ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DIGITAL FINANCE MELALUI APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DALAM PROSES KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) PADA PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG YOGYAKARTA

  • Zahra Dyah Kumala Putri Universitas Islam Indonesia
  • Kartini Kartini Universitas Islam Indonesia

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) sebagai inovasi terbaru untuk mempermudah akses layanan bagi peserta tanpa perlu datang ke kantor cabang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menilai pengaruh lima faktor (konten, keakuratan, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu) terhadap kepuasan pengguna melalui aplikasi JMO pada peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Yogyakarta. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden dan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif serta regresi linier berganda dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian melalui uji F dan uji t menunjukkan bahwa konten, format, dan ketepatan waktu berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, sedangkan keakuratan dan kemudahan penggunaan tidak berpengaruh. Saran dari penelitian ini mencakup upaya BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi pada aplikasi dan meningkatkan kenyamanan penggunaan aplikasi.

References

Aini, F., Muttakin, F., Ahsyar, T. K., & Saputra, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS. Jurnal Sistem Cerdas, 6(1), 65-76.
Alfiansyah, G., Fajeri, A. S. I., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 11(3), 258-263.
Arisoemaryo, B. S., & Prasetio, R. T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamsostek Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 4(1), 110-117.
BPJS Ketenagakerjaan. (2022). Klaim JHT Melalui Aplikasi JMO. Diakses dari: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/27780/Klaim-JHT-Melalui-Aplikasi-JMO
Chin, W., & Lee, M. (1999). On The Formation of End-User Computing Satisfaction: A Proposed Model And Measurement Instrument. ResearchGate, 17.
CNN Indonesia. (2020). Pemerintah Golongkan Wabah Corona sebagai Bencana Nonalam. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200311184040-20-482603/pemerintah-golongkan-wabah-corona-sebagai-bencana-nonalam
Darwati, L., & Fitriyani, F. (2022). Analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi OVO menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.
Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS quarterly, 259-274.
Durai, T., & Stella, G. (2019). Digital finance and its impact on financial inclusion. Journal of Emerging Technologies and Innovative Research, 6(1), 122-127.
Febriana, D., & Arief, Y. (2017). Pengujian Pecking Order Theory di Indonesia. Management Analysis Journal, 6(2), 154-165.
Gaol, A. L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 125–132. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1491/1869.
Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS, 25.
Gobel, U. T., Katili, M. R., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 2(2), 13-19.
Irumas, I., & Utamajaya, J. N. (2022). Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(1), 101-108.
Isnaini, M., Marta, R. F., Septiarysa, L., Atmadja, V., & Michelle, M. (2021). Determinan Karakteristik Konten dan Pengaruhnya terhadap Penerimaan Pengguna pada Aplikasi Travelation. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 237. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3961
Kiasati, A. I., & Zulaikha, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi iPusnas Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(2), 175-188.
Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 181–198. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.787
Machmud, R. (2018). Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing, 1-73.
Manita, R. J., & Wahyuni, S. (2020). Peran Instrumen Eucs (End User Computing Satisfaction) Sebagai Assesment Tools System Informasi Dari Perpektif Gender Pengguna Perpustakaan. Maktabatuna, 2(2), 173-186.
Manyika, J., Lund, S., Singer, M., White, O., & Berry, C. (2016). Digital finance for all: Powering inclusive growth in emerging economies. McKinsey Global Institute, 1-15.
McKinsey Global Institute. (2016). Digital finance for all: Powering inclusive growth in emerging economies.
Nopitasari, N. A., & Suyatno, D. F. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Fitur TikTok Shop pada Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(3), 9-20.
Nurdiana, S., & Irmalis, A. (2022). ANALYSIS OF USER SATISFACTION LEVEL OF JAMSOSTEK MOBILE APPLICATION IN ACEH USING END USER COMPUTING SATISFACTION. International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration (IJEBAS), 2(5), 869-876.
Pujana, G., Pradnyana, I. M. A., & Artha, I. K. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(1), 57-66.
Putra, M. R. S., & Prasetyo, E. (2020). Analisis Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Tanaya Realty di Kota Sidoarjo. JURNAL EKUIVALENSI, 6(2), 342-356.
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip. id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 19-26.
Rachmawati, N. L., & Krisbiantoro, D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction: Studi Kasus: Universitas Amikom Purwokerto. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 1-7.
Rinjani, A. D. A., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis kepuasan pengguna aplikasi bibit reksadana menggunakan metode eucs dan ipa. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 10(2), 123-136.
Saputri, Angelina Iskandar. (2022). Dampak Fenomena Covid-19: Globalisasi dan Ekonomi Politik Indonesia. Diakses dari: https://retizen.te.co.id/posts/21114/dampak-fenomena-covid-19-globalisasi-dan-ekonomi-politik-indonesia
Saputri, N. A. O., & Alvin, A. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154-162.
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162-175.
Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(3), 102-109.
Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, PT.Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triandika, L. S., Rachmaningsih, D. M., & Wijaya, A. F. (2021). Pengukuran kepuasan pengguna situs e-learning universitas terbuka dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Sebatik, 25(2), 598-603.
Venkatesh, V., Thong, J. Y., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS quarterly, 157-178.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-10-06
How to Cite
Kumala Putri, Z., & Kartini, K. (2024). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DIGITAL FINANCE MELALUI APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DALAM PROSES KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) PADA PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1363-1379. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4595
Section
Articles