PEMBUATAN KONTEN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN B2B PADA WEBSITE UMKM GILANG MANDIRI TAHUN 2024
Abstract
Website marketing merupakan salah satu wadah garis pemasaran yang memanfaatkan situs untuk melakukan branding pada suatu bisnis. Gilang Mandiri salah salah satu bisnis di Jawa Barat, Kabupaten Bandung yang mempunyai produk di bidang hasil ternak yang berpotensi mempunyai konsumen Business to Business. Sangat strategis jika stategi website di lakukan oleh Gilang Mandiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana perancangan serta evaluasi konten marketing untuk memperluas B2B pada website Gilang Mandiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode trigulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membantu Gilang Mandiri untuk meningkatkan potensi penjualan dengan target Business to Business dengan konten marketing yang ada pada website. Pemasaran situs web membantu konsumen menemukan banyak informasi mengenai Gilang Mandiri dan membantu konsumen mengambil keputusan terhadap pembelian.
References
Andini, A. (2023). Perencanaan Copywriting Konten Artikel Pada Website Tokobirdie Untuk Meningkatkan Brand Awarness. Politeknik Negeri Media Kreatif.
Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi Sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia.
Artho, Y. F. (2013). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Kantor Hubungan Internasional Universitas Dian Nuswantoro. Universitas Dian Nuswantoro.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). New Jersey : Pearson Education Limited.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 : Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th ed.). New York : Pearson Education.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok : Khalifah Mediatama.
Mahendra, F. Z., & Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Akun Instagram@ Authenticsid). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–20.
Marwiyah, S. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era Digitalisasi. Probolinggo : CV. Mitra Ilmu.
Nurlailah, E., & Wardani, K. R. N. (2023). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Oleh-Oleh Khas Kota Pagaralam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(4), 1175–1185.
Prabowo, G. A. (2019). Pengelolaan Konten Website Pemerintah Kota Yogyakarta Sebagai Media Pelayanan Publik. Dialogia, 16, 118–137.
Putri, R. D., Rohaeti, E. E., & Siddik, R. R. (2023). Pengembangan Website Terhadap Perencanaan Karier Di SMPN 1 Padalarang. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(3), 220–231.
Putri, R. H. A. (2023). Pengembangan Konten Marketing Pada Media Sosial Instagram @mazayaleathercraft UMKM Mazaya Di Kota Garut Tahun 2023. Universitas Telkom.
Siswanto, S., & Sidik, M. (2019). Perancangan Website CV. Cipta Cemerlang Abadi Semarang Sebagai Media Promosi. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(2), 1–12.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Jember : CV. Pustaka Abadi.
Wibisono, G., & Susanto, W. E. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 3(2), 64–69.
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515.
Tarigan, F. A., Robin, R., & Angeline, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Aqua Di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), (Tarigan et al., 2024)
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.