ANALISIS KUALITAS PRODUK PERSEPSI HARGA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN MAS KOKI MELALUI INTAGRAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk persepsi harga dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian dari perspektif manajemen pemasaran ikan mas melalui Instagram. Analisis yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data numerik dan metode statistik untuk menguji hipotesis. Metode yang dilakukan adalah pengumpulan data melalui survei, kuesioner untuk memperoleh hasil yang dapat digeneralisasikan ke populasi yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data dari 96 partisipan melalui tautan google form. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menganalisis hasilnya dengan bantuan program statistik (SPSS). Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan mas melalui Instagram, dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan mas melalui Instagram, dan kepercayaan konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan mas melalui Instagram.
References
Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). Harga Dan Suasana Toko (Store Atmosphere) Dalam Menentukan Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Coffee Shop Titik Kumpul Capore Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 508. https://doi.org/10.36841/jme.v1i3.1986
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 14–25.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299–310. https://doi.org/10.35508/jom.v10i3.1998
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Seminar Nasional Penelitian 2021, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Jackson, Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan,Potongan Harga Terhadap Minat Beli dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 9(3), 1402–1412.
Jannah, M., Mega Buana Palopo, U., Selatan Jln Andi Ahmad No, S., Palopo, K., & Selatan, S. (2022). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Rokok Di Sma Negeri 2 Palopo the Effect of Education on Adolescent’S Knowledge About Smoking in Sman 2 Palopo. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 8–13. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/view/5840
Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan JUNI PEKANBARU. Kewirausahaan Dan Bisnis, 45(1), 45–58. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
Nurpriyanti, V., & Hurriyati, R. (2016). Pengaruh Kinerja Co-Branding Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mini Market Penjual Es Krim Wall’s Selection Oreo di Kecamatan Cikajang - Garut). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 100–116. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2281
Pratiwi, N. I., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Co Branding Berdampak pada Niat Beli Pelanggan (Studi pada Konsumen Cornetto Silverqueen di Kabupaten Grobogan). YUME : Journal of Management, 5(1), 51–66. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.433
Rachman, A. Z. M., & Firmansyah, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di BadKidsWear Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 174–184.
Raizzawaty, A. M. A., Setiawan, B., & Muhaimin, A. W. (2023). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputuan Pembelian Ikan Segar serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen di Pasar Besar Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2), 518–528. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.8
Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (2020). Analisis pengaruh kualitas ikan, jenis iklan media sosial terhadap keputusan pembelian (pada pembeli bons koki)”. 12(02), 221–232.
Roziq, M. F., & Suwandari, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan dan Strategi Pengembangan Budidaya Ikan Mas Koki. 9(2), 3–4. https://core.ac.uk/download/pdf/291661724.pdf
Sajida, I., Sabila, N., Hayati, M., Maghfiroh, A., Selatan, K., Dakwah, I., Konsumtif, P., Muda, G., & Media, S. (2023). Pengaruh Media Sosial ( Tiktok ) Influencer Dakwah Terhadap Keagamaan Generasi Muda Muslim the Effect of Social Media ( Tiktok ) Dakwah Influencers. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 18(1), 13–22.
Sandy, K., & Thoyib, S. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Angkatan 2016-2018. I(1).
Santi, A. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Goride (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 7(2), 224–231. http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/index.php/jiebJilid%0Ahttps://ejournal.stiepancasetia.ac.id/jieb/article/view/492
Sompie, G. P., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). the Influence of Price Perception and Quality of Service on Customer Loyalty J.Co Donuts & Coffee Manado Town Square During the Covid-19 Pandemic. Jurnal EMBA, 10(4), 1030–1049.
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Suryajaya, I., & Sienatra, K. B. (2021). Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Ditinjau Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wear It. Performa, 5(3), 176–184. https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1756
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286
Widowati, D. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Pakaian Pada Online Shop.
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying. Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan Dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul Di TikTok Terhadap Perilaku Impulse Buying, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.