yang efektif harus mempertimbangkan harga yang kompetitif, menawarkan barang berkualitas tinggi, dan menawarkan variasi produk yang dapat diterima. studi ini memberikan wawasan berharga bagi pemilik bisnis dalam merumuskan kebijakan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesetiaan konsumen di era digital.
References
Agustini, Ni Kadek Devi Aprillia. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012. E-journal Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No.1.
Amelia Rahmi dan Moris Adidi Yogia (2015), Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Riau). Journal Trunojoyo, Vol. 5. No. 2.
Amirullah. (2022). PERILAKU KONSUMEN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN.
Amstrong, & Philip Kotler. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. LP3ES.
Andini, Kyvani Novia. (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Online Platform E-Commerce Shopee (Studi Kasus pada konsumen E-Commerce Shopee di Kota Tegal). Jurnal Penelitian Pendidikan Ekonomi, Vol. 8., No 3.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Rafika Aditama, Bandung, 2012.
Anderson, Stephand, Sosial Media Marketing for Bisnis, England: Prentice-Hall. 2020.
Aprilia S.C Kojongian, Tinneke M. Tumbel dan Olivia Walangitan, (2022), Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram, Jurnal Productivity, Vol. 3 No. 2, 2022 e-ISSN. 2723-0112.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Cetakan Kesembilan. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.
Asrizal Efendy Nasution, Linzzy Pratami putri, M. T. L. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ snk/article/view/3594/0%0A.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2014.
Basu Swasta DH, Azas – azas Marketing, Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2012.
Basu Swasta DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM, Yogyakarta, 2014.
Basu Swasta DH. dan T Hani Handoko, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta, 2010.
Berman, Barry and Joel R. Evans, Retail Management. A Strategic. Approach. New Jersey: Prentice Hall, 2011.
Buchori Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta, Bandung, tahun 2012.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Drummond, Helga. Pengambilan Keputusan yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Foster. Timothy, R.V, TOT Ways To Boast Customer Satisfaction, PT Elax Media Komputindo, Jakarta, 2012.
Garvin, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2014.
Gilbert, David. Retail marketing management (2nd ed.). England: Prentice-Hall. 2013.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisa Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., & Dawn C. Porter. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.
Indriantoro, Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta, 2012.
Isa, M., Robingatun, D., Program, I., Manajemen, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA.
Iwan Sahara, N., Adi Prakoso, F., Pemasaran, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Muhammadiyah Jakarta Jl Ahmad Dahlan, U. K., & Jakarta Selatan, C. (n.d.). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Journal Homepage Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan).
Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram (Vol. 3, Issue 2).
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kadek, O. N., Aprillia, D., Jurusan, A., Ekonomi, P., & Ekonomi, F. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI DI ONLINE SHOP MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2012.
Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2021). Analisis Faktor-faktor Kholidah & Arifiyanto ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL DI PEKALONGAN. http://wahanaislamika.ac.id
Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram (Vol. 3, Issue 2).
Kustiawan, R., Adhi Kuncoro, I., kunci, K., Pembelian, K., & Ringan, M. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN MAKANAN RINGAN SECARA ONLINE.
Lee, M., & Carla Johnson. (2011). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Kencana.
Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2016
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Usaha Nasional
Nasution, A. E., & Putri, L. P. (2019). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI ONLINE. www.internetworldstats.com
Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook: Analisis Data, Olah Data & Penyelesaian Kasus-Kasus Statistik. Mediakom.
Purna Yudha, E., Zahira, G., & Gabero, D. S. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE ANALYSIS OF FACTORS THAT INFLUENCE PURCHASING DECISIONS AT SHOPEE.
Purwanti, N., Irawan, B., Jurusan Manajemen, S., Ekonomi dan Bisnis, F., & Jember Jl Kalimantan, U. (2017). Eksplorasi Faktor-Faktor Online Marketing Yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Naufal Bag Collection Exploration of Online Marketing Factors Influencing The Decision to Consumers in Online Shopping at Naufal Bag Collection. http://id.wikipedia.org/wiki/
Radiosunu, Manajemen Pemasaran, Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2011.
Rahmi, A., Adidi, M., Mahasiswi, Y., Dosen, D., Studi, P., Bisnis, A., & Uir, F. (2015). PENGARUH PEMASARAN ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DIKALANGAN MAHASISWA (STUDY KASUS MAHASISWA FISIPOL UNIVERSITAS ISLAM RIAU).
Rizal, S. A., & Arifin, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Buah Salak (Studi Kasus Pada RJ FRUITS Kecamatan Pronojiwo).
Robert Kustiawan, Irawan Adhi Kuncoro (2017), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Makanan Ringan secara Online. Journal article- Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 5. No.3.
Rudy Susanto dan Indah Pangesti (2021), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Kampung Cilangkap Kota Depok Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian di Online Shop. Journal Neolecture. com. Jurnal Manajemen, Vol. 7. No. 3.
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi. PT. Alex Media Komputindo.
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Sucipto, E., & Fuad, T. M. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. PT. Buku Seru.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2017). Metode Penelitian Survei. LP3ES.
Sucipto, E., & Fuad, T. M. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA.
Sugiarto, Endar, Manajemen Pemasaran Jasa Profesional, Penerbit Mandar Maju, Bandung, 2012.
Sudjana, N. (2016). Metode Statistika. PT.Taristo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Surya Gunawan, A., & Hidayat, W. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN.
Susanto, R., & Pangesti, I. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KAMPUNG CILANGKAP KOTA DEPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP. In Journal of Applied Business and Economic (JABE (Vol. 8, Issue 2).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, tahun 2014.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2010.
Swastha, Basu. Azas-Azas Pemasaran, Yogyakarta, Liberty. 2012.
T. Hani Handoko, Manajemen Edisi 2, Yogyakarta: BPFE, 2018
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.