ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT PADA PEMILIHAN LAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN TEORI BAURAN PEMASARAN
Abstract
Bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang pada umumnya dimiliki oleh rumah sakit guna memberi stimulus positif terhadap pembelian jasa pelayanan kesehatan. RSU Muhammadiyah Babat sebagai salah satu rumah sakit yang belum mencapai standar grafik Baber Johnson yaitu pada tahun 2021 dengan angka BOR 29,52%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pasien dalam memilih fasilitas layanan kesehatan. penelitian ini menggunakan design analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian 95 pasien umum rawat jalan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di rumah sakit umum Muhammadiyah Babat. Instrumen berupa kuesioner. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan memilih rumah sakit dengan variabel independen adalah 7 faktor bauran pemasaran yaitu product, place, price, people, promotion, process, dan physical evidence. Analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian uji parsial menunjukan bauran pemasaran yang berkaitan dengan keputusan memilih yaitu bauran product, bauran physical evidence. Sedangkan yang tidak berhubungan yaitu bauran price, bauran place, bauran promotion, bauran people, bauran process. Hasil uji menunjukkan bahwa bauran pemasaran 7P secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan memilih pasien rawat jalan. Penilaian pasien terhadap bauran pemasaran 7P baik di RSU Muhammadiyah Babat.
References
Astuti, R., & Febriaty, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Modern: Studi Kasus Pada Indomaret Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039299
Azizah, N., Raharjo, B. B., & Artikel, I. (2020). HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan. 4(2), 189–200.
Bayty, D. N., Ramlan, & Usman. (2022). Layanankesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘ Aisyiyah St . Khadijah Kabupaten Pinrang. Jurnal Imiah Manusia Dan Kesehatan, 5(1), 1–10.
Bunga, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur. Journal of Management, 9(2), 235–250.
Gernreich, C. C., & Exner, C. (2015). Chair of Organization and Leadership A Comparison of the Influence of Gender on Managerial Decision Making Seminar Paper At the Technische Universität Carolo-Wilhelmina zu Braunschweig Carl-Friedrich-Gauß Faculty Department for Economic Sciences Chair of. Technology-Oriented Management, 1(June 2015).
Hendrayani, E. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Songket Di Kota Solok Dengan Promosi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3).
Indriani, D., & Azhad, M. N. (2018). Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jasa Pt. Asuransi Sinarmas Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 83–97. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1718
Ismiati. (2018). Pengaruh Stereotype Gender Terhadap Konsep Diri Perempuan. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 7(1), 33–45.
Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indo-nesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Leo, D. H., Leonardo, H. B., & Seputro, A. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semaran. Journal of Management, 5(5), 1–7.
Mayasari, E., Munaa, N., Kodriyah, L., Herawati, I., & Aditya, R. S. (2020). Keputusan Masyarakat Dalam Pemilihan Rumah Sakit Untuk Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Malang Raya. 5(2), 114–121.
Nisa, I., & Mudayana, A. A. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kesehatan Masyarakat, 030. http://eprints.uad.ac.id/14768/1/T1_1500029347_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Patmala, H. S., & Dian, C. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukm Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3).
Permata Sari Lubis, S., & Astuti, C. (2019). Analisis Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Di Rsj Prof. Dr. M. Ildrem Medan Per Ruangan Berdasarkan Indikator Rawat Inap Di Triwulan 1 Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(2), 466–472. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i2.64
Philip Kotler, K. L. K. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Pratama, & Yulianthini. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Salon Agata. Jurnal Manajemen, 8(1), 228–235.
Rochmiati, chriswardhani suryawati. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pilihan pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Syariah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 152–164.
Rukmini, G., Asrianti Utami, T., & Nora Lina, R. (2022). Gambaran Ketepatan Enam Benar Pemberian Obat Berbasis Electronical Medical Record Di Ruang Rawat Inap Anak. Jurnal Komunitas Farmasi Nasional, 2(1), 241–252.
Sari, R. P., & Sari, I. (2021). Pengaruh Persepsi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati Bandung. Jurnal INFOKES (Informasi Kesehatan), 5(1), 64–73.
Sriyono. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman masyarakat tentang pendidikan terhadap kesehatan Masyarakat. Jurnal Faktor Exacta, 8(1), 79–91.
Suherman, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di IAIN Parepare. Al-Buhuts, 13(2), 14–34. https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.891
SUSANTI, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Poliklinik PT.Gudang Garam Tbk.Kediri. JURNAL REVITALISASI Jurnal, 7(2), 44–68.
Tafdilla, A. S. (2016). Pengaruh Persepsi Psien Tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Majenang Tahun 2015.
Timoer, F. C., & Trenggana, A. F. M. (2019). Analisis Perbandingan Karakteristik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Ditinjau Dari Strategi Bauran Pemasaran Di Kota Bandung (Studi Kasus Pada Pasar Palasari Dan Griya Buah Batu). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 89–100.
Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 6(1), 28. https://doi.org/10.29241/jmk.v6i1.279
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.